Diet dan Nutrisi

Makan Terus Selama WFH? Ini Cara Mengatasinya

January 22, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pandemi mengharuskanmu work from home (WFH) dan membuat pola makan kamu jadi berantakan? Beberapa orang mungkin mengalami hal tersebut dan tidak bisa berhenti mengonsumsi camilan selama bekerja dari rumah.

Ternyata ini adalah hal yang normal. Karena tekanan pekerjaan dan juga kondisi tak menentu akibat pandemi dapat menyebabkan stres. Stres dapat memengaruhi pola makan harianmu. 

Bekerja dari rumah dan keinginan makan

Ketika stres, tubuh cenderung menginginkan makanan berkalori tinggi dan tinggi gula. Hal ini karena makanan manis dapat menghasilkan dopamin sehingga dapat memberikan efek positif.

Namun, terkadang keinginan makan menjadi tak berbatas sehingga memberikan dampak buruk di kemudian hari. Lalu bagaimana agar mampu mengontrol pola makan selama bekerja dari rumah.

Tips agar membatasi makan selama bekerja dari rumah

Selain dapat membedakan mana yang benar-benar lapar dan mana yang hanya keinginan emosional, kamu juga perlu melakukan beberapa hal berikut agar terhindari dari makan berlebih selama bekerja dari rumah. 

1. Visual membantu kamu mengontrol makan

Sebuah penelitian membuktikan orang akan lebih mengontrol makan jika tersadar telah mengonsumsi banyak makanan. Seperti dalam penelitian di mana ada dua kelompok yang diberikan makanan berupa ayam. 

Satu kelompok mengumpulkan sisa tulang ayam yang mereka makan, sementara satu kelompok lagi tidak mengumpulkan bekas tulang. Kelompok yang mengumpulkan tulang memakan lebih sedikit daripada yang tidak. 

Ini menandai kelompok tersebut menyadari banyaknya ayam yang mereka makan dari tulang yang terkumpul. Dan itu membuat mereka lebih mengontrol jumlah ayam yang mereka makan selanjutnya. 

2. Pilih ukuran yang lebih kecil

Tidak bisa menolak keinginan untuk memesan makanan online? Cobalah mengonsumsi makanan yang lebih kecil. Karena pada dasarnya, kamu dapat menghabiskan makanan dalam berbagai ukuran. 

Ketika mengonsumsi makanan dalam ukuran kecil kamu akan merasa cukup. Dengan begitu akan membantu kamu mengurangi kalori yang kamu konsumsi namun tetap membuatmu merasa kenyang. 

3. Hindari makanan bervariasi

Variasi warna dan rasa ternyata memengaruhi pola makan. Seperti dalam sebuah penelitian, di mana peserta yang diberi semangkuk permen dengan 10 warna, memakan lebih banyak permen dibanding dengan yang diberi permen 7 warna. Padahal semuanya memiliki rasa yang sama. 

4. Jauhkan makanan dari pandangan

Peneliti percaya bahwa melihat makanan mendorong kamu untuk memakannya. Melihat makanan lebih sering akan meningkatkan kemungkinan kamu untuk memakannya. 

5. Cari cemilan yang membutuhkan usaha

Jika disajikan makanan yang membutuhkan usaha untuk memakannya, mungkin akan lebih mengontrol kamu agar tidak makan terus menerus. 

Misalkan meletakkan makanan di tempat yang sulit dijangkau. Atau menyimpan makanan dalam wadah yang membutuhkan usaha untuk membukanya. Kamu bisa mencoba trik ini untuk mengontrol kebiasaan makan berlebih selama bekerja dari rumah. 

6. Makan perlahan

Makan dengan perlahan, lambat akan membuat kamu merasa lebih kenyang. Butuh setidaknya 20 menit untuk membuat tubuh mengirimkan sinyal rasa kenyang. 

Di saat itu, otak juga akan menyadari jika kamu sudah mengonsumsi makanan dengan porsi yang mengenyangkan. 

Selain tips-tips untuk mengontrol pola makan selama bekerja di rumah, kamu juga bisa mencoba beberapa tips berikut agar pola makan tetap sehat selama bekerja dari rumah. 

7. Jangan bekerja dekat dapur

Jika bekerja di area yang berdekatan dengan dapur bisa memicu kamu untuk berjalan mendekati lemari es dan membukanya untuk mencari makanan yang bisa dimakan. 

8. Buat jadwal ngemil

Membuat jadwal ngemil dan mematuhinya bisa menjaga kamu untuk makan berlebih selama bekerja dari rumah. Misalkan menyisipkan waktu ngemil di siang dan sore hari.

Kami bisa menyiapkan camilan sehat terlebih dahulu agar makan lebih sehat dan waktu makan pun lebih teratur.

9. Tetap mendahulukan makan berat

Meski membutuhkan camilan selama bekerja dari rumah, jangan lupa bahwa makan tiga kali sehari adalah terpenting. Tetap makan sesuai dengan waktu makanmu dan makan dengan gizi seimbang agar kamu mendapat nutrisi yang tepat dan tidak mudah merasa kelaparan. 

Tips tetap sehat untuk kamu yang bekerja dari rumah selama pandemi

Pandemi COVID-19 memang membawa banyak perubahan, termasuk kebiasaan makan. Meski stres dapat meningkatkan nafsu makan, usahakan untuk tetap makan dengan porsi seimbang dan sehat. Jangan lupa juga batasi asupan tertentu, seperti:

  • Batasi asupan garam: Dilansir dari WHO, sebaiknya mengonsumsi garam kurang dari 5 gram per harinya. Jika kamu menyadari sudah terlalu banyak mengonsumsi garam, kamu harus menghindari penambahan garam ekstra pada masakan.
  • Batasi asupan gula: Untuk orang dewasa sebaiknya membatasi asupan gula sekitar 6 sendok teh per harinya. Buat kamu yang suka ngemil makanan manis, yuk dikurangi agar tetap sehat. Atau ganti camilan yang lebih menyehatkan. 
  • Batasi asupan lemak: Kamu membutuhkan tidak lebih dari 30 persen lemak dari asupan total dan 10 persennya berasal dari lemak jenuh. Maka kamu harus lebih cermat memilih makanan selama bekerja dari rumah, agar tetap sehat.
  • Banyak minum: Tetap terhidrasi akan membantu kamu membatasi asupan gula dan kalori berlebih. Ini juga akan membantu kamu mengurangi teh atau kopi yang bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Jangan lupakan makanan berserat: Dengan makanan berserat akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga menghindari kamu dari makan camilan sepanjang waktu. Makanan berserat juga menyehatkan sistem pencernaan loh. 

Demikian berbagai tips yang bisa kamu lakukan agar bisa membatasi diri dari makan berlebih selama bekerja dari rumah. Tetap jaga kesehatan ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Berita Terkait
register-docotr