Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Kacang Mete, Termasuk Baik untuk Pengidap Diabetes Tipe 2

January 2, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kamu suka menambahkan kacang-kacangan sebagai topping ke makananmu? Kacang mete bisa menjadi salah satu pilihanmu. Karena selain rasanya yang gurih dan renyah, ada sejumlah manfaat kacang mete yang bisa kamu dapatkan. 

Kacang mete adalah jenis kacang yang kaya nutrisi. Biasanya dijual dalam kondisi sudah dipanggang. Tapi tahukah kamu asal-usulnya, dan seperti apa manfaat kacang mete untuk kesehatan? Untuk lebih lanjut mengenal kacang mete, berikut ulasan selengkapnya. 

Apa itu kacang mete?

Kacang mete berasal dari pohon tropis yang memiliki nama ilmiah Anacardium occidentale. Pohon ini berasal dari Brazil, tapi sekarang dibudidayakan di berbagai tempat dengan iklim hangat. 

Pohon ini memiliki buah yang disebut jambu mete dan di dalam buah tersebut memiliki biji. Biji inilah yang kemudian bisa dimakan dan dikenal sebagai kacang mete. 

Karena berasal dari biji di dalam buah, maka kacang mete diklasifikasikan sebagai tumbuhan berbiji. Pengklasifikasian ini membuatnya berbeda dari kacang lainnya.

Walau dianggap berbeda dengan kacang-kacangan lainnya, tetapi kacang mete tidak kalah bernutrisi. Karena kandungan nutrisi itu, ada banyak manfaat kacang mete yang bisa didapatkan. 

Kandungan nutrisi kacang mete

Dalam setiap 28 gram kacang mete mentah dan tanpa rasa, mengandung nutrisi:

  • Kalori: 157
  • Protein: 5 gram
  • Lemak: 12 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tembaga: 67 persen dari nilai harian
  • Magnesium: 20 persen dari nilai harian
  • Mangan: 20 persen dari nilai harian
  • Zinc: 15 persen dari nilai harian
  • Fosfor: 13 persen dari nilai harian
  • Zat besi: 11 persen dari nilai harian
  • Selenium: 10 persen dari nilai harian
  • Tiamin: 10 persen dari nilai harian
  • Vitamin K: 8 persen dari nilai harian
  • Vitamin B6: 7 persen dari nilai harian

Selain itu, kacang mete juga dikenal sebagai sumber makanan kaya lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Kacang mete juga rendah gula, mengandung serat dan mengandung protein dengan jumlah yang hampir setara seperti daging yang dimasak. 

Manfaat kacang mete untuk kesehatan

Dengan mengonsumsi kacang mete, setidaknya kamu akan mendapatkan 5 manfaat seperti berikut ini. 

1. Sebagai antioksidan 

Kacang mete adalah salah satu makanan yang kaya dengan antioksidan, karena kandungan polifenol dan karotenoid yang ada di dalamnya. 

Dilansir dari Healthline, aktivitas antioksidan pada kacang mete lebih meningkat setelah dipanggang, dibanding dengan kacang mete mentah. Kandungan antioksidan itu seperti yang terkandung di beberapa jenis kacang lain seperti kenari, pecan dan almond.

Kandungan itu diharapkan dapat mengurangi peradangan dan dapat melindungi diri dari stres oksidatif akibat radikal bebas. Namun penelitian tentang kacang mete dan efek antioksidan masih terbatas hingga kini. 

2. Membantu menurunkan berat badan

Menurut Food Data Central database of the United States Department of Agriculture (USDA), kacang mete mengandung 157 kalori per 28 gram. Tapi penelitian menunjukkan bahwa tubuh tidak menyerap semua kalori tersebut. 

Sementara kandungan serat dan proteinnya membantu mengurangi lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Sehingga ini akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kacang-kacangan termasuk kacang mete dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit, termasuk stroke dan penyakit jantung. 

Ini juga terkait dengan kadar kolesterol yang baik pada orang yang mengonsumsi kacang mete. Tapi penelitian lain menemukan hal sebaliknya, sehingga hasilnya dianggap tidak konsisten. 

Perbedaan hasil ini dianggap karena terbatasnya jumlah penelitian. Karena itu, meski diklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung, tapi masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung informasi ini. 

4. Bermanfaat untuk penderita diabetes 2

Kacang mete adalah sumber serat yang baik. Nutrisinya juga membantu mencegah lonjakan gula darah dan yang diyakini bisa memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Mengganti makanan tinggi karbohidrat dan gula dengan kacang mete kemungkinan besar membantu menurunkan kadar gula darah. Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menunjukkan hasil akurat.

5. Menjadi pilihan makanan sehat

Kacang mete adalah makanan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan sehat. Kamu juga bisa menambahkannya ke dalam menu sehatmu. 

Mengonsumsinya dengan sup atau menyampurkannya dengan oat dan yoghurt juga bisa kamu lakukan. Sehingga kacang mete bisa menjadi makanan sehat untuk diet. 

Tapi jika kamu sedang menjalani diet dengan mengurangi garam, kamu perlu mempertimbangkan untuk cara mengolah kacang mete. Karena kacang mete panggang dapat mengandung banyak minyak dan garam tambahan. 

Di balik manfaat kacang mete ada risiko yang perlu diperhatikan

Meski kandungan antioksidan kacang mete dapat meningkat saat dipanggang, tapi usahakan untuk tidak menambahkan minyak dan garam. Penambahan garam dan minyak tidak baik untuk kesehatan.

Kamu bisa memanggangnya sendiri di suhu 188 derajat celcius di oven selama 8-15 menit. Aduk setiap 2-5 menit agar kacang tidak gosong. 

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, ada kemungkinan terjadi alergi kacang mete. Jika kamu alergi pada jenis kacang almond, Brazil, pecan, pistachio, kenari, kamu juga berisiko alergi terhadap kacang mete. 

Demikian informasi manfaat kacang mete. Semoga semakin memperkaya informasi tentang makanan sehat, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 18 Desember 2020
Are Cashews Good for You? Nutrition, Benefits, and Downsides
Healthline, diakses 18 Desember 2020
Are Cashews Nuts?
Webmd, diakses 18 Desember 2020
Health Benefits of Cashews
Livestrong, diakses 18 Desember 2020
Negative Effects of Eating Too Many Cashews

    register-docotr