Diet dan Nutrisi

Jangan Dibuang, Ternyata Banyak Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan!

November 6, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selain rasanya enak dan bisa diolah beraneka ragam, buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Nah, tak hanya buahnya saja, manfaat biji pepaya juga tak kalah bandingannya, terutama bagi kesehatan.

Manfaat biji pepaya

Biji buah pepaya diketahui dapat menjaga kesehatan usus, termasuk jika kamu menderita masalah pada pencernaan. Sebab, biji pepaya akan memastikan bakteri dan parasit jahat di usus dikeluarkan dari tubuh.

Biji pepaya sangat bergizi dan ekstraknya telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Namun, mengonsumsi dalam dosis tinggi bisa menyebabkan efek samping. Karena itu, dihindarilah dengan memoderasi asupan dan berpegang pada beberapa porsi per hari.

Sebelum mengonsumsi biji pepaya, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter ahli untuk riwayat kesehatan terkait efek sampingnya. Ketahui juga jika biji buah ini cukup pahit sehingga disarankan untuk mencampurkannya dengan smoothies, jus, atau makanan lainnya.

Dilansir dari Healthline, kandungan di dalam biji pepaya sendiri terdiri dari beragam mikronutrien esensial. Biji buah pepaya juga tinggi akan polifenol dan flavonoid yakni dua senyawa yang bertindak sebagai antioksidan. Nah, beberapa manfaat biji pepaya yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Membantu melawan infeksi

Sebuah studi menunjukkan bahwa biji pepaya dapat menghancurkan jenis jamur dan parasit tertentu. Tak hanya itu, ekstrak biji pepaya juga efektif terhadap tiga jenis jamur, termasuk patogen spesifik yang bertanggung jawab untuk menyebabkan infeksi jamur.

Mengonsumsi minuman yang terbuat dari biji pepaya dan madu secara signifikan lebih efektif dalam membunuh parasit usus. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan bagaimana biji pepaya bisa membantu melawan infeksi jamur dan parasit.

Dapat melindungi fungsi ginjal

Ginjal memainkan peran integral dalam kesehatan tubuh karena bertindak sebagai filter untuk menghilangkan limbah dan kelebihan cairan.

Dalam satu penelitian pada tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas menemukan bahwa ekstrak biji pepaya dapat membantu mencegah kerusakan ginjal. 

Biji pepaya warna putih juga kaya akan antioksidan yang dapat memblokir kerusakan oksidatif pada sel-sel dan melindungi kesehatan ginjal.

Baca juga: Tak Hanya jadi Lalap Sayur Segar, Ternyata Banyak Manfaat Timun yang Perlu Diketahui!

Memiliki sifat antikanker

Karena profil nutrisi dan antioksidannya yang mengesankan, biji pepaya diketahui juga memiliki sifat antikanker. Satu studi menemukan bahwa manfaat biji pepaya bisa membantu mengurangi peradangan dan melindungi terhadap perkembangan kanker.

Demikian pula dengan penelitian lainnya yang menunjukkan jika biji pepaya hitam dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat. Namun, hingga kini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi efek biji pepaya terhadap pertumbuhan kanker pada manusia.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Seperti buah lainnya, manfaat biji pepaya bisa didapatkan karena menjadi sumber serat yang baik untuk tubuh. Serat umumnya akan bergerak melalui saluran pencernaan yang tidak tercerna di mana kemudian menambah jumlah pada feses dan meningkatkan keteraturan.

Meningkatkan asupan serat bisa berpengaruh pada aspek kesehatan pencernaan lainnya. Studi menunjukkan bahwa serat dapat melindungi diri terhadap penyakit radang usus, meredakan gejala wasir, dan mencegah pembentukan ulkus pada usus. 

Biji pepaya warna putih juga sangat bergizi dan ekstraknya telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Namun, perlu diketahui juga jika biji pepaya dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa menyebabkan efek samping. 

Nah, untuk menghindari efek samping tersebut kamu bisa memoderasi asupan dan mempertahankan porsi makan per harinya. Konsultasikan juga dengan dokter ahli mengenai dosis dalam mengonsumsi biji pepaya untuk ambeien yang tepat agar aman untuk tubuh.

Khasiat biji pepaya lainnya yang perlu diketahui

Khasiat biji pepaya bisa didapatkan karena di dalamnya terdapat berbagai sumber nutrisi lain, seperti folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, dan serat.

Perlu diketahui, dalam satu pepaya ukuran sedang memiliki kira-kira 120 kalori, 30 gram karbohidrat, 18 gram gula, 5 gram serat, dan 2 gram protein.

Karena kaya akan serat, pengobatan alami dengan biji pepaya untuk ambeien sangat dianjurkan. Biji pepaya untuk ambeien bisa dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan khasiat lebih maksimal. Beberapa khasiat biji pepaya lainnya, yakni sebagai berikut:

Biji pepaya untuk KB alami

Biji pepaya untuk KB alami sudah sering dikonsumsi, baik bagi pria maupun wanita. Hal ini dikarenakan, biji pepaya menjadi salah satu kontrasepsi alami yang bebas akan efek samping.

Karena itu, tak heran jika banyak keluarga di Asia Tenggara yang mengonsumsi biji pepaya untuk KB alami. Namun, perlu diketahui jika wanita yang sedang atau ingin hamil harus menghindari konsumsi biji pepaya.

Bagi wanita yang sedang menyusui, konsumsi biji pepaya juga harus dihindari. Hal tersebut diakibatkan sifat anti-parasit di dalam biji pepaya masih cukup kuat sehingga dapat melukai saluran pencernaan bayi.

Manfaat biji pepaya untuk rambut

Selain sebagai kontrasepsi alami, kamu juga bisa mendapatkan manfaat biji pepaya untuk rambut. Biji pepaya bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, yakni nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum di mana dapat menjaga kelembapan rambut.

Manfaat biji pepaya untuk rambut bisa diperoleh karena vitamin A di dalamnya dapat membantu pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Selain itu, vitamin C dalam biji pepaya warna putih juga dapat membangun dan memelihara kolagen sehingga memberikan struktur pada kulit.

Cara mengonsumsi biji pepaya

Biji pepaya bisa dikonsumsi langsung mentah-mentah atau diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa yang nikmat. Biji pepaya memiliki tekstur yang renyah dengan rasa sedikit pedas.

Karena itu, biji pepaya terkadang dijadikan sebagai bumbu yang sempurna untuk banyak hidangan. Cukup ambil biji pepaya dan simpan untuk dikonsumsi nanti. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan saringan dan bilas menggunakan air.

Gosok biji dengan tangan untuk menghilangkan residu, lalu letakkan di atas handuk atau loyang hingga kering. Tak hanya itu, kamu juga bisa menghancurkan atau menggiling biji terlebih dahulu sebelum menambahkannya ke dalam makanan agar rasa pahit tidak terlalu dirasakan.

Pepaya merupakan buah dengan rasa manis rendah kalori yang kaya akan vitamin dan mineral. Buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga banyak yang menjadikannya sebagai menu utama dalam diet harian.

Buah hingga biji dari pepaya memang berkhasiat sangat banyak, namun bagi orang dengan alergi lateks wajib menghindarinya. Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan chitanase.

Enzim ini dapat menyebabkan reaksi silang antara lateks dan makanan lain. Karena itu, pastikan jika kamu mengetahui tentang riwayat kesehatan sebelum mengonsumsi pepaya. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala asing setelah mengonsumsi biji pepaya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 8 Juni 2020. Can You Eat Papaya Seeds?
  2. Everyday Health (2019), diakses 6 November 2020. All About Papaya: Nutrition Facts, Health Benefits, Side Effects, How to Eat It, and More
  3. Medical News Today (2017), diakses 6 November 2020. What are the health benefits of papaya?
    register-docotr