Diet dan Nutrisi

Ampuh Percepat Penyembuhan Demam Berdarah, Coba 8 Makanan Penuh Nutrisi ini

September 30, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia, penyakit demam berdarah dengue atau DBD menjadi salah satu paling menakutkan. Jangan anggap sepele penyakit ini karena dapat berujung kematian.

Demi penyembuhan DBD berikut deretan makanan yang perlu kamu konsumsi. 

Baca juga: Fase Demam Berdarah yang Wajib Kamu Ketahui agar Waspada Gejalanya!

8 makanan untuk sembuh dari DBD 

Melansir penjelasan dari WebMD, demam berdarah disebabkan karena tubuh terinfeksi oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti.

Diperkirakan 400 juta infeksi dengue terjadi di seluruh dunia setiap tahun, dengan sekitar 96 juta mengakibatkan penyakit.

Oleh karena itu, pencegahan penyakit demam berdarah pun terus dilakukan setiap saat. Salah satu cara mempercepat penyembuhannya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat berikut ini. 

Ini 8 makanan terbaik untuk sembuh dari DBD seperti dilansir dari Columbia Asia

1. Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung banyak enzim seperti papain dan chymopapain. Kandungan tersebut dapat membantu pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya. 

Perlu diketahui ketika mengonsumsi sebanyak 30 ml jus daun pepaya segar membantu meningkatkan jumlah trombosit. Hal itu yang sangat diperlukan ketika kamu mengalami DBD.  Tak hanya itu saja, sebanyak 224% kebutuhan vitamin C harian ada di buah satu ini. 

2. Delima


Buah delima kaya akan nutrisi dan mineral penting yang memberi tubuh energi yang dibutuhkan sehingga mengurangi rasa lelah. Buah delima sangat bermanfaat bagi darah karena kandungan zat besinya yang tinggi. Ini juga membantu dalam mempertahankan jumlah trombosit darah normal yang penting untuk pulih dari demam berdarah.

3. Air kelapa

Dengue umumnya menyebabkan dehidrasi. Jadi, sangat bermanfaat jika mengonsumsi air kelapa, yang kandungannya terdapat elektrolit dan nutrisi penting bagi tubuh.

4. Jahe

Jahe memiliki rasa yang kuat untuk menambah rasa pada teh. Jahe merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe sangat membantu dalam mengobati radang tenggorokan, radang, mual dan gejala demam berdarah.

5. Jeruk 

Perlu diketahui bahwa peran Vitamin C untuk tubuh sangatlah penting. Jeruk kaya akan antioksidan dan vitamin C, sehingga membantu dalam mengobati dan membasmi virus dengue. Hampir semua jenis jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi.

6. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin K yang sangat baik yang membantu meregenerasi trombosit darah. Jika terjadi penurunan jumlah trombosit, maka brokoli harus dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari penderita demam berdarah yang juga kaya akan antioksidan dan mineral.

7. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau paling sehat. Sayuran berdaun harus menjadi bagian penting dari makanan dan bayam bisa menjadi pilihan pertama dalam menu makananmu. 

Bayam adalah sumber yang kaya zat besi dan makanan kaya asam lemak omega-3 yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit.

8. Buah kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin A, vitamin E, bersama dengan Potasium untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh dan membatasi tekanan darah tinggi.

Tembaga dalam buah kiwi berguna untuk pembentukan sel darah merah dan membantu kekebalan terhadap penyakit.

Sangat penting bagi seseorang yang terkena DBD untuk mencari pertolongan medis segera setelah gejala-gejala ini terlihat. Makanan yang disebutkan di atas hanya sebagai bentuk pengobatan tambahan ya untuk mempercepat penyembuhannya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Ndtv.com (2019) diakses pada 28 September 2020. Dengue Fever Prevention: 7 Immunity-Boosting Foods That Can Help You Prevent Dengue
  2. Columbiaindiahospitals.com (2019) diakses 28 September 2020. Dengue Fever Prevention: What to eat and what to avoid
  3. Timesofindia.indiatimes.com (2020) diakses 28 September 2020. Dengue prevention: Foods to eat and avoid
  4. Webmd.com (2019) diakse pada 28 September 2020. Dengue Fever 
    register-docotr