Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu, Ini Segudang Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

June 8, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bayam menjadi salah satu jenis sayuran paling digemari oleh masyarakat di Indonesia. Jenis sayuran tersebut banyak diolah menjadi berbagai macam makanan. Selain rasanya yang enak saat disantap, ternyata manfaat bayam juga sangat baik untuk kesehatan loh.

Manfaat bayam

Dilansir dari medicalnewstoday, banyak kandungan bayam yang bermanfaat bagi tubuh seperti zat besi, vitamin, mineral hingga serat.

Beberapa kandungan ini dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari berbagai penyakit. Berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : 7 Sayuran untuk Penderita Diabetes: Dari Bayam sampai Kale

1. Mengatasi diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan akibat stres oksidatif pada pasien diabetes.

Asam alfa-lipoat juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes. Namun, hingga saat ini menggunakan asam alfa-lipoat intravena, dan tidak pasti apakah suplemen oral akan memperoleh manfaat yang sama.

2. Pencegahan kanker

Dilansir dari medicalnewstoday.com, bayam dan sayuran hijau lainnya memang mengandung klorofil. Beberapa studi, salah satuna pada tahun 2013 dilakukan pada 12.000 hewan, telah menunjukkan klorofil efektif dalam memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik.

Hal tersebut ternyata juga dihasilkan saat kamu sedang memanggang makanan pada suhu tinggi. Ini dapat berkontribusi untuk mencegah pertumbuhan kanker.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat tentu risiko terserang penyakit akan semakin kecil. Mengonsumsi bayam bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari healthline.com, kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium hingga folat berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah

Memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, tentu saja bayam menjadi sayuran yang paling direkomendasikan untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi.

Perlu kamu ketahui bahwa kalium dapat membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah mungkin sebagai faktor risiko kuat untuk mengembangkan tekanan darah tinggi seperti asupan natrium tinggi.

5. Kesehatan mata

Bayam juga banyak mengandung zeaxanthin dan lutein. Keduanya merupakan karoten yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran.

Mata manusia juga mengandung pigmen dalam jumlah tinggi yang berfungsi untuk melindungi mata kamu dari kerusakan karena terpapar oleh sinar matahari.

Selain itu, beberapa penelitian yang dilansir dari healthline.com menunjukkan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak yang merupakan penyebab utama kebutaan.

6. Kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah akan meningkatkan risiko patah tulang pada seseorang.

Jika kamu mengonsumsi vitamin K yang cukup, tentu saja kesehatanmu akan terjaga dengan baik.

Hal tersebut dikarenakan vitamin K ini berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh dalam urin.

7. Melancarkan pencernaan

Bayam menjadi salah satu sayuran yang kaya akan serat dan air. Kedua kandungan pada bayam tersebut membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat.

8. Kulit dan rambut sehat

Vitamin A yang terkandung dalam bayam ternyata memiliki deretan manfaat untuk kulitmu. Ketika kamu rutin mengonsumsi bayam secara otomatis vitamin A tersebut akan berfungsi untuk menjaga produksi minyak di pori-pori kulit.

Tak hanya itu saja kulit pada bagian rambut kamu pun akan lebih lembut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Kemudian untuk bayam dan sayuran hijau lainnya yang juga kaya akan vitamin C sangat penting untuk membangun dan memelihara kolagen yang menyediakan nutrisi untuk kulit dan rambut.

Kekurangan zat besi adalah penyebab umum kerontokan rambut, yang dapat dicegah dengan asupan makanan kaya zat besi yang memadai, seperti bayam.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. bbcgoodfood.com (2013) diakses 4 Juni 2020. The health benefits of spinach 
  2. healthline.com (2019) diakses 4 Juni 2020. Spinach 101: Nutrition Facts and Health Benefits
  3. medicalnewstoday.com (2018) diakses 4 Juni 2020. Health benefits and nutritional value of spinach

 

 

    register-docotr