Diet dan Nutrisi

Jangan Ditiru, 5 Idol Korea Ini Diet Ekstrem Demi Tubuh Ramping

April 21, 2020 | Ajeng Annastasia
no-image

Ditulis oleh: Arini

Ditinjau oleh: dr. Andrew Lienata

Setiap orang tentu ingin memiliki bentuk tubuh ideal, dengan berat badan dan tinggi badan yang seimbang. Tak terkecuali para penyanyi dari Korea Selatan atau yang kerap disebut idol ini.

Demi mendapatkan tubuh ideal, mereka bahkan rela melakukan diet ekstrem. Dalam prosesnya, seringkali kesehatan jadi terabaikan.

Padahal nyatanya diet ekstrem, apalagi jika dilakukan sembarangan dan tanpa pengawasan dokter, efeknya bisa membahayakan kesehatan.

Siapa saja idol Korea Selatan yang diketahui pernah melakukan diet ekstrem? Berikut daftarnya:

1. Soyou ex-SISTAR

Soyou ex-SISTAR (Foto: Koreaboo.com)

Soyou dikenal memiliki tubuh langsing yang ideal dan termasuk idol yang terlihat atletis. Tapi siapa sangka Soyou juga pernah melakukan diet ekstrem.

Ex-SISTAR ini diketahui menerapkan diet one meal a day alias hanya makan satu kali saja dalam sehari.

Bukan hanya itu, makanan yang dikonsumsi Soyou juga termasuk dalam kategori kurang sehat. Selama menerapkan diet makan satu kali sehari, ia hanya makan empat telur puyuh tanpa kuningnya dan satu gelas susu.

Walaupun berhasil menurunkan berat badan sampai 8 kilogram, rasanya kamu tidak perlu mencontoh diet ekstrem dari Soyou ex-Sistar ini, deh.

Baca juga: Yuk Mulai Terapkan Pola Makan untuk Mencegah Batu Empedu

2. IU

IU (Foto: Koreaboo.com)

Wajah imutnya memang jadi idola para pria dan menajdi salah satu penyanyi yang paling dikagumi. Ya, selain itu IU juga dikenal memiliki postur tubuh yang mungil dan langsing.

Tapi tahukah kamu untuk menjaga penampilannya ini IU pernah melakukan diet dengan hanya mengonsumsi tiga jenis makanan saja. Untuk sarapan dia hanya memakan apel, kemudian ubi manis untuk makan siang, dan protein shake untuk menu di malam hari.

3. UEE ex-After School

UEE ex-After School (Foto: Channel-korea.com)

Tubuh tinggi semampai sudah jadi ciri khas UEE, yang merupakan mantan member ex-After School ini. Tak heran jika kemudian banyak orang bertanya-tanya tentang bagaimana pola diet yang dijalani oleh UEE.

Dalam sebuah wawancara, UEE pernah mengatakan bahwa dirinya hanya mengonsumsi makanan dengan jumlah 1.000 kalori per hari.

Meski tampaknya masih biasa-biasa saja, tetapi jumlah kalori yang dikonsumsinya hanya setengah dari anjuran kalori yang disarankan, lho.

4. Changmin 2AM

Changmin (Foto: Twitter.com/Soompi)

Nyatanya bukan hanya idol wanita saja yang harus menjaga bentuk tubuh ideal, bahkan para idol pria juga. Salah satunya yakni Changmin 2AM. Ia juga diketahui melakukan diet ekstrem demi menjaga bentuk tubuh atletisnya.

Untuk menurunkan berat badan, Changmin hanya mengonsumsi dua kotak tofu dan lari 6 km setiap hari. Wah, diet ekstrem ini sepertinya tidak disarankan sekali, ya.

5. T.O.P BigBang

T.O.P BigBang (Foto: Soompi.com)

VIP yang merupakan sebutan untuk penggemar BigBang pasti sudah tahu kalau rapper utamanya, T.O.P dulunya memiliki tubuh gemuk. Nah, untuk menjadikan berat badannya ideal selama 40 hari, ia diketahui pernah melakukan diet ekstrem.

Metode diet yang dijalaninya yakni hanya minum air putih dan makan manisan yang terbuat dari pasta kacang merah.

Baca juga: 7 Makanan Manis yang Aman untuk Diabetes, Masih Boleh Cokelat hingga Popcorn Loh!

Efek negatif diet ekstrem sembarangan

Diet ekstrem tanpa pengawasan dokter memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan. Termasuk di antaranya yakni tubuh mudah lelah dan terasa lemah. Kondisi ini terjadi karena minimnya asupan kalori membuat tubuh memiliki lebih sedikit energi.

Jika sudah demikian, metabolisme pun akan berjalan lebih lamat pula. Efeknya tubuh bukannya jadi atletis, tapi justru malah kekurangan massa otot.

Yang paling menyeramkan, diet ekstrem juga berisiko dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan dan berisiko menimbulkan batu empedu.

Nah, jadi jika kamu mau menurunkan berat badan, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter dan lakukan secara bertahap, ya. Segala sesuatu yang instan itu tidak baik bagi kesehatan, lho!

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda di Good Doctor. Yuk, lakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya!

Berita Terkait
register-docotr