Diet dan Nutrisi

8 Buah yang Mengandung Banyak Air, Berikut Daftarnya!

May 4, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Air adalah elemen penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan banyak fungsi. Salah satu cara agar asupannya tetap terjaga adalah dengan mengonsumsi makanan, termasuk buah yang mengandung banyak air.

Lantas, apa saja buah yang mempunyai kandungan air cukup tinggi? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Daftar buah yang mengandung banyak air

Tak sulit untuk mencari buah yang mengandung banyak air di lingkungan sekitar. Bahkan, buah-buahan tersebut mungkin sudah menjadi konsumsi sehari-hari bagi sebagian orang, seperti:

1. Semangka

Semangka adalah buah yang sangat menyegarkan, karena memiliki kandungan air mencapai 92 persen. Buah tersebut tergolong makanan sehat karena menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dengan kandungan air yang tinggi, semangka mempunyai kepadatan kalori yang sangat rendah, yaitu 46 kkal untuk ukuran 154 gram. Tak hanya itu, semangka juga mengandung banyak nutrisi menyehatkan, seperti vitamin A dan C, serat, serta magnesium.

Belum lagi, ada antioksidan bernama likopen yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah tersebut. Menurut penelitian, senyawa itu dapat membantu meminimalkan kerusakan oksidatif pada sel, yang kerap dikaitkan dengan penyakit seperti diabetes dan jantung.

Baca juga: 8 Manfaat Semangka: Cegah Dehidrasi hingga Atasi Sembelit!

2. Stroberi

Tidak hanya manis, stroberi adalah buah yang mengandung banyak air. Sekitar 91 persen berat stroberi berasal dari air, cocok untuk dijadikan makanan agar tubuh tetap terhidrasi. Buah ini juga menyediakan banyak serat, antioksidan, vitamin C, folat, dan mangan.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, makan stroberi secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko peradangan serta melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

Stroberi bisa dimakan secara langsung, atau kamu dapat mengolahnya menjadi smoothie, salad, dan tambahan untuk sandwich.

3. Melon

Selain rasanya yang manis, ternyata melon merupakan buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, lho. Kandungan air yang dimiliki mencapai 89 persen dari total beratnya. Tak hanya itu, buah berwarna hijau tersebut juga kaya vitamin C dan K, kalium, folat, serta magnesium.

4. Blewah

Blewah mengandung setidaknya 90 persen air dari total seluruh beratnya. Ada sekitar 118 ml air pada blewah berukuran 177 gram. Tingginya serat yang dimiliki bisa membantumu menahan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Belum lagi, blewah juga menyediakan vitamin A yang setara dengan 120 persen dari total kebutuhan harian. Vitamin tersebut telah dikenal dengan efek perlindungannya terhadap berbagai jenis infeksi.

5. Jeruk

Buah yang mengandung banyak air berikutnya adalah jeruk. Selain rasa manis yang khas, jeruk memiliki sekitar 88 persen air di dalamnya. Buah yang masuk ke dalam golongan sitrus ini juga kaya vitamin C dan kalium, bisa membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Berdasarkan sebuah studi, jeruk dapat meminimalkan risiko sejumlah penyakit karena kandungan flavonoid yang dimiliki. Senyawa itu berperan dalam mencegah aktivitas peradangan yang dapat merusak sel.  

Tak hanya itu, asam nitrat pada jeruk dapat mencegah pembentukan kristal menyerupai batu di sekitar ginjal. Zat tersebut dapat mengikat kalsium oksalat pembentuk batu dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

6. Buah persik

Hampir 90 persen dari berat buah persik berasal dari air. Buah ini juga kaya akan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C serta kalium. Antioksidan yang dimiliki dapat membantu melawan berbagai jenis penyakit.

Kandungan air yang tinggi, ditambah dengan serat yang cukup, membuat buah persik cocok dijadikan sebagai menu diet. Meski hanya mengandung 60 kalori, buah persik dapat membuatmu merasakan kenyang lebih lama.

7. Nanas

Mudah tumbuh di area tropis, nanas adalah salah satu buah yang mengandung banyak air. Dari total berat yang dimiliki, 86 persennya berasal dari air.

Tak hanya itu, buah ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C, magnesium, kalium, dan mangan.

Nanas mempunyai satu enzim yang tak ditemukan pada buah lain, bernama bromelain. Enzim tersebut dikenal dengan efek antiinflamasi yang baik, bisa membantu mengatasi sinusitis, radang sendi, hingga masalah pencernaan.

Baca juga: Menakjubkan! Ini 7 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Apel

Apel mengandung tak kurang dari 85 persen air, baik yang berwarna merah atau hijau. Buah yang satu ini juga mempunyai beberapa nutrisi penting, seperti serat, vitamin C, serta antioksidan berupa quercetin dan katekin.

Nah, itulah delapan buah yang mengandung banyak air yang dapat membantumu agar tetap terhidrasi. Agar tubuh lebih bugar, imbangi juga dengan olahraga teratur, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 27 April 2021, 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated.
  2. Medical News Today, diakses 27 April 2021, Hydrating foods: The top 20 and their benefits.
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 27 April 2021, Watermelon lycopene and allied health claims.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 27 April 2021, Promising Health Benefits of the Strawberry: A Focus on Clinical Studies.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 27 April 2021, Flavonoids health benefits and their molecular mechanism.

    register-docotr