Diet dan Nutrisi

Karbohidrat Bisa Turunkan Berat Badan Lho! Begini Tipsnya

March 24, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Karbohidrat merupakan makronutrien penting untuk tubuh sehingga sangat sulit untuk menjalani hari tanpa memakannya. Karena itu, meninggalkan karbohidrat bukanlah jalan emas untuk menurunkan berat badan.

Faktanya, karbohidrat tidak akan menambah berat badan jika dikonsumsi dengan tepat. Nah, untuk mengetahui bagaimana karbohidrat bisa menurunkan berat badan yuk simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

Baca juga: Manfaat Pektin: Serat Larut dalam Sayur dan Buah yang Baik bagi Kesehatan

Bagaimana karbohidrat bisa menurunkan berat badan?

Menerapkan diet rendah karbohidrat dianggap ideal untuk kamu yang berencana menurunkan berat badan. Namun, faktanya kamu harus bisa memilih karbohidrat yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat kompleks.

Karena itu, alih-alih menghentikan asupan karbohidrat, gunakan karbohidrat kompleks yang kaya serat serta dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Karbohidrat kompleks atau karbohidrat baik merupakan karbohidrat kaya nutrisi yang mengandung serat tinggi dan digunakan untuk menghasilkan energi. Meski sarat nutrisi, karbohidrat ini dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah berbagai risiko kesehatan.

Perlu diketahui, orang yang mengonsumsi karbohidrat kaya serat mengalami jumlah kembung lebih rendah di sekitar daerah perut dibandingkan jika mengonsumsi makanan rendah lemak.

Pada akhirnya, orang yang mengonsumsi karbohidrat kompleks akan mendapatkan perut rata dan mengurangi lemak visceral. Lemak ini mengelilingi organ di dalam tubuh di mana dapat menyebabkan penyakit jantung kronis.

Dengan menambahkan asupan karbohidrat baik, mengurangi makanan berkalori, dan disertai olahraga rutin maka bisa mendapatkan penurunan pada lemak di sekitar perut. 

Tips mengonsumsi karbohidrat yang tepat

Selain itu, terdapat beberapa tips mengonsumsi karbohidrat yang bisa membantu menurunkan berat badan antara lain sebagai berikut:

Konsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian cenderung memiliki skor yang lebih rendah sehingga dapat dikonsumsi setiap hari. Protein juga bisa ditambahkan saat mengonsumsi karbohidrat karena dapat menurunkan beban glikemik makanan tinggi karbohidrat

Perlu diketahui, protein bisa memperlambat pencernaan dan menjaga gula darah tetap stabil. Selain itu, sebuah studi di The Journal of Nutrition menemukan bahwa protein menjadi 3 kali lebih efektif dalam mengurangi respons glukosa daripada lemak.

Tambahkan berry

Ketika mengonsumsi karbohidrat, termasuk roti maka kamu bisa menambahkan buah beri ke dalamnya. Buah beri diketahui dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan pati dalam tubuh.

Perlu diketahui makan 150 gram stroberi atau sekitar satu cangkir dengan sepotong roti seberat 50 gram dapat mengurangi respons insulin 36 persen lebih banyak daripada makan roti tanpa beri.

Campuran stroberi, cranberry, dan blackcurrant bahkan lebih efektif menurunkan profil glikemik roti putih hingga 38 persen.

Peneliti bahkan mengaitkan hasil dengan polifenol dalam buah beri dan menunjukkan bahwa diet yang mengandung karbohidrat rendah dalam jumlah sedang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Minum teh hijau

Menggabungkan makanan tinggi karbohidrat dengan secangkir teh hijau bisa menjadi strategi diet yang baik.

Antioksidan dalam teh hijau yang disebut epigallocatechin-3-gallate atau EGCG jika dikombinasikan dengan karbohidrat dapat membantu mengatur hormon yang membuat lapar dan menurunkan glukosa darah.

Tambahkan sedikit lemak

Menikmati karbohidrat dengan lemak, dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Namun, tidak sembarang lemak bisa digunakan terutama jika ingin menurunkan berat badan. Pilih lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah sedang, seperti minyak zaitun dan alpukat .

Efek mengenyangkan bisa didapatkan dengan mengonsumsi lemak yang menyehatkan jantung. Untuk itu, mengonsumsi setengah buah alpukat segar saat makan siang dilaporkan dapat menurunkan keinginan makan sebesar 40 persen selama berjam-jam sesudahnya.

Baca juga: Berbagai Contoh Makanan Fungsional yang Bagus untuk Diet Seimbang

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr