Kesehatan Mental

Hari Lansia Sedunia: Memahami Kesepian yang Dialami dan Cara Mengatasinya

May 28, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Orang tua atau lansia sangat rentan terhadap kesepian dan isolasi sosial, yang bisa berdampak serius pada kesehatan. Ya, merasa sendiri dan rentan bisa mengakibatkan depresi dan penurunan serius dalam kesehatan maupun kesejahteraan fisik. 

Karena itu, kesepian pada lansia perlu dipahami dan diketahui cara mengatasinya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut cara tepat dan mudah mengatasi kesepian pada lansia, yuk simak penjelasannya berikut!

Baca juga: Bahaya Oversharing Kehidupan Pribadi Secara Online bagi Kesehatan Mental

Tips menghadapi lansia yang merasa kesepian

Untuk menghadapi lansia atau orang tua yang merasa kesepian, kamu harus memahami beberapa tips mudahnya. Tips dalam menghadapi lansia yang merasa kesepian, antara lain sebagai berikut:

Pertahankan kontak yang sering

Meski kamu sering menelepon orang tua setiap bulan, untuk mengurangi kesepian maka frekuensi kontak harus ditingkatkan. Melakukan kontak lebih banyak dan sering akan membantu orang tua merasa memiliki orang yang peduli padanya.

Kunjungi secara berkala

Selain menelepon dengan sering, kamu juga bisa menghadapi orang tua yang kesepian dengan berkunjung secara berkala. Mendapatkan pelukan atau merasakan kehadiran fisik akan membuat orang tua lebih hidup dan tidak sendirian.

Ajak orang tua ke acara yang mungkin disukai

Konser, teater, festival, komedi, atau aktivitas sosial merupakan beberapa acara yang mungkin disukai orang tua. Dengan menemukan hal-hal yang disukai orang tua di masa lalu akan membantunya dalam mengurangi rasa kesepian.

Pertimbangkan untuk mengajarkan orang tua menggunakan teknologi

Cara termudah yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa kesepian pada lansia adalah mengajarkannya beberapa teknologi. Teknologi seperti smartphone dan komputer dapat membantu menemani lansia terutama jika anak tidak bisa mengunjunginya.

Bagaimana cara mengatasi kesepian di masa tua?

Dilansir Keystone Health, seiring bertambahnya usia biasanya lingkungan sosial seseorang akan mulai menyusut. Meski memiliki teman dan keluarga di daerah yang sama, namun masalah mobilitas bisa membuat seseorang sulit keluar rumah atau bersosialisasi.

Usia juga datang dengan konsekuensi fisik tertentu, seperti penurunan kondisi kesehatan sehingga mengganggu keinginan ke luar rumah dan merasa kesepian. Untuk itu, agar kesepian di masa tua dapat teratasi berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Jelajahi hal-hal di sekitar

Jika kamu masih bisa keluar dari rumah dan tidak terganggu masalah kesehatan, maka jelajahi hal-hal sekitar untuk mengatasi kesepian. Untuk menghindari isolasi sosial dan meningkatkan kesejahteraan, kamu perlu keluar dan lihat lebih banyak hal. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan, termasuk pergi ke taman atau pusat perbelanjaan. Jangan ragu juga untuk bertemu dengan orang seumuran untuk memperbaiki interaksi sosial.

Perlu diketahui, apapun yang membantu kamu merasa lebih terhubung dengan dunia sekitar biasanya selalu bermanfaat.

Bahkan pengalaman sosial terkecil dapat membantu menghindari kesepian dan depresi. Pikirkan tentang tempat-tempat yang mungkin ingin kamu kunjungi dan lihat apa yang dapat dilakukan untuk menghindari kesepian.

Jadi lebih kreatif

Banyak orang suka menjadi lebih kreatif seiring bertambahnya usia. Beberapa kegiatan kreatif yang dapat dilakukan di masa tua adalah menulis buku, melakukan pertunjukan musik, atau seni lukis.

Kreativitas adalah sesuatu yang membuat pikiran menjadi lebih bahagia. Orang yang kreatif merupakan seseorang yang lebih memikirkan banyak hal hebat untuk dilakukan di kemudian hari. Karena itu, cara ini menjadi salah satu bagian dari mengatasi kesepian yang disukai banyak lansia. 

Bagian terbaik dari menjadi kreatif adalah kamu akan selalu menantang diri sendiri untuk memikirkan hal agar karya seni dapat menarik dan berbeda. Banyak hal baik yang mungkin akan kamu dapatkan selama memikirkannya.

Bersikap apresiatif

Seiring bertambahnya usia, para lansia mulai berpikir tentang apa yang dilakukan selama hidup. Beberapa bahkan akan mulai berpikir apakah dirinya melakukan hal yang benar sehingga lebih kesepian saat mulai merasa mengecewakan orang lain.

Hal ini merupakan masalah yang sering melukai para lansia, terutama jika merasa sudah terlambat untuk melakukan perubahan. Untuk menghindari rasa kesepian, maka harus lebih bisa menerima hidup dan mengakui serta menghormati semua hal hebat yang kamu miliki.

Pikirkan tentang hobi yang menarik atau melakukan banyak aktivitas positif agar bisa lebih bersikap apresiatif. Tidak perlu banyak memikirkan masa lalu karena hanya akan membuat kamu merasa sulit mendapatkan hidup yang tenang.

Adopsi hewan peliharaan

Untuk mengurangi rasa kesepian pada lansia, pertimbangkan untuk mengadopsi hewan peliharaan. Hewan peliharaan yang baik di rumah bisa membuat kamu merasa memiliki teman sehingga hidup menjadi lebih positif.

Perlu dipahami, cinta yang diberikan hewan peliharaan kepada keluarga selalu tanpa syarat. Hewan peliharaan tidak akan pernah mengkritik seseorang dan selalu ada selama masa-masa tersulit dalam hidup.

Saat merawat hewan peliharaan, kamu juga akan mengembangkan rasa makna dalam hidup. Selain itu, kamu dapat pula merasa bahwa ada seseorang dalam hidup yang bergantung dan peduli.

Baca juga: Kekerasan pada Anak dan Dampak Trauma yang Berisiko Dialaminya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. NHS (2018), diakses 27 Mei 2021. Loneliness in older people
  2. Aginginplace.org (2021), diakses 27 Mei 2021. 6 Things To Do When Dealing With Loneliness At An Old Age
  3. Keystone Health, diakses 27 Mei 2021. 8 Ways to Overcome Your Aging Parent’s Loneliness
  4. Forbes.com (2013), diakses 28 Mei 2021. 7 Tips to Help Beat Your Aging Parent’s Loneliness
    register-docotr