Diet dan Nutrisi

5 Makanan yang Dipercaya Dapat Meningkatkan Libido, Apa Saja?

July 7, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Libido merupakan istilah yang digunakan terkait gairah dan aktivitas seksual. Salah satu cara untuk meningkatkan libido yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Lalu, apa saja makanan untuk meningkatkan libido?

Ya, libido yang dimiliki oleh masing-masing orang berbeda dan tidak dapat disamakan. Namun tak perlu khawatir, karena libido dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan ini.

Pilihan makanan untuk meningkatkan libido

Libido memang dapat juga ditingkatkan dengan mengatur pola hidup agar lebih sehat dan rajin berolahraga. Jika kamu malas berolahraga atau tidak memiliki waktu untuk berolahraga kamu dapat melakukan cara lainnya, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan libido. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah makanan untuk meningkatkan libido.

Baca juga: Bisa Dijadikan Camilan Sehat, Ini 6 Manfaat Kacang Almond Bagi Tubuh

1. Maca

Maca (Lepidium meyenii) adalah sayuran akar yang secara tradisional digunakan untuk meningkatkan kesuburan serta gairah seks. Maca sendiri dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen, bubuk, atau kapsul.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu menemukan bahwa sekitar 42 persen pria yang mengonsumsi 1.500-3.000 mg maca setiap hari mengalami peningkatan gairah seks.

Dalam tinjauan dari 4 penelitian terhadap 131 orang, mencatat bahwa mengonsumsi maca secara konsisten selama minimal 6 minggu dapat meningkatkan hasrat seksual. Ini juga dapat membantu mengobati disfungsi ereksi pada pria.

2. Ginseng merah

Ginseng, khususnya ginseng merah juga merupakan salah satu makanan yang dapat membantu libido rendah dan meningkatkan fungsi seksual.

Tak hanya itu saja, ginseng merah juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yakni senyawa yang membantu sirkulasi darah dan membantu otot-otot di penis rileks.

Namun jika kamu ingin mengonsumsi ginseng merah kamu harus berhati-hati, karena ginseng merah dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti sakit kepala dan sakit perut. Ginseng juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan pengencer darah.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi ginseng, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.

3. Fenugreek

Fenugreek adalah ramuan populer dalam pengobatan alternatif yang dapat membantu meningkatkan libido dan fungsi seksual. Ini mengandung senyawa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan hormon seks, seperti estrogen ataupun testoteron.

Sebuah studi 6 minggu terhadap 30 pria menemukan bahwa mengonsumsi 600 mg ekstrak fenugreek setiap hari dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi seksual.

Meskipun demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat fenugreek untuk meningkatkan libido pada manusia.

Di sisi lain, ramuan ini juga dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah, seperti warfarin. Jika kamu sedang menggunakan obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, ya sebelum mengonsumsi fenugreek.

4. Saffron

Makanan untuk meningkatkan libido selanjutnya adalah saffron. Saffron adalah rempah lezat yang berasal dari bunga Crocus sativus. Saffron sendiri memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari mengurangi stress hingga bertindak sebagai afrodisiak (zat yang dapat meningkatkan gairah seksual).

Sebuah studi selama 4 minggu terhadap 38 wanita yang mengonsumsi antidepresan menemukan bahwa, mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari dapat mengurangi beberapa masalah seksual secara signifikan, termasuk penurunan gairah dan lubrikasi.

Lebih lanjut, tinjauan dari 5 penelitian terhadap 173 orang mencatat bahwa saffron secara signifikan dapat membantu meningkatkan hasrat serta gairah seksual pada pria dan wanita.

5. Gingko biloba

Gingko biloba adalah suplemen herbal yang populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Makanan untuk meningkatkan libido ini dapat mengobati berbagai kondisi, seperti disfungsi ereksi dan libido rendah.

Sebab, gingko biloba dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, sehingga dapat membantu aliran darah dengan cara meningkatkan perluasan pembuluh darah.

Meskipun demikian, pada penelitian mengenai manfaat gingko biloba sebagai makanan untuk meningkatkan libido memiliki hasil yang berbeda.

Jika kamu ingin meningkatkan gairah seksualmu, tak ada salahnya mengonsumsi makanan untuk meningkatkan libido yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi pada dokter terkait dengan masalah ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 29 Juni 2020. 7 Fascinating Foods and Supplements That Work Like Viagra

Medical News Today (2020). Diakses pada 29 Juni 2020. 10 Ways to Boost Libido 

News Medical Life Sciences. Diakses pada 29 Juni 2020. What Is Libido? 

Gonzales, G F, A Córdova (2002). Effect of Lepidium meyenii (MACA) on sexual desire and its absent relationship with serum testosterone levels in adult healthy men. NIH (diakses pada 29 Juni 2020)

Shin, Byung-Cheul, Myeong Soo Lee (2010). Maca (L. meyenii) for improving sexual function: a systematic review. NIH  (diakses pada 29 Juni 2020)

Steels, Elizabeth, Amanda Rao, dan Luis Vitetta (2011). Physiological aspects of male libido enhanced by standardized Trigonella foenum-graecum extract and mineral formulation. NIH (diakses pada 29 Juni 2020)

Kashani, Ladan, Firoozeh Raisi (2013). Saffron for treatment of fluoxetine-induced sexual dysfunction in women: randomized double-blind placebo-controlled study. NIH (diakses pada 29 Juni 2020)

Ranjbar, Hossein, dan Akram Ashrafizaveh (2019). Effects of saffron ( Crocus sativus) on sexual dysfunction among men and women: A systematic review and meta-analysis. NIH (diakses pada 29 Juni 2020)

 

    register-docotr