Diet dan Nutrisi

Catat! Ini Ragam Alternatif Cara Membuat Mie Ayam Sehat

June 29, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mie ayam adalah salah satu jajanan yang punya banyak penggemar di Indonesia. Jika selama ini kamu hanya bisa menyantapnya saat dijajakan keliling. Sekarang kamu bisa berkreasi sendiri dengan mengikuti cara membuat mie ayam sehat berikut.

Tak usah takut hasilnya mengecewakan, karena selain cita rasanya akan tetap enak, cara membuat mie ayam di bawah ini juga jauh lebih sehat bagi tubuh.

Penasaran apa saja cara membuat mie ayam sehat yang perlu kamu ikuti? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Kandungan nutrisi mie ayam

Dilansir fatsecret.co.id, semangkuk mie ayam bisa memberi energi sekitar 421 kkal. Adapun kandungan nutrisi yang paling banyak di dalamnya adalah karbohidrat sebanyak 46,2 gram dan lemak sebanyak 18,74 gram.

Dari rincian di atas dapat dilihat bahwa mie ayam termasuk makanan yang tinggi kalori. Hal ini membuat kamu tak boleh memakannya terlalu sering, karena bisa memperbesar risiko terjadinya beberapa penyakit. Jadi jika kamu ingin mencicipinya dengan lebih sehat, lakukan beberapa hal ini saja.

Pilih mie rendah kalori

Mie adalah komponen utama yang menjadi sumber kalori dalam semangkuk mie ayam. Oleh sebab itu jika kamu menginginkan mie ayam yang lebih sehat, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari mie yang memiliki kadar kalori rendah.

Salah satu alternatif yang bisa kamu pilih adalah mie shirataki. Dilansir healthline.com, mie ini bersifat unik karena bisa mengenyangkan tapi memiliki kadar kalori yang jauh lebih rendah daripada mie berbahan dasar terigu.

Mie shirataki juga kaya akan glukomanan, sejenis serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan termasuk menurunkan berat badan. Mie shirataki sangat banyak mengandung air sehingga warnanya menjadi putih dengan tekstur yang sangat lembut.

Jadi selain menyehatkan, mie ini juga bisa memberikan sensasi cita rasa yang baru untuk lidahmu.

Gunakan sayuran segar sebagai pelengkap

Cara membuat mie ayam sehat selanjutnya adalah memilih sayuran segar yang kaya akan vitamin sebagai taburan. Jika selama ini kamu terbiasa hanya melihat sawi hijau, jamur, dan daun bawang. Sekarang tak ada salahnya menambahkan beberapa jenis sayuran lain agar semakin bergizi.

Kamu bisa menambahkan wortel, brokoli, bahkan kacang edamame sebagai tambahan asupan nutrisi dalam mie ayam yang kamu buat. Wortel yang kaya akan vitamin A dapat diiris tipis lalu ditumis atau direbus, sebelum dimasukkan ke dalam mie.

Begitupun brokoli dan edamame, hanya dengan merebusnya sebentar kamu bisa mendapatkan kandungan zat besi yang tinggi dari keduanya. Kapan lagi bisa menyantap mie ayam sambil terhindar dari risiko kelelahan, rambut rontok, sampai tekanan darah rendah, kan?

Ganti MSG dengan kaldu buatan sendiri

Membuat mie ayam yang sehat bukan berarti harus mengorbankan cita rasa menjadi hambar. Kamu tetap bisa mendapat rasa gurih tanpa mengorbankan kesehatan dengan membuat kuah kaldu sendiri.

Caranya mudah sekali, lho. Kamu hanya perlu merebus tulang ayam kampung selama beberapa jam untuk mendapatkan kuah kaldu yang sehat. Dilansir healthline.com, satu cangkir kuah kaldu ayam sebanyak 237 ml mengandung 38 kalori, 3 gram karbohidrat, 5 gram protein, dan 1 gram lemak.

Jadi selain rasanya tak kalah enak dari bumbu instan seperti MSG, kaldu kuah buatanmu juga jauh lebih menyehatkan.

Pilih daging dada ayam tanpa kulit

Daging ayam yang ditumis dengan rempah lalu ditaburkan di atas mie ayam memang menjadi daya tarik utama makanan ini. Sayangnya kulit ayam yang sering ikut di dalamnya, bisa menjadi sumber lemak berbahaya bagi tubuh.

Untuk mengakalinya kamu bisa memilih dada ayam kampung tanpa kulit. Dilansir masterclass.com, dada ayam merupakan bagian yang paling bernutrisi karena mengandung banyak protein di dalamnya.

Dada ayam juga paling sedikit memiliki kulit, sehingga ia relatif tidak mengandung terlalu banyak lemak.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

All About Chicken Breast: Chicken Breast Nutrition and Chicken Breast Recipes, https://www.masterclass.com/articles/all-about-chicken-breast-chicken-breast-nutrition-and-chicken-breast-recipes#what-is-chicken-breast diakses pada 25 Juni 2020

What Are the Differences Between Stock and Broth?, https://www.healthline.com/nutrition/stock-vs-broth, diakses pada 25 Juni 2020

6 Quick Ways to Make Instant Noodles Healthy, https://www.healthline.com/health/food-nutrition/make-instant-ramen-healthy diakses pada 25 Juni 2020

Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles, https://www.healthline.com/nutrition/shirataki-noodles-101#what-they-are diakses pada 25 Juni 2020

Nutrisi mie ayam, https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/mie-ayam diakses pada 25 Juni 2020

 

    register-docotr