Diet dan Nutrisi

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

May 11, 2020 | Santi Andriani | dr. Peter Alison
no-image

Ditulis Oleh: Lita

Perut buncit selain bikin tidak nyaman bergerak, juga mengganggu penampilan. Selain olahraga, ada berbagai cara mengecilkan perut buncit.

Tidak hanya dari makanan, perut buncit juga bisa disebabkan oleh beberapa aktivitas lain semisal kurang tidur, konsumsi alkohol, hingga malas berolahraga. Demi mengatasinya, beberapa dari kamu mungkin akan lebih rajin berolahraga untuk membakar lemak perut.

Tapi bagaimana kalau kamu tidak suka berolahraga, apakah bisa mengecilkan perut buncit? Bisa. Berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga.

Baca Juga: Tidak Boleh Rendah Apalagi Tinggi, Kadar Gula Darah Harus Normal

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Jika kamu tidak memiliki waktu berolahraga, berikut 15 cara bisa diterapkan untuk mengecilkan perut buncit yang mulai mengganggu.

1. Konsumsi buah dan sayur kaya serat

cara mengecilkan perut buncit
Buah dan sayuran untuk mengecilkan perut buncit. Foto: https://www.shutterstock.com

Kondisi tubuh yang tidak ideal bisa disebabkan oleh pola makan yang salah. Jadi ubah pola makan kamu ke pola makan sehat. Biasakan makan makanan bergizi dan berserat tinggi seperti buah dan sayur.

Beberapa buah yang bagus untuk mengecilkan perut buncit misalnya pisang, mangga, buah berry dan masih banyak lagi. Buat penyuka sayuran, cobalah bayam atau brokoli.

2.  Rajin konsumsi air putih bisa menjadi cara mengecilkan perut buncit

Minum air putih secara rutin mampu membantu proses detoksifikasi tubuh lebih lancar, tubuh bekerja lebih optimal, menghindari dehidrasi dan menjadi lebih sehat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa minum air putih 0.5 L 30 menit sebelum makan ternyata mengurangi rasa lapar sehingga porsi makanan yang dimakan menjadi berkurang.

Partisipan yang minum air putih sebelum makan mengalami penurunan berat badan sebanyak 44% selama 12 minggu dibandingkan yang tidak minum air putih. Hindari pula minum minuman bersoda.

3. Minum air hangat dengan madu

cara mengecilkan perut buncit
Madu untuk mengecilkan perut buncit. Sumber Foto : https://blog.frontiersin.org/

Bisa juga mengonsumsi air hangat dengan campuran madu di pagi hari sebelum makan. Madu bisa menjadi pengganti gula karena lebih rendah lemak, bebas kolesterol dan sodium. Ampuh juga untuk mengendalikan nafsu makan. Cobalah mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur.

4. Minum air hangat dengan lemon

Campuran air hangat dan lemon bisa membuat kamu lebih fresh memulai aktivitas di pagi hari. Minuman ini juga mampu membantu mengecilkan perut buncit secara bertahap sekaligus juga mampu membantu proses detoksifikasi tubuh dan mencegah sembelit.

5. Cara mengecilkan perut buncit dengan minum air lemon dengan parsley

Campuran air dengan irisan lemon dan daun parsley bisa membantu mengecilkan perut buncit, menurunkan berat badan, membersihkan hati dan ginjal.

Caranya, daun parsley diblender dan dihaluskan lalu campurkan dengan perasan lemon dan air. Minumlah berturut-turut selama 5 hari, lalu berhenti selama 10 hari. Setelah itu minum kembali dengan pola yang sama.  

6.  Minum air lemon ditambah jahe

cara mengecilkan perut buncit
Air lemon dengan jahe membantu membakar lemak di perut. Foto: https://www.shutterstock.com

Kamu juga bisa rutin mengonsumsi air lemon ditambah jahe. Jahe mampu membakar lemak, membantu proses detoksifikasi dan mengatasi masalah pencernaan.

Masaklah 4 gelas air ditambah dengan 1 ruas jahe dipotong-potong dan beberapa irisan lemon. Setelah mendidih, diamkan hingga siap kamu nikmati secara rutin setiap hari.

7. Minum teh dicampur jeruk nipis

Campuran minuman ini kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh serta mengurangi penimbunan lemak. Kamu bisa mengkonsumsinya setiap sore hari sambil bersantai.

8. Cara mengecilkan perut buncit dengan minum teh hijau secara rutin

Teh hijau juga bisa menjadi cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga. Banyak sekali manfaat teh hijau seperti memperlancar metabolisme tubuh, baik untuk kulit dan membantu proses pembakaran lemak. Teh hijau bisa disajikan tanpa gula dan boleh dikonsumsi setiap hari sebelum makan.

9. Makan pagi teratur

Sarapan rutin untuk mencegah bertumpuknya lemak di perut. Foto: https://pixabay.com

Lebih baik sarapan di pagi hari secara teratur. Sarapan dapat memberi energi pada tubuh dan di siang hari kamu bisa makan siang dengan tidak berlebihan. Menu sarapan tidak perlu berat yang penting cukup untuk bekal energi, misalnya sarapan telur ditambah roti.

10. Makan Pelan-pelan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang makan dengan cepat lebih berisiko mengalami peningkatan berat badan dibandingkan dengan yang makan dengan pelan. 

Mengunyah makanan secara perlahan bisa membuat kamu cepat kenyang, terhindar dari masalah pencernaan, dan secara alami dapat mengurangi kalori pada makanan. Oleh karena itu, hal ini sangat disarankan untuk program diet atau mengecilkan perut buncit.

11. Minum jus berry

Buah jenis berry baik untuk tubuh sebagai antioksidan dengan kalori yang rendah. Salah satunya adalah buah cranberry yang bisa kamu konsumsi dengan membuatnya menjadi jus. Minuman ini aman dikonsumsi setiap hari dan bisa dijadikan sebagai menu sarapan.

12. Jangan makan makanan manis

Makanan ringan banyak mengandung kadar gula. Foto: https://www.foodbeast.com/

Hindari makanan manis/gula karena dapat menambah berat badan atau perut buncit karena penimbunan lemak. Kalau masih ingin minum-minuman manis, pilihlah gula aren atau madu.

13. Hindari junk food atau minuman soda

Hindari makanan tidak sehat untuk mencegah perut buncit. Foto: Freepik.com

Pada dasarnya, junk food memang harus dihindari untuk kesehatan. Hindari makanan tidak sehat ini karena hanya akan menyebabkan timbunan lemak dan kadar gula berlebih. Lebih baik konsumsi buah dan sayur yang berserat tinggi agar metabolisme tubuh lebih lancar.

14. Jangan makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur malam dapat menjadi timbunan lemak dan perut kamu akan semakin buncit. Jadi hindarilah makan di malam hari. Kalaupun harus makan lakukan 3-4 jam sebelum beranjak tidur. Pilih juga makanan rendah kalori dan lemak. Buah dan sayur adalah yang terbaik.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Sakit Perut Bagian Bawah, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

15. Tidur cukup sebagai cara mengecilkan perut buncit

Pastikan tidur yang cukup. Sumber gambar : https://www.readersdigest.ca/

Durasi tidur berpengaruh pada kesehatan kulit dan tubuh, tidurlah minimal 6-8 jam. Jika kurang tidur, akan meningkatkan hormon kortisol yang memicu metabolisme lemak dan karbohidrat, juga meningkatkan hormon ghrelin sehingga mudah lapar. 

Kunci cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga ada pada makanan dan kebiasaan hidup kamu. Lakukan secara konsisten agar hasilnya optimal. Namun, tentu saja penurunan berat badan akan jauh lebih optimal apabila kamu juga berolahraga selain menjaga makan. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Harvard Medical School (2019). Diakses 11 Oktober 2019. Abdominal fat and what to do about it

WebMD. Diakses 11 Oktober 2019. The Truth About Belly Fat

Johns Hopkins Medicine. Diakses 11 Oktober 2019. 8 Ways to Lose Belly Fat and Live a Healthier Life

    Berita Terkait
    register-docotr