Diet dan Nutrisi

Jangan Hanya Tergoda Hasilnya, Kenali Juga Bahaya Diet Kilat Berikut Ini

July 27, 2020 | Richaldo Hariandja
no-image

Meskipun dikatakan cepat membuat kurus, tetapi ada bahaya diet kilat bagi tubuh yang harus kamu pahami. Masalah kesehatan biasanya timbul dalam jangka panjang, ini karena kamu memaksa asupan kalori dan nutrisi dalam jumlah yang sangat kecil.

Semua diet yang dimaksudkan untuk menurunkan berat badan secara cepat bisa digolongkan sebagai diet kilat. Apa yang dijanjikan diet ini sangat menggoda karena proses penurunan berat badan adalah usaha jangka panjang.

Supaya kamu tidak terkena janji manisnya, kenali bahaya diet kilat berikut ini, ya:

Batu empedu

Kantong empedu adalah organ kecil yang berada di bawah hati kamu. Kantong ini adalah rumah dari cairan empedu yang membantu kamu untuk memecahkan lemak yang masuk dari makanan.

Salah satu bahaya dari diet kilat adalah kamu berpotensi terkena batu empedu. Penurunan berat badan yang cepat hingga 1,3 kg per minggu adalah faktor risiko pembentukan batu empedu dalam darah.

Dilansir obesityaction.org, 25 persen orang yang melakukan diet rendah kalori (kurang dari sama dengan 800 kalori) justru memiliki batu empedu. Hal ini diduga karena adanya perubahan metabolisme lemak yang terjadi karena berat badan yang turun secara drastis.

Potensi pembentukan batu empedu di tubuh kamu juga bisa dipengaruhi oleh siklus berat badan, di mana berat badan kamu naik dan turun secara berulang-ulang.

Kehilangan otot

Yang perlu kamu ingat, kehilangan otot tidak sama dengan kehilangan lemak. Salah satu bahaya diet kilat adalah kamu berpotensi kehilangan berat badan yang ternyata adalah otot dan air dalam tubuh.

Jika kamu melakukan diet yang memaksa tubuh untuk mengonsumsi sangat sedikit kalori tanpa perhitungan, kamu berpeluang kehilangan 25 persen massa tubuh tanpa lemak. Yaitu otot dan tulang.

Oleh karena itu, penting untuk mengikuti aturan dan pengawasan tenaga kesehatan profesional untuk setiap diet. Sebab kehilangan massa jaringan tulang dapat menyebabkan kelemahan tubuh di masa depan.

Sementara kehilangan massa otot dapat merusak metabolisme dan ketahanan tubuh. Secara keseluruhan, kehilangan massa tubuh tanpa lemak selalu dikatkan dengan masalah kesehatan, terutama jika kamu mulai berumur.

Nutrisi buruk

Kamu mendapatkan nutrisi seperti protein, lemak, vitamin dan mineral dari asupan makanan. Untuk setiap nutrisi esensial, ada batasan minimum yang harus masuk ke dalam tubuh setiap harinya untuk memastikan kesehatan kamu.

Dan salah satu bahaya diet kilat adalah asupan kebutuhan nutrisi ini akan terganggu. Karena pada praktik diet ini, kamu akan membatasi makanan sehingga terkadang kebutuhan nutrisi ini tidak bisa kamu penuhi.

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka pendek atau jangka panjang. Beberapa masalah kesehatan ini bahkan membawa pada penyakit yang serius.

Cepat gemuk

Salah satu tantangan terbesar setelah berhasil menurunkan berat badan adalah mempertahankannya. Beberapa orang bahkan malah kembali naik tetapi dengan jumlah yang lebih besar daripada yang berhasil diturunkan.

Hal ini terjadi karena saat kamu berusaha untuk mengurangi kalori yang masuk, sekalipun untuk menurunkan berat badan, tubuh malah membacanya kalau kamu sedang kelaparan. Maka dari itu, sebagai mekanisme pertahanan, tubuh akan melambatkan proses metabolisme.

Hal itu justru merugikan, karena kamu akan kesulitan untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga bisa menjadi bumerang karena ketika kamu mulai menambahkan asupan kalori, kamu cenderung menjadi lebih cepat menaikkan berat badan.

Itu sebabnya salah satu bahaya diet kilat ini adalah berat badan cenderung meningkat lebih banyak saat kamu melakukan diet jenis ini.

Bahaya diet lainnya

Beberapa baya diet lain yang mesti kamu ketahui adalah:

  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Detak jantung yang tidak normal
  • Gula darah yang rendah
  • Dehidrasi
  • Asam urat akut
  • Kehilangan rambut
  • Tubuh menjadi lemah
  • Konstipasi

Melihat bahaya diet kilat bagi kesehatan kamu, maka kamu perlu waspada terhadap metode yang satu ini. Meskipun diet kilat ini sangat menggoda, alangkah baiknya kalau kamu tidak melakukan hal ini tanpa pengawasan. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. obesityaction.org (2014) diakses 23 Juli 2020. https://www.obesityaction.org/community/article-library/the-risks-of-the-crash-diet/
  2. Netdoctor.co.uk (2020) diakses 23 Juli 2020. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-eating/a25288668/are-crash-diets-bad-for-you/
    Berita Terkait
    register-docotr