Diet dan Nutrisi

Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Kopi bagi Wanita, Apa Saja?

September 8, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Jika kamu seorang wanita yang menyukai kopi, kamu perlu membaca informasi berikut ini. Ada beberapa dampak positif dan negatif dari kebiasaan minum kopi bagi kesehatanmu, lho.

Apa saja manfaat dan dampak buruk kopi bagi tubuh wanita? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Dampak positif mengonsumsi kopi pada kesehatan wanita

Diane Vizthum, MS, RD, seorang ahli penelitian nutrisi dari John Hopkins University mengungkapkan bahwa kopi mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya, yang baik untuk kesehatan tubuh.

“Kandungan antioksidan dan zat aktif lainnya dapat mengurangi peradangan internal dan melindungi diri dari penyakit,” ungkap Diane Vizthum seperti dikutip dari hopkinsmedicine.org.

Lebih dari itu, kopi ternyata juga memiliki berbagai manfaat lainnya yang secara spesifik dapat memberi dampak positif bagi wanita, seperti berikut ini.

1. Menurunkan risiko penyakit alzheimer

Di Amerika, hampir dua pertiga pengidap alzheimer adalah wanita. Dan ternyata kafein yang terkandung dalam kopi dapat menurunkan risiko tersebut pada wanita.

Lebih luas lagi, sebuah fakta mengungkapkan bahwa wanita berusia 65 tahun ke atas yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari lebih kecil kemungkinannya untuk terkena demensia secara umum.

Demensia adalah kondisi yang menyebabkan terjadinya penurunan daya ingat pada orang berusia lanjut. Sementara alzheimer adalah salah satu penyebab paling umum terjadinya demensia.

2. Mengurangi risiko terkena kanker usus

Satu dari 23 wanita menderita kanker usus besar. Sementara itu sebuah penelitian mengungkapkan kemungkinan kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker usus. Persentasi hasil studinya mencapai 26 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

3. Mengurangi kemungkinan terkena stroke

Mengonsumsi setidaknya satu cangkir kopi sehari bagi wanita, dikaitkan dengan penurunan risiko terkena stroke. Ini adalah salah satu informasi penting yang perlu kamu ketahui, karena stroke adalah salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada wanita.

Selain yang sudah disebutkan di atas, mengonsumsi kopi juga dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan lain seperti dapat melindungi diri dari diabetes tipe 2 dan penyakit hati. Termasuk kanker hati dan juga serangan jantung.

Sementara secara umum, baik untuk wanita atau pria, kopi dapat membantu menstimulasi sistem kerja saraf. Kemudian akan meningkatkan adrenalin dalam darah dan membantu tubuh untuk melakukan aktivitas yang intens.

Dampak negatif mengonsumsi kopi pada kesehatan wanita

Meski memiliki sederet manfaat bagi kesehatan wanita, tapi kopi juga memiliki dampak negatif. Berikut beberapa dampak negatif mengonsumsi kopi bagi wanita:

1. Tidak aman untuk kehamilan

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi kopi berkafein lebih dari 200 miligram per harinya. Alasannya, jika mengonsumsi kopi lebih dari jumlah tersebut dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran.

2. Tidak dianjurkan untuk ibu menyusui

Wanita yang sedang menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi kopi. Atau, minum kopi setelah berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

Alasannya karena kopi berkafein dapat masuk ke dalam air susu ibu (ASI). ASI tersebut akan memengaruhi bayi, terutama berkaitan dengan peningkatan aktivitas pada ususnya.

3. Tidak disarankan jika memiliki gangguan kecemasan

Mengonsumsi kopi memicu pelepasan hormon yang sama seperti saat kamu mengalami kecemasan. Itu sebabnya mengonsumsi kopi disebut dapat memperburuk gangguan kecemasan.

Selain ketiga yang sudah disebutkan di atas, dilansir dari Webmd, secara umum kopi juga memiliki berbagai efek samping. Beberapa di antaranya:

  • Memperburuk gejala mania pada pengidap gangguan bipolar
  • Jumlah kafein yang berlebih dapat memperburuk diare atau kondisi iritasi usus
  • Meningkatkan tekanan mata
  • Dapat meningkatkan risiko penipisan tulang (osteoporosis)
  • Meningkatkan tekanan darah pada mereka yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan beberapa efek lainnya

Di luar masalah kesehatan, kopi juga dapat menyebabkan efek ketagihan atau kecanduan. Ketika kamu sudah terbiasa mengonsumsi kopi, maka kamu akan merasa ada yang kurang saat melewatkan jadwal minum kopi.

Efeknya dapat menimbulkan beberapa gangguan seperti sakit kepala, merasa lelah dan menjadi mudah tersinggung. Ini terjadi karena kafein termasuk ke dalam zat adiktif.

Demikian penjelasan mengenai dampak mengonsumi kopi bagi wanita, dari sisi positif dan juga negatif. Cobalah untuk lebih bijak dalam menentukan porsi minum kopi kamu sehari-hari, ya.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 7 September 2020 Coffee — Good or Bad? 
  2. Hopkinsmedicine.org diakses 7 September 2020 9 Reasons Why (the Right Amount of) Coffee Is Good for You
  3. Webmd diakses 7 September 2020 Coffee 
    Berita Terkait
    register-docotr