Diet dan Nutrisi

Ini Lho, 5 Snack Sehat yang Bisa Kamu Makan Saat Kerja

August 13, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Menjaga performa kerja sepanjang hari bukan perkara mudah karena tenaga akan habis oleh aktivitas tubuh dan otak. Salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan menyantap snack agar tetap berenergi dan produktif.

Meskipun demikian, tidak semua camilan bisa berdampak baik bagi tubuh, lho. Kamu harus memilih snack yang bernutrisi dan sehat supaya performa saat bekerja tetap terjaga.

Nah, berikut ini adalah 5 snack sehat yang bisa kamu makan saat sedang bekerja.

1. Apel dan selai kacang

Potongan apel dengan selai kacang yang alami bisa menjadi pilihan yang lezat dan menyenangkan sebagai snack saat kamu sedang bekerja. Tidak lupa, ada juga manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh camilan ini, lho.

Selai kacang akan memberikan protein dalam jumlah yang baik bagi tubuh kamu. Tidak hanya itu, selai kacang pun mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium, potasium dan zinc.

Sementara untuk apel, kandungannya yang kaya serat dan air sangat baik untuk sistem pencernaan karena dapat membuat perut terasa penuh. Dalam satu apel berukuran sedang atau 182 gram, terdiri dari lebih dari 85 persen air dan 4 gram serat.

2. Popcorn

Makanan yang khas sebagai camilan saat nonton di bioskop ini ternyata juga bernutrisi, kaya akan serat dan mengandung sedikit kalori. Dua cangkir atau 16 gram popcorn mengandung 62 kalori, 12 gram karbohidrat, 2 gram serat, serta beberapa vitamin dan mineral.

Sebuah kajian di Amerika Serikat, mencatat jika popcorn mengandung polifenol dalam jumlah tinggi. Polifenol ini adalah antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh kamu dari kerusakan radikal bebas.

Manfaat polifenol lainnya, yaitu dapat menurunkan risiko kanker. Di antaranya adalah kanker prostat dan kanker payudara.

Selain itu, kandungan serat tinggi dan kalori yang sedikit membuat popcorn sebagai salah satu makanan yang dapat dipercaya menurunkan badan, lho. Dapat disimpulkan jika popcorn lebih ramah ketimbang keripik kentang.

3. Cokelat hitam isi kacang

Jika kamu penggemar cokelat, snack satu ini pasti membuatmu tersenyum lebar. Betul, kamu bisa pilih dark chocolate yang berisi kacang sebagai camilan saat kamu kerja.

Secara spesifik, cokelat hitam kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, sementara untuk kacang, kandungan protein dan lemak sehatnya dapat membantu pencernaan kamu terasa penuh. 

Akan tetapi, kamu tidak boleh sembarang pilih cokelat isi kacang, ya! Sebaiknya kamu jeli melihat kemasan dan pilih produk yang tidak menambahkan gula dalam cokelat, dan pastikan kandungan cokelat hitam dalam produk itu mencapai 50 persen.

4. Kacang mete

Camilan yang juga termasuk jenis kacang-kacangan ini merupakan pilihan tepat sebagai snack bernutrisi tinggi. Kacang mete mengandung lemak yang baik untuk jantung dan juga vitamin serta mineral.

Kacang mete juga kaya akan antioksidan, yaitu lutein dan zeaxanthin yang menurut penelitian di Tiongkok bermanfaat bagi kesehatan mata. Kedua antioksidan ini sangat penting untuk penglihatan.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mencatat jika lutein dan zeaxanthin dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit pada retina yang disebabkan oleh usia.

Untuk membuat kacang mete sendiri, kamu bisa mencampur kacang mete mentah dalam minyak zaitun, jintan, bubuk cabai serta jahe. Masukan ke dalam wadah untuk dipanggang di oven dengan suhu 165 derajat celsius selama 12 hingga 15 menit.

5. Telur rebus

Telur rebus ternyata mengandung banyak nutrisi berguna bagi kesehatan kamu. Pada dasarnya, telur mengandung nutrisi yang kamu butuhkan dalam jumlah kecil.

Dalam satu telur besar bermassa 50 gram mengandung 6 gram protein, lalu terdapat juga zat besi, kalsium, kolin, serta vitamin A, B6, B12, dan D.

Kamu bisa memakan telur rebus secara langsung, atau bisa dijadikan topping salad jika kamu menginginkan kandungan serat dalam camilan.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses 11 Agustus 2020. 33 Healthy Office Snacks to Keep you Energized and Productive
  2. Healthline.com (2019) diakses 11 Agustus 2020. 8 Health Benefits of Nuts
  3. Healthline.com (2018) diakses 11 Agustus 2020. 10 Impressive Health Benefits of Apples
  4. Healthline.com (2017) diakses 11 Agustus 2020. Popcorn Nutrition Facts: A Healthy, Low-Calorie Snack?
  5. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 11 Agustus 2020. Is peanut butter good for you?
  6. Healthline.com (2018) diakses 11 Agustus 2020. Hard-Boiled Egg Nutrition Facts: Calories, Protein and More
    Berita Terkait
    register-docotr