Kesehatan Mental

Bukan Pria Atau Wanita, Apa Itu Identitas Non Binary Seks?

May 24, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Umumnya perbedaan antara pria dan wanita ditandai dengan adanya salah satu organ tubuh yang spesifik, seperti payudara untuk wanita dan pria dengan alat kelaminnya.

Namun perlu kamu ketahui bahwa ada juga sebagian orang yang tidak peduli dengan jenis kelamin dan disebut sebagai non binary seks. 

Apa itu non binary seks? 

Banyak orang mengidentifikasi jenis kelamin mereka ditetapkan saat lahir, namun ternyata hal itu tidak berlaku untuk semua orang. Orang yang tidak diidentifikasi sebagai jenis kelamin lahir disebut transgender.

Banyak orang transgender mengidentifikasi diri sebagai pria atau wanita, tetapi tidak semua demikian. Sebagian orang juga ada yang merasa tidak ada identitas gender yang cocok dengan dirinya. 

Melansir penjelasan dari laman WebMD, kelompok tersebut dianggap sebagai non binary atau non biner, karena mereka tidak mengidentifikasi diri sebagai bagian dari biner gender pria atau wanita, sehingga istilah seks non-biner bisa berarti dua hal.

Pertama, ini bisa merujuk pada jenis kelamin orang non biner, mirip dengan istilah jenis kelamin perempuan atau laki-laki. Kedua, ini bisa merujuk pada berhubungan seks dengan orang non biner.

Beberapa jenis identitas non biner 

Ada banyak identitas individu yang dikelompokkan dalam istilah non-biner. Beberapa di antaranya, yakni:

  • Agender, seseorang tanpa identitas gender tertentu.
  • Bigender, seseorang yang mengidentifikasi diri dengan dua atau lebih jenis kelamin.
  • Genderfluid, seseorang yang identitas gendernya sering berubah.
  • Genderqueer, seseorang dengan jenis kelamin tertentu yang bukan jenis kelamin biner.

Apa perbedaan antara non biner, transgender, dan cisgender?

Orang transgender tidak mengidentifikasi jenis kelamin mereka saat lahir, sedangkan orang cisgender melakukannya. 

Berbeda juga dengan orang non biner, mereka tidak mengidentifikasi diri sebagai jenis kelamin yang mereka tetapkan saat lahir, atau lebih jelasnya mereka sama sekali tidak mengidentifikasi dirinya berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Non biner vs cisgender

Orang yang cisgender mungkin berasumsi bahwa setiap orang dengan jenis alat kelamin tertentu merasa nyaman dengan kumpulan kata ganti, istilah anatomi, dan tindakan seks tertentu.

Namun, orang non biner seringkali memiliki preferensi yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi cisgender untuk alat kelamin atau penampilan mereka.

Misalnya, jika dua wanita cisgender berniat untuk berhubungan seks, mereka mungkin menganggap bahwa stimulasi payudara diinginkan.

Namun, orang non biner dengan payudara mungkin lebih suka pasangannya tidak menyentuh payudaranya karena dapat memicu disforia tubuh.

Non biner vs transgender

Ada banyak kesamaan antara seks non-biner dan transgender, karena orang non biner adalah bagian dari transgender. Perbedaan yang paling umum adalah bahwa orang non biner mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki bentuk disforia tertentu daripada orang biner transgender. 

Komunikasi sangat penting setiap kali seorang transgender berhubungan seks, karena setiap orang memiliki kesukaannya masing-masing.

Baca juga: Memahami Apa Itu Biseksual, Orientasi Seksual selain Heteroseksual dan Homoseksual

Mitos dan kesalahpahaman tentang non biner

Seperti dilansir dari laman WebMD, hingga kini seringkali ada kesalahpahaman bahwa orang non-biner itu berarti bingung atau hanya sedang melalui sebuah fase dalam menentukan identitas diri. 

Namun, sebenarnya bukan itu masalahnya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa waria mengembangkan identitas gender mereka mirip dengan orang cisgender, dan banyak waria menyadari ketidaksesuaian gender di masa kanak-kanak. 

Orang non biner seringkali memiliki preferensi khusus dalam hal tindakan seks. Kemungkinan orang non-biner akan memiliki anatomi dan preferensi yang berbeda dengan orang lain yang bukan biner. Jadi komunikasi adalah kunci ketika berhubungan seks dengan individu non biner.

Beberapa topik yang harus didiskusikan dengan orang non biner saat berhubungan seks, yaitu:

  • Apakah ada bagian tubuh yang tidak ingin mereka sentuh?
  • Apakah mereka memiliki preferensi terkait kata yang digunakan untuk alat kelamin mereka?
  • Apakah ada tindakan yang ingin mereka hindari seluruhnya?

Menurut WebMD, pertanyaan-pertanyaan di atas sangat penting bagi transgender dan non biner karena besar kemungkinan mereka menderita disforia atau kondisi khusus tubuh lainnya yang tidak umum pada orang cisgender.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2020) diakses pada 21 Mei 2021. Non-Binary Sex: What It Is
  2. Tandfonline.com (2019) diakses pada 21 Mei 2021. Non-binary or genderqueer genders 
    register-docotr