Kulit & Perawatan Tubuh

Tren Menggunakan Alat Vakum Komedo, Apakah Benar-Benar Efektif dan Aman?

December 18, 2020 | Nanda Hadiyanti | Dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Wajah dengan komedo adalah kondisi yang menyebalkan untuk sebagian orang. Apalagi jika tampilan komedo hitam mengganggu kemulusan kulit wajahmu. Karenanya orang berusaha untuk menghilangkannya, salah satunya dengan menggunakan vakum komedo.

Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang umumnya muncul di sekitar kulit wajah. Ada dua jenis komedo yang umum terjadi, yaitu komedo hitam dan putih.

Komedo hitam terjadi saat pigmen melanin yang tertimbun terkena udara sehingga teroksidasi dan berubah menjadi gelap. Serta komedo putih yang mungkin terjadi karena penyumbatan folikel rambut.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ternyata Ini Perbedaan Komedo Hitam dan Putih

Menghilangkan komedo dengan vakum komedo

Karena dianggap mengganggu, sebagian orang berusaha menghilangkan komedo. Salah satu cara yang saat ini sedang banyak dicoba adalah menggunakan alat vakum komedo atau penyedot komedo.

Alat penyedot komedo adalah sebuah benda yang dibuat untuk memudahkan mengeluarkan komedo dari kulit. Tanpa perlu usaha banyak, kamu hanya perlu meletakkan alat penyedot komedo di atas kulit, dan alat itu yang akan mengeluarkan komedo, minyak dan kulit mati dari pori-pori.

Alat ini disebut-sebut dapat membersihkan kulit wajah dari berbagai komedo. Baik itu komedo hitam atau putih. Untuk mendapatkannya pun relatif mudah, karena saat ini sudah banyak dijual bebas.

Di Amerika, ada beberapa alat penyedot komedo yang hanya digunakan oleh teknisi berpengalaman dan mendapat persetujuan resmi dari badan pengawas obat dan makanan setempat.

Apakah alat penyedot komedo benar-benar aman dan efektif?

Dilansir dari Healthline, alat penyedot komedo aman dan dapat membantu membersihkan komedo yang sudah dilunakkan terlebih dahulu. Caranya dengan eksfoliasi dan penetrasi pori menggunakan uap, obat asam glikolat atau asam salisilat.

Jika komedo sudah lebih lunak, alat penyedot komedo dapat memberikan hasil yang lebih memuaskan. Namun kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Bisa saja pada orang lain, meski komedo sudah dibuat lebih lunak, tetap sulit dikeluarkan.

Hal tersebut ternyata juga disampaikan oleh Dana Rice, seorang ahli kecantikan di University of Utah, dilansir dari Health Care Utah. Menurutnya, alat penyedot komedo hanya akan berfungsi pada komedo yang sudah terbuka (komedo hitam).

Sementara membutuhkan bantuan obat terlebih dahulu jika ingin mengangkat komedo putih alias komedo yang terperangkap di lapisan kulit yang lebih dalam.

“Menggunakan uap terlebih dahulu atau menggunakan produk seperti asam salisilat dan asam glikolat dapat membantu menembus jauh ke dalam pori-pori dan membantu dalam proses menghilangkan komedo,” ucap Dana Rice.

Hasil yang berbeda jika membersihkan komedo di tenaga profesional

Satu lagi yang ditekankan oleh Dana Rice, menggunakan alat penyedot komedo di rumah, hasilnya tentu akan berbeda jika dibandingkan dengan perawatan profesional. Karena itu, Dana Rice merekomendasikan melakukan pembersihan komedo langsung kepada ahlinya.

Ia bahkan menganjurkan mencari tempat dengan peralatan yang sudah disetujui badan pengawas obat dan makanan Amerika atau FDA dan memiliki teknisi yang berpengalaman menggunakan alat tersebut. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.

Apa saja risiko dari penggunaan alat penyedot komedo?

Jika digunakan dengan tepat, tidak ada risiko yang harus dipertimbangkan. Tapi jika penggunaan alat ini terlalu berlebihan, kamu perlu memikirkan risiko terjadinya memar pada kulit.

Selain itu menggunakan alat hisap komedo secara berlebih juga dapat menyebabkan telangiektasis, atau yang disebut sebagai spider veins. Ini adalah kondisi saat pembuluh darah kecil (venula) menyebabkan garis atau pola merah seperti benang pada kulit.

Pola ini seringkali berkumpul satu titik, mirip seperti jaring laba-laba, karena itu disebut sebagai spider veins. Telangiektasis yang muncul umumnya membuat orang menganggap kemunculannya membuat mereka tidak menarik. Sehingga ingin menghilangkannya dari kulit.

Baca Juga: Patut Dicoba! Begini 9 Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Hidung

Untuk menghindari risiko, adakah cara lain untuk membersihkan komedo?

Jika yang kamu pikirkan adalah membersihkan komedo dengan memencetnya, sebaiknya hilangkan pikiran tersebut. Karena sangat tidak disarankan. Memencet komedo dengan tangan dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kemungkinan akan meninggalkan bekas luka.

Untuk itu, jika kamu ingin menghilangkan komedo, tapi tidak mau menggunakan alat penyedot komedo, berikut beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan.

  • Menggunakan pembersih topikal (oles) yang dijual bebas dengan kandungan asam salisilat. Kandungan tersebut dapat memecah sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori.
  • Melakukan eksfoliasi dengan beta hydroxy acid (BHA), seperti asam glikolat.
  • Mengoleskan produk pembersih kulit wajah yang dijual bebas, dengan kandungan retinoid.
  • Menggunakan masker berbahan kaolin atau bentonit, atau sering juga disebut clay mask atau masker tanah liat.
  • Cobalah untuk menggunakan produk wajah yang non-komedogenik
  • Rutin mencuci wajah setelah melakukan kegiatan yang membuatmu berkeringat.
  • Membersihkan riasan wajah sebelum tidur
  • Melakukan prosedur dengan dokter kulit, salah satunya peeling kimiawi
  • Bertemu dokter kulit untuk melakukan ekstraksi atau pemencetan komedo yang dilakukan secara profesional dan terjamin.

Demikian ulasan mengenai alat penyedot komedo yang sedang tren belakangan ini. Kamu ingin mencobanya atau masih ragu? Kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terpercaya di Good Doctor.

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 17 Desember 2020
Using a Blackhead Vacuum to Clean Your Pores
Healthline, diakses 17 Desember 2020
Telangiectasia (Spider Veins)
Medical News Today, diakses 17 Desember 2020
How do I get rid of blackheads safely?
Medical News Today, diakses 17 Desember 2020
What to know about comedonal acne
Healthcare.utah.edu, diakses 17 Desember 2020
Vaccum Your Pores?

    Berita Terkait
    register-docotr