Diet dan Nutrisi

Baik untuk Pencernaan, Kenali 7 Manfaat Kurma Medjool bagi Tubuh

January 6, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Kurma adalah salah satu tanaman tertua dan paling kuno di dunia. Dulu, kurma ditanam dan dimanfaatkan sebagai makanan pokok oleh berbagai bangsa di Benua Asia maupun Afrika.

Seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan kurma terus dilestarikan dan berkembang menjadi ratusan varietas yang bermacam-macam. Salah satu yang terkenal akan khasiatnya, adalah kurma Medjool.

Selain manis dan gurih, kurma ini juga diklaim memiliki beragam manfaat kesehatan.

Baca juga: Ini Lho Sejuta Manfaat Kurma bagi Kesehatan Selama Puasa

Mengenal kurma Medjool

Dilansir dari Healthline, kurma Medjool memiliki ukuran lebih besar, dan warna yang lebih gelap dibandingkan jenis kurma yang umum ada di pasaran. Rasa manisnya pun lebih mendekati cita rasa manis karamel.

Kurma Medjool sering dijual dalam bentuk buah yang telah dikeringkan. Ini membuat kandungan gula yang ada di dalamnya menjadi lebih pekat dan semakin manis.

Meski demikian, tekstur dagingnya tetap lembut, lengket, dan tidak membuat orang yang memakannya merasa kehausan.

Kandungan nutrisi kurma Medjool

Kandungan nutrisi dalam 2 buah kurma Medjool, dilansir dari Webmd, adalah 110 kalori, 1 gram protein, 0 gram lemak, 31 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 27 gram gula.

Kurma Medjool juga merupakan sumber fitonutrien yang sangat baik. Ini adalah senyawa tanaman yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah kerusakan DNA, dan meningkatkan regulasi hormon.

Manfaat kesehatan kurma Medjool

Beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi kurma Medjool adalah sebagai berikut:

Menjaga fungsi jantung

Dengan serat yang ada di dalamnya, kurma Medjool dapat membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang, dan mendorong arteri tetap bersih. Secara tidak langsung ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal ini terbukti secara ilmiah, salah satunya melalui satu studi yang menemukan fakta bahwa Medjool dan varietas kurma lainnya dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penumpukan plak di arteri.

Seperti yang kita tahu, akumulasi plak pada akhirnya dapat menghalangi aliran darah, yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Baca juga: Benarkah Stres dapat Menyebabkan Stroke? Simak 5 Fakta Menarik Berikut

Mendukung pencernaan yang sehat

Serat sangat penting untuk menciptakan sistem pencernaan yang sehat. Dengan begitu, usus bisa membentuk tinja dengan mudah dan kamu pun akan terhindar dari sembelit.

Adapun kurma Medjool, diketahui mengandung serat tidak larut yang sangat berperan dalam kesehatan pencernaan.

Hal ini dibuktikan dalam studi selama 3 minggu, di mana sebanyak 21 orang diminta memakan 7 kurma seberat 168 gram setiap hari.

Hasilnya diketahui bahwa frekuensi buang air besar mereka menjadi lebih sering dibandingkan saat mereka tidak makan kurma secara teratur.

Tinggi antioksidan

Senyawa antioksidan karotenoid dan asam fenolat yang terdapat dalam kurma Medjool dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan begitu, sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit kanker, jantung, dan otak.

Dilansir dari Webmd, penelitian juga telah mengungkapkan bahwa antioksidan dalam kurma Medjool dapat mengurangi kadar trigliserida di dalam darah.

Ini merupakan lemak yang jika ditemukan dalam jumlah terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mendukung kesehatan sistem saraf

Berdasarkan beratnya, kurma Medjool mengandung 50 persen lebih banyak kalium daripada pisang. Mineral esensial ini diketahui dapat membantu mengontrol detak jantung, pernapasan, dan fungsi otot.

Manfaat ini sangat penting karena kadar kalium yang rendah dapat menyebabkan kelemahan otot, kelelahan, dan detak jantung menjadi tidak teratur.

Membuat metabolisme menjadi lebih baik

Vitamin B dalam kurma Medjool seperti asam pantotenat, folat, dan niasin diketahui bisa membantu mengelola proses metabolisme yang mengubah makanan menjadi energi.

Mengonsumsi kurma medjool juga dapat mengurangi penyerapan gula dalam tubuh, yang dapat membantu dalam pengelolaan berat badan dan mengurangi risiko diabetes.

Sumber energi alami

Kurma medjool menawarkan sejumlah besar karbohidrat dalam porsi kecil. Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Jadi buah ini bisa menjadi alternatif bahan bakar alami agar tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Melindungi kesehatan otak

Penelitian pada hewan mengaitkan antioksidan kurma Medjool dengan tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah, serta pengurangan plak otak yang terkait dengan kondisi seperti penyakit Alzheimer.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Everything You Need to Know About Medjool Dates, https://www.healthline.com/nutrition/medjool-dates#benefits diakses pada 5 Januari 2021

Medjool Dates: Are There Health Benefits?, https://www.webmd.com/diet/medjool-dates-health-benefits#1 diakses pada 5 Januari 2021

Does Eating Medjool Dates Have Health Benefits? 18 Studies Reviewed, https://healthybutsmart.com/medjool-dates-health-benefits diakses pada 5 Januari 2021

 

 

    Berita Terkait
    register-docotr