Diet dan Nutrisi

Mudah Diolah dan Bergizi, Ini 5 Makanan Tinggi Protein yang Baik Bagi Kesehatan

July 25, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Makanan tinggi protein tidak bisa dipungkiri adalah salah satu asupan yang sangat penting bagi tubuh. Ini karena protein adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh.

Rambut dan kuku misalnya, sebagian besar terbuat dari protein. Tubuh juga menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

Protein adalah bahan penyusun tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah yang penting. Jadi pastikan kamu mengonsumsi cukup makanan berprotein seperti di bawah ini.

Manfaat konsumsi makanan tinggi protein

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi protein memiliki manfaat besar untuk penurunan berat badan dan kesehatan metabolisme.

Tapi selain itu makanan tinggi protein juga bisa memberikan beberapa manfaat lain. Melansir Healthline, berikut 10 manfaat makanan tinggi protein:

  • Meningkatkan massa dan kekuatan otot
  • Membuat kenyang lebih lama dan mengurangi lapar
  • Baik untuk kesehatan tulang
  • Mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari
  • Meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak
  • Menurunkan tekanan darah
  • Membantu jaga berat badan
  • Membantu tubuh dalam proses pemulihan cedera
  • Tidak membahayakan ginjal yang sehat
  • Membantu tubuh tetap bugar seiring bertambahnya usia

Meskipun asupan protein yang lebih tinggi dapat memiliki manfaat kesehatan bagi banyak orang, tapi itu tidak berlaku bagi semua orang.

Baca Juga : Agar Asupan Gizi Terjaga, Yuk Kenali 8 Fungsi Protein bagi Tubuh!

Ragam pilihan makanan tinggi protein

Mengetahui manfaat protein untuk kesehatan di atas, tentunya kamu akan semakin yakin untuk memilih asupan makanan tinggi protein demi kesehatan.

Berikut beberapa contoh makanan tinggi protein yang bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari:

Baca Juga : Para Vegetarian, Ini Pilihan Sumber Protein yang Bukan dari Daging

1. Telur

Kandungan nutrisi: satu telur ayam ukuran besar mengandung 6 gram protein.

Selain murah dan mudah ditemukan, telur juga punya kandungan protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan.

Telur adalah sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang melindungi mata, dan nutrisi otak yang kamu butuhkan.

Asupan ini juga mengandung protein tinggi, khususnya bagian putih telur yang hampir merupakan protein murni.

2. Dada ayam

Kandungan nutrisi: satu dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram protein.

Selain enak, dada ayam juga termasuk makanan tinggi protein, lho. Jika kamu memakannya tanpa kulit, sebagian besar kalori berasal dari protein.

Dada ayam juga sangat mudah dimasak, serta terasa lezat diolah menjadi berbagai hidangan.

3. Susu

Kandungan nutrisi: satu cangkir susu murni mengandung 8 gram protein. Sementara satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein.

Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi, tinggi akan kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Kalau kamu khawatir dengan kandungan lemaknya, maka pilihlah susu rendah lemak.

Bagi mereka yang mengidap intoleransi laktosa, mengonsumsi susu sapi dapat menyebabkan gejala gastrointestinal. Solusinya adalah mengonsumsi susu kedelai.

Baca Juga : Penuh Serat dan Protein, Ini Mengapa Quinoa Wajib Masuk dalam Diet Harian Kamu

4. Brokoli

Kandungan nutrisi: Satu cangkir (96 gram) brokoli cincang mengandung 3 gram protein.

Siapa sangka kalau sayuran hijau ini juga mengandung protein yang cukup tinggi. Ya, brokoli adalah sayuran sehat yang menyediakan vitamin C, vitamin K, serat, dan kalium.

Sayuran ini juga menyediakan nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat kanker. Masih suka malas makan sayur yang satu ini? Coba pikir ulang, deh.

5. Daging sapi

Kandungan nutrisi: pada 85 gram steak sirloin tanpa lemak mengandung 25 gram protein.

Perlu diingat, kandungan daging sapi tersebut adalah yang tanpa lemak, ya. Daging sapi tanpa lemak tinggi protein, juga zat besi yang sangat bioavailable, vitamin B12, dan sejumlah besar nutrisi penting lainnya.

Selain itu daging sapi tanpa lemak juga cocok dimasukkan ke menu diet bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD. Diakses pada 21 Juli 2020. The Benefits of Protein

Healthline. Diakses pada 21 Juli 2020. 10 Science-Backed Reasons to Eat More Protein

Healthline. Diakses pada 21 Juli 2020. 20 Delicious High Protein Foods

My Food Data. Diakses pada 21 Juli 2020. Top 10 Foods Highest in Protein

    register-docotr