Kesehatan Mental

Fobia Jarum Suntik? Berikut Cara Mengatasi Takut Disuntik yang Bisa Kamu Terapkan!

May 14, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mengatasi takut disuntik bisa dilakukan lewat psikoterapi ataupun lewat obat-obatan. Semua tindakan ini bertujuan untuk membantu penderita fobia jarum suntik menghadapi gejala ketakutan.

Kamu tentu tidak asing dengan beragam dokumentasi yang menunjukkan orang ketakutan saat disuntik banyak beredar di dunia maya seiring vaksinasi COVID-19 digencarkan. 

Fobia jarum suntik atau trypanophobia ini sebenarnya umum terjadi pada anak-anak dan dapat menghilang seiring waktu. Akan tetapi, ada juga beberapa orang dewasa yang masih mengalami fobia ini.

Baca juga: Viral Lansia Kebal saat Akan Divaksin COVID-19, Bagaimana Penjelasan Medisnya?

Kenapa orang takut disuntik?

Tidak diketahui secara pasti apa yang bisa menyebabkan fobia pada sebagian orang, sementara banyak orang yang tidak mengalami masalah ketika akan disuntik.

Meskipun demikian, beberapa faktor terkait jarum berikut ini dapat memicu orang takut disuntik:

  • Pingsan atau pusing yang hebat ketika disuntik jarum yang merupakan reaksi dari reflek vasovagal
  • Pengalaman buruk, seperti rasa sakit ketika disuntik, yang bisa timbul ketika kamu melihat jarum
  • Sensitif terhadap rasa nyeri, kondisi ini merupakan masalah genetik. Biasanya kamu akan mengalami resah yang hebat, tekanan darah jadi tinggi dan detak jantung yang menjadi cepat

Bagaimana cara mengatasi takut disuntik?

Tujuan dari setiap upaya yang kamu lakukan untuk mengatasi takut disuntik adalah mengetahui penyebab dari fobia yang kamu alami. Jadi beda orang akan beda penanganan.

Kebanyakan orang direkomendasikan untuk melakukan psikoterapi sebagai bagian dari penanganan fobia ini. Di antaranya adalah:

Terapi perilaku kognitif

Cognitive behavioral therapy (CBT) akan mengulik habis rasa takut terhadap jarum suntik yang kamu alami dan belajar bagaimana berhadapan dengan rasa takut ini.

Terapis yang menangani kamu akan membantu kamu belajar berbagai cara melihat ketakutan yang kamu alami dan bagaimana ketakutan ini memengaruhi kamu. 

Pada akhirnya terapi ini akan berupaya membuat kamu mampu menaklukan rasa takut di pikiran dan perasaan kamu itu.

Baca juga: Kenali Beda Depresi Berat dan Depresi Ringan: Apa Gejala dan Cara Pengobatannya

Exposure therapy

Serupa dengan CBT, jenis terapi ini berfokus pada bagaimana merubah respons mental dan fisik terhadap ketakutan kamu akan jarum suntik. 

Sesuai namanya, terapi ini akan memaparkan kamu ke jarum suntik atau pikiran-pikiran yang dipicu oleh jarum suntik.

Contohnya, terapis pada awalnya akan menunjukkan foto jarum suntik, selanjutnya mungkin kamu akan diminta berdiri di dekat jarum suntik, memegang jarum suntik hingga bisa jadi kamu diminta membayangkan rasanya disuntik.

Pengobatan

Mengonsumsi obat-obatan menjadi satu hal yang diperlukan ketika kamu menjadi sangat stres karena fobia dan tidak merespons terhadap psikoterapi yang dijalankan.

Obat antianxiety dan sedatif dapat membuat tubuh dan otak rileks sehingga gejala yang timbul karena fobia ini dapat berkurang.

Mengatasi takut saat penyuntikan

Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi takut saat disuntik secara langsung:

Komunikasikan dengan petugas penyuntikan

Beritahukan pada orang yang menyuntik mengenai fobia yang kamu alami. Biasanya tenaga kesehatan itu akan memiliki trik sendiri, seperti mengajak kamu berbicara sehingga kamu tidak menyadari kalau jarum sudah masuk ke dalam tubuh

Alihkan pandangan kamu saat penyuntikan dilakukan. Biasanya tenaga medis yang melakukan penyuntikan pun akan meminta kamu tidak melihat proses ini kalau mereka tahu akan fobia yang kamu miliki

Tingkatkan tekanan darah

Jika ketakukan yang kamu alami dipicu oleh pengalaman pernah pusing-pusing atau pingsan, maka kamu bisa melakukan teknik meningkatkan tekanan darah sebagai berikut:

  • Duduk di lokasi yang nyaman
  • Regangkan otot di lengan, tubuh bagian atas dan tahan ketegangan ini selama 10-15 detik atau sampai kamu merasa wajah menjadi hangat kembali
  • Lepaskan regangan tersebut lalu kembalilah duduk di posisi normal
  • Setelah 20-30 detik, regangkan kembali otot dengan cara yang sama hingga kamu merasa wajah menjadi hangat

Jika memungkinkan, latihlah teknik ini 3 kali dalam sehari selama 1 minggu sebelum jadwal penyuntikan, lalu hadapilah rasa takutmu itu.

Berlatih teknik pernapasan

Berlatih teknik pernapasan menjadi cara penting untuk mengatasi takut disuntik. Karena pernapasan yang teratur membuat kamu bisa menghadapi rasa takut ini.

Caranya, duduklah dalam posisi senyaman mungkin dengan punggung lurus tapi tidak kaku. Biarkan pundak dan rahang kamu dalam posisi rileks.

Taruhlah satu tangan di bawah perut. Tarik napas dan isilah udara di dalam perut, tapi jangan terlalu dipaksakan. Bernapaslah sedalam mungkin dan senyaman mungkin, lakukan sebanyak lima kali tarikan napas.

Demikianlah berbagai cara mengatasi takut disuntik yang bisa kamu praktikkan. Selalu hadapi rasa takut atau fobia yang kamu alami, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 11 Mei 2021. Trypanophobia: Test, Definition, and Causes
  2. VeryWellMind, diakses 11 Mei 2021. Trypanophobia: Definition, Symptoms, Causes, Treatment
  3. NHS, diakses 11 Mei 2021. Overcoming your needle phobia (fear of needles)
  4. Cedars Sinai, diakses 11 Mei 2021. Techniques to Help You Overcome a Fear of Needles
    register-docotr