Diet dan Nutrisi

Menakjubkan! Ini 10 Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

February 24, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tidak sedikit wanita yang menggunakan air mawar untuk perawatan kulit. Mulai dari mencerahkan wajah, mencegah kerutan, hingga mengatasi jerawat. Padahal, masih ada banyak manfaat air mawar untuk kesehatan yang tak kalah menakjubkan.

Rose water sendiri dihasilkan dari proses penyaringan pada kelopak bunga mawar. Selain memiliki aroma wangi, ada banyak kandungan nutrisi, salah satunya adalah antioksidan.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan dengan ulasan berikut ini.

Manfaat air mawar untuk wajah

Beberapa khasiat air mawar untuk kecantikan di antaranya adalah:

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat pertama air mawar untuk wajah adalah dapat mencegah penuaan dini. Menjadi tua adalah pasti, tapi tanda penuaan bisa dihindari.

Memiliki wajah keriput adalah satu tantangan tersendiri, terutama bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi dan harus sering tampil di depan publik.

Tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus pada wajah bisa terjadi kapan saja, tak harus menunggu usiamu mencapai 50 tahun. Garis-garis halus bisa muncul saat kulit tak mampu melakukan regenerasi dengan baik.

Saat ini, sudah banyak produk kosmetik, terutama anti-aging, yang memasukkan air mawar sebagai salah satu komponen utamanya. Selain dapat menenangkan kulit, air mawar juga bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus pada wajah.

2. Mencerahkan kulit

Jika tanda-tanda penuaan berhasil dihindari, kulit cerah adalah hasil yang bisa kamu dapatkan setelahnya. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bersinar, kulit harus mampu menjalankan fungsi regenerasi secara optimal.

Proses regenerasi sendiri mengacu pada penggantian sel kulit mati dengan sel-sel baru. Dengan air mawar, sel kulit mati bisa terangkat. Sel kulit mati ini yang juga bisa menyebabkan kesan kusam dan tidak bercahaya.

Untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit, kamu bisa membersihkan wajah dengan air mawar setiap menjelang tidur atau setelah selesai menjalankan rutinitas harian. Jangan pernah membiarkan kotoran di wajah menumpuk hingga keesokan hari.

Baca juga: Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami

3. Mencegah kemerahan pada wajah

Air mawar memang umum dijumpai pada banyak produk kecantikan atau kosmetik. Selain fungsi utama sebagai pencerah wajah dan pencegah penuaan dini, air mawar ternyata juga cukup efektif mengatasi berbagai iritasi pada kulit yang memicu ruam kemerahan.

Iritasi kulit terjadi akibat adanya peradangan. Peradangan paling umum di wajah adalah jerawat. Hampir semua orang pasti pernah mengalami jerawat memerah dan membesar. Penanganan yang keliru justru akan menyebabkan infeksi.

Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi, mampu meredakan peradangan di wajah. Dengan kata lain, rose water bisa membantu mengatasi jerawat membandel yang terus membengkak. Jadi, kamu tak perlu memencetnya yang malah bisa menyebabkan bahaya lain.

Bagaimana menggunakan air mawar untuk wajah?

Untuk memperoleh manfaat kecantikan yang sudah disebutkan tersebut, ada beberapa cara menggunakan air mawar untuk kecantikan. Pertama, kamu dapat menggunakan air mawar sebagai toner.

Air mawar dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Tak hanya itu, air mawar juga memiliki sifat astringent yang dapat membantu membersihkan pori-pori.

Untuk menggunakannya sebagai toner, kamu hanya perlu mengoleskan air mawar pada wajah dengan menggunakan kapas.

Kedua, kamu juga dapat menggunakan air mawar sebagai pembersih makeup. Sifat menenangkan yang dimiliki oleh air mawar menjadikannya sebagai pembersih makeup yang lembut untuk semua jenis kulit.

Menggunakan air mawar untuk wajah sebagai pembersih makeup pun mudah dilakukan, lho.

Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sdt (sendok teh) air mawar dengan 1 sdt minyak kelapa atau almond. Kemudian celupkan kapas ke dalam campuran bahan tersebut, dan oleskan pada kulit wajah secara perlahan.

Manfaat air mawar lainnya

Selain bermanfaat untuk kesehatan wajah, air mawar juga memiliki manfaat lainnya, lho. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat lain dari air mawar yang wajib untuk kamu ketahui.

1. Manfaat air mawar saat menstruasi

Para peneliti percaya, air mawar mengandung senyawa antioksidan yang mampu meredakan rasa nyeri berlebih pada wanita yang sedang menstruasi. Antioksidan dari bunga memiliki struktur yang berbeda, dapat meringankan sakit pada perut saat wanita memasuki siklus bulanan.

Belum lagi, asam amino yang ada padanya juga bisa mengatasi kram perut yang tak jarang terjadi saat menstruasi. Caranya, masukkan air mawar ke dalam secangkir minuman sebagai campuran, lalu minum secara rutin saat sedang datang bulan. Rasa sakit atau nyeri pada perut akan berangsur menghilang.

2. Meredakan radang tenggorokan

Menurut sebuah riset pakar kesehatan di Iran, air mawar cukup efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Ini tak lepas dari konsentrat pada kelopak mawar yang mampu menenangkan tenggorokan.

Serum alami pada bunga mawar bisa meredakan pembengkakan atau radang di tenggorokan. Kamu bisa mencampur air mawar pada secangkir teh panas. Meski rasanya sedikit pahit, minuman ini dapat menghilangkan rasa tak nyaman pada tenggorokan.

Baca juga: Radang Tenggorokan: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya.

3. Manfaat air mawar untuk mata

Salah satu manfaat air mawar yang jarang diketahui adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mata. Selain umum digunakan sebagai produk kecantikan dan perawatan wajah, air mawar juga dapat dijadikan obat tetes mata yang memiliki banyak khasiat.

Rose water bisa mengatasi masalah mata kering, konjungtivitis atau mata memerah akibat peradangan, dakriosistitis atau infeksi pada saluran air mata, degeneratif atau penurunan fungsi penglihatan, bahkan sampai pencegahan katarak.

4. Membantu proses penyembuhan luka

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, yang mana ini dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Kedua sifat tersebut dapat membantu membersihkan serta melawan infeksi pada luka.

5. Meningkatkan suasana hati

Selanjutnya, air mawar memiliki sifat sebagai antidepresan serta antikecemasan. Sebuah studi yang dilakukan terhadap hewan pada tahun 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak bunga mawar dapat menenangkan sistem saraf pusat.

6. Meredakan sakit kepala

Air mawar dan minyak esensial mawar biasanya digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu meredakan sakit kepala. Manfaat ini tidak lepas dari efek untuk meredakan stres yang dimiliki oleh air mawar.

Berdasarkan Healthline, sebuah penelitian menemukan bahwa uap dari air mawar dapat membantu meredakan sakit kepala. Pilihan lainnya, mengaplikasikan kompres yang direndam ke dalam air mawar pada kepala selama 45 menit untuk hasil yang positif.

7. Manfaat air mawar untuk rambut

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, air mawar cukup efektif untuk melembapkan rambut. Rambut yang lembap bisa mencegah terjadinya patah atau rontok.

Air dari bunga mawar mengandung senyawa hidrokarbon yang bisa menjaga kadar kejenuhan rambut. Dengan kata lain, senyawa tersebut dapat memberi lapisan baru yang menghindarkan rambut dari kesan lepek.

Agar selalu tampak sehat, kamu bisa membawa air mawar pada satu botol kecil. Usapkan air tersebut saat rambut mulai terpapar udara kering dan terik matahari. Setelah itu, kamu bisa katakan selamat tinggal pada rambut kusut.

Adakah manfaat air mawar untuk rambut lainnya?

Pada dasarnya, penggunaan air mawar untuk rambut masih belum banyak dipelajari. Namun, air mawar memiliki potensi manfaat yang dapat membuat rambut serta kulit kepala lebih sehat.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari air mawar untuk rambut.

  • Air mawar merupakan astringent yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada rambut dan ketombe
  • Memiliki sifat antiinfalamsi yang mungkin saja dapat membantu menangani kondisi tertentu yang terjadi pada kulit kepala, seperti eksim
  • Air mawar bersifat menenangkan dan menyejukkan. Aroma air mawar yang mengalir dari rambut dapat meningkatkan suasana hati. Tak hanya itu, aroma air mawar juga dapat meredakan sakit kepala

Cara lain menggunakan air mawar untuk rambut

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kamu dapat membawa air mawar pada satu botol kecil kemudian mengusapkan air mawar pada rambut ketika terpapar terik matahari.

Di samping itu, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan air mawar pada rambut, seperti:

  • Mengoleskan air mawar ke rambut setelah keramas atau setelah menggunakan kondisioner. Biarkan selama beberapa waktu, kemudian bilas hingga bersih
  • Menambahkan air mawar pada sampo atau kondisioner
  • Mengoleskan air mawar menggunakan kapas pada kulit kepala. Untuk mengurangi ketombe dan gatal, pijat dengan lembut. Setelah itu, keramas dengan menggunakan sampo dan bilas hingga bersih

Cara membuat air mawar sendiri

Kamu bisa membeli produk air mawar atau membuat air mawar sendiri. Namun, jika kamu ingin membeli produk air mawar, sebaiknya carilah yang tidak mengandung bahan pengawet tambahan, seperti etanol.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara membuat air mawar sendiri seperti yang telah dilansir dari Healthline:

  • Ambil kelopak bunga mawar dari batangnya secara hati-hati. Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat
  • Tempatkan air mawar di dalam panci, kemudian rendam dengan air suling
  • Setelah itu, tutup panci dengan menggunakan penutup
  • Rebus kelopak bunga mawar selama sekitar 20 menit atau hingga warna kelopak bunga mawar memudar
  • Saring kelopak bunga mawar dari air mawar
  • Selanjutnya, simpan air mawar ke dalam wadah atau botol di tempat yang sejuk. Sebaiknya, jauhkan air mawar dari sinar matahari langsung

Apakah air mawar aman digunakan?

Bagi kebanyakan orang air mawar aman digunakan. Namun, jika kamu memiliki alergi terhadap air mawar, sebaiknya hindarilah menggunakan air mawar.

Akan lebih baik jika kamu ingin menggunakan air mawar pada kulit, sebaiknya teteskanlah sejumlah kecil air mawar terlebih dahulu pada lengan.

Jika tidak ada reaksi alergi dalam kurun waktu 24 jam, air mawar dapat digunakan. Pada beberapa kasus, seseorang dapat bereaksi terhadap air mawar karena sensitivitas tertentu. Beberapa tanda dari sensitivitas terhadap air mawar di antaranya adalah:

  • Sensasi terbakar dan menyengat
  • Kemerahan pada kulit
  • Iritasi

Jika kamu mengalami salah satu efek tersebut setelah menggunakan air mawar, sebaiknya segeralah konsultasi dengan dokter. Sebab, ini dapat menjadi tanda dari infeksi atau reaksi alergi.

Nah, itulah tujuh manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba!

Jangan pernah ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama para dokter profesional di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 7 Juni 2020,Rose Water: Benefits and Uses.
  2. Medical News Today, diakses 7 Juni 2020, What you should know about rose water.
  3. Fragrancex, diakses 7 Juni 2020, Benefits of rose water.
  4. US National Library of Medicine, diakses 7 Juni 2020, Hair Cosmetics: An Overview.
  5. US National Library of Medicine, diakses 7 Juni 2020, Pharmacological Effects of Rosa Damascena.
  6. Healthline (2019), diakses pada 24 Februari 2021. Rose Water Uses and Benefits for Hair
  7. Femina (2017), diakses pada 24 Februari 2021. 5 Ways To Use Rose Water For Glowing Skin
  8. NCBI (2011), diakses pada 24 Februari 2021. Pharmacological Effects of Rosa Damascena 

    register-docotr