Kulit & Perawatan Tubuh

Wajib Tahu, Ini Macam-macam Cara Ampuh Mengobati Eksim di Kaki

June 29, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mengobati eksim, termasuk di kaki, adalah upaya untuk menyembuhkan kulit yang terdampak dan mencegah gejala menjadi semakin parah. Namun demikian, sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini.

Eksim sendiri adalah kondisi kelainan kulit yang membuat kulit meradang, gatal, merah, pecah-pecah dan mengeras. Terkadang kamu akan mendapati kulit kamu melepuh.

Tentang penyakit eksim di kaki

Eksim merupakan gangguan kulit umum yang terjadi pada banyak orang.

Ada 6 tipe eksim yang bisa terjadi di berbagai bagian kulit kamu, yaitu atopik dermatitis, dermatitis kontak, eksim dishidrotik, eksim diskoid, eksim varikosa dan eksim asteatotik. Dari keenam jenis ini, yang paling sering terjadi di wilayah kaki adalah varikosa dan asteatotik.

Eksim varikosa biasa terjadi pada orang-orang tua yang memiliki pembuluh darah varises. Untuk eksim asteatotik juga terjadi pada orang tua karena kaki menjadi kering seiring bertambahnya usia.

Cara mengobati eksim di kaki

Pengobatan bagi eksim dimaksudkan untuk meningkatkan kondisi kaki, merawat gejala yang terjadi dan meningkatkan sirkulasi darah

Bagi beberapa orang, pengobatan ini dilakukan dalam jangka panjang dengan kombinasi teknik perawatan mandiri, penggunaan pelembap, topikal kortikosteroid dan compression stocking atau stocking kompres.

1. Perawatan mandiri

Langkah berikut ini dapat menurunkan gejala dari eksim di kaki dan membantu untuk mencegah adanya perkembangan penyakit lanjutan:

  • Hindari membuat kulit luka karena dapat membuatnya menjadi borok
  • Angkat kaki saat kamu sedang beristirahat, bisa ganjal kaki kamu dengan bantal. Lakukan ini dengan memastikan kondisi kaki berada di atas level jantung untuk mengempiskan bengkak
  • Banyak bergerak, karena ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memastikan kamu dapat menjaga berat badan yang sehat

Dalam kondisi ini, cairan dapat menumpuk di bagian bawah kaki kamu apabila kamu duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, jadi pastikan kamu tetap bergerak. 

Dengan berjalan, maka kamu akan membuat otot kamu bekerja dan mendorong aliran darah menuju vena dan kembali ke jantung.

2. Penggunaan emolien

Emolien merupakan pelembap yang dapat kamu gunakan untuk mengobati eksim di kaki. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya langsung di kulit untuk menahan laju hilangnya kadar air dan membungkusnya dengan lapisan pelindung.

BPOM memberi catatan jika efek obat ini sangat singkat, sehingga ada baiknya kamu tetap mengoleskannya walaupun telah terjadi perbaikan atas eksim di kaki kamu. 

Tips memilih produk emolien

Ada beberapa emolien yang tersedia di pasaran dan beberapa di antaranya dapat dibeli tanpa resep. Namun ada baiknya kamu menghubungi dokter dan minta untuk ditentukan emolien mana yang cocok untuk mengobati eksim di kaki kamu.

Kamu mungkin harus mencoba beberapa untuk mengetahui mana emolien yang cocok. Kamu juga bisa saja diresepkan untuk campuran beberapa emolien, sebagai contoh:

  • Salep emolien untuk kulit yang sangat kering
  • Krim atau losion untuk kulit yang tidak terlalu kering
  • Emolien yang digunakan sebagai pengganti sabun

Perbedaan antara salep, losion dan krim terletak pada kandungan minyaknya. Salep mengandung minyak yang paling banyak, sehingga dia bisa menjadi sangat berminyak, tapi sangat efektif dalam menjaga kelembapan kulit.

Losion mengandung minyak yang paling sedikit, sehingga tidak memberikan sensasi berminyak, namun menjadi yang paling tidak terlalu efektif. Sementara krim berada di tengah-tengah keduanya.

Cara pakai emolien

Kamu harus pakai emolien untuk mengobati eksim di kaki setidaknya dua kali dalam sehari, bahkan ketika tidak ada gejala sekalipun. Untuk aplikasinya:

  • Gunakan dalam jumlah yang banyak, oleskan ke seluruh permukaan kulit di kaki, bukan hanya bagian yang terdapat eksim
  • Jangan digosok, tapi ratakan di arah yang sama dengan tumbuhnya rambut di kaki
  • Aplikasikan setiap 2 hingga 3 jam sekali untuk kulit yang sangat kering
  • Setelah mandi, keringkan kulit dengan lembut, dan saat masih lembap, segeralah oleskan emolien
  • Jangan berbagi emolien kamu dengan orang lain

Emolien sangat dibutuhkan pada saat kulit gejala sedang datang, selebihnya gunakan emolien sesering mungkin.

3. Obat topikal kortikosteroid

Jika kulit kamu menjadi bengkak karena kambuhnya eksim, kamu bisa menggunakan obat ini yang langsung kamu aplikasikan ke kulit kamu. Dokter bisa meresepkan obat ini, tapi kadarnya tergantung dari tergantung dari tingkat keparahan eksim yang kamu alami.

Cara penggunaan topikal kortikosteroid

Saat menggunakan obat ini, oleskan hanya pada kulit yang terdampak. Pada saat diresepkan obat ini, kamu akan diberitahu bagaimana cara pengolesan dan seberapa sering pengolesannya oleh dokter.

Kebanyakan orang hanya butuh mengolesinya satu hari sekali. Saat mengaplikasikan obat ini, kamu harus:

  • Mengoleskan emolien dahulu dan tunggu sekitar 30 menit sampai emolien meresap ke kulit sebelum mengaplikasikan topikal kortikosteroid
  • Gunakan hanya di wilayah kulit yang terdampak
  • Biasanya hanya membutuhkan waktu 7 hingga 14 hari, dan gunakan pengobatan ini hingga 48 jam setelah gejalanya hilang

4. Stocking kompres

Benda ini dirancang khusus untuk menekan kaki kamu untuk memperlancar sirkulasi. Dia ketat di pergelangan kaki dan semakin mengendur di bagian atas kaki untuk memastikan darah mengalir ke atas menuju jantung.

Kamu bisa pakai benda ini untuk mengobati eksim di kaki, karena prinsip kerjanya yang memompa dan meningkatkan aliran darah di pembuluh darah yang ada di kaki.

Demikian beberapa informasi tentang cara mengobati eksim di kaki yang bisa kamu lakukan. Supaya lebih akurat, jangan lupa untuk berkonsultasi juga dengan dokter kulit, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

NHS (2019) diakses 24 Juni 2020. https://www.nhs.uk/conditions/varicose-eczema/treatment/

MedicalNewsToday (2020) diakses 24 Juni 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322435

National Eczema diakses 24 Juni 2020. https://nationaleczema.org/eczema/

Medscape diakses 24 Juni 2020. https://emedicine.medscape.com/article/1124528-treatment

MedicalNewsToday(2017) diakses 24 Juni 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/182793

BPOM RI diakses 24 Juni 2020. http://pionas.pom.go.id/ioni/bab-13-kulit/132-emolien-dan-sediaan-pelindung/1321-emolien

    register-docotr