Kesehatan Mental

Buat Tidur Tenang, Kenali Serba Serbi Pink noise dan Berbagai Jenis Bunyinya

June 16, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Apa kamu pernah merasa sulit tidur? Jika iya, tentu ini akan sangat menyusahkan karena kurang tidur dapat membuat sulit untuk fokus di tempat kerja atau sekolah.

Ini juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Untuk mengatasinya, seringkali, pink noise direkomendasikan agar kualitas tidur jadi lebih baik.

Teruslah membaca artikel di bawah untuk mempelajari hal-hal seputar pink noise dan bagaimana ini dapat membantu kamu mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.

Baca juga: Studi Terbaru: Kurang Tidur di Usia 50 tahun Meningkatkan Risiko Demensia

Apa itu pink noise?

Dilansir dari Very Well Health, pink noise adalah jenis kebisingan yang berisi semua frekuensi suara yang dapat didengar manusia. Namun, tidak seperti white noise, yang mewakili semua frekuensi secara merata, frekuensi yang lebih tinggi dalam pink noise kurang intens.

Bagi banyak orang, itu menghasilkan jenis kebisingan yang dapat memblokir suara latar yang mengganggu, tanpa terdengar kasar atau melengking.

Contoh-contoh bunyi pink noise

Meski tidak semua, namun sebagian besar suara alam adalah pink noise. Misalnya deburan ombak di pantai, gemerisik dedaunan di pepohonan, dan hujan yang turun.

Suara yang lebih menekankan frekuensi rendah daripada pink noise disebut brown noise. Guntur atau suara air terjun yang jauh adalah contoh dari jenis kebisingan ini.

Bisakah pink noise membantu mendapatkan tidur malam yang lebih baik?

Otak terus memproses suara saat tidur, maka suara yang berbeda dapat memengaruhi seberapa baik kamu beristirahat.

Beberapa suara, seperti klakson mobil dapat merangsang otak dan mengganggu tidur. Sebaliknya, suara lain dapat membuat otak rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Suara-suara yang merangsang tidur ini dikenal sebagai noise sleep aids, dan salah satunya adalah pink noise. Dalam sebuah studi kecil tahun 2012 di Journal of Theoretical Biology, para peneliti menemukan bahwa pink noise yang stabil dapat meningkatkan kualitas tidur.

Bagaimana mencoba pink noise untuk tidur?

Kamu dapat mencoba pink noise untuk tidur dengan mendengarkan contoh bunyi-bunyiannya di komputer atau smart phone. Kamu juga dapat menemukan treknya secara khusus di layanan streaming seperti YouTube.

Cara terbaik untuk menggunakan pink noise tergantung pada preferensi kamu sendiri. Misalnya, kamu mungkin merasa lebih nyaman dengan ear bud daripada headphone. Kamu juga mungkin juga perlu bereksperimen dengan volume untuk menemukan apa yang cocok untuk kamu dengarkan.

Cara mengoptimalkan manfaat pink noise

Pink noise dapat membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak. Tapi itu tidak akan bekerja dengan baik jika kamu masih mempertahankan kebiasaan tidur yang buruk.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari bunyi ini, jadikan kebiasaan-kebiasaan di bawah sebagai bagian dari rutinitas malam kamu:

  1. Lakukan tidur secara terjadwal. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama di pagi hari, bahkan di akhir pekan.
  2. Berolahraga di siang hari. Olahraga siang hari membantu kamu tertidur lebih cepat di malam hari.
  3. Matikan lampu. Ciptakan kamar tidur yang nyaman untuk tidur yang tenang, gelap, dan pada suhu yang nyaman.
  4. Hindari hal-hal yang mengganggu tidur. Batasi kafein, alkohol, dan makan besar sebelum tidur.

Warna kebisingan lainnya

Selain pink noise ada juga beberapa warna lain yang biasa digunakan sebagai istilah bunyi bising tertentu, di antaranya adalah:

  1. White noise: Mewakili semua frekuensi suara yang terdengar sama. Karena itu, ini bagus untuk menutupi kebisingan latar belakang, tetapi beberapa orang merasa terganggu untuk mendengarkan karena telinga mereka paling sering mendengar suara berfrekuensi tinggi.
  2. Brown noise: Berisi semua frekuensi suara, tetapi nada dasar rendah paling kuat.
  3. Blue noise: Pada dasarnya adalah kebalikan dari brown noise. Ini berisi semua frekuensi yang dapat didengar, tetapi frekuensi yang lebih tinggi diperkuat. Bagi kebanyakan orang, derau biru terdengar keras, jadi ini bukan pilihan umum untuk dukungan tidur.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Very Well Health diakses pada 15 Juni 2021

Healthline diakses pada 15 Juni 2021

Web MD diakses pada 15 Juni 2021

    register-docotr