Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Asal, Ini Tips Memilih Toner untuk Kulit Berminyak yang Tepat

May 23, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kamu yang memiliki jenis kulit berminyak tentu harus melakukan perawatan yang ekstra. Salah satunya dengan menggunakan toner untuk kulit berminyak. Jika salah dalam merawatnya justru kulit akan lebih banyak memproduksi minyak.

Beberapa faktor seperti perubahan cuaca, hormon atau bisa dari produk kecantikan yang salah dapat merusak kulit wajah. Agar kulitmu tetap sehat dan lebih cerah, yuk simak tips memilih toner untuk kulit berminyak.

Baca juga : 8 Manfaat Masker Telur Putih untuk Kulit Wajah

Keuntungan kulit berminyak

Dilansir dari American Academy of Dermatology, meskipun kulit berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peningkatan jerawat, namun kulit berminyak juga memiliki banyak manfaat.

Perlu kamu ketahui bahwa minyak dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Orang-orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki kulit lebih tebal dan lebih sedikit kerutan loh.

Namun hal paling utama yang harus dijaga adalah mencapai keseimbangan antara memiliki terlalu banyak minyak dan menjaga kelembapan alami kulit.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak tentu membutuhkan perawatan ekstra. Sangat disarankan bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak sebaiknya tidak asal pilih produk kecantikan.  

Memilih toner untuk kulit berminyak

Penting untuk diperhatikan dalam memilih toner, pastikan kamu pilih produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak ya.

Cara lainnya kamu juga bisa memilih toner yang karakteristiknya mendekati kulit berminyak, seperti kulit mengkilap, pori-pori besar hingga kulit berjerawat.

Sebaiknya bagi kamu yang memiliki kulit berminyak pilih produk toner yang mengandung asam alfa hidroksi atau AHA. Salah satu manfaatnya agar dapat meresap jauh hingga ke dalam pori-pori kulit.

Tentu saja ketika sudah melewati proses itu, AHA kemudian dapat membantu pengelupasan kulit secara efektif dan dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Setidaknya beberapa kandungan berikut yang harus diperhatikan ketika memilih toner untuk kulit berminyak:

Sari kelopak bunga mawar

Selain merawat kulit wajah, tentu saja kamu akan sangat senang bila aroma pada toner harum dan segar bukan? Nah begitu juga dengan sari kelopak bunga mawar yang memiliki manfaat lain selain memberikan aroma segar.

toner untuk kulit berminyak
Sari kelopak bunga mawar. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Ketika kamu menggunakan toner dengan kandungan ini, kotoran pada kulit wajah juga akan terangkat dengan baik, partikel polusi, serta produksi minyak berlebih.

Menjaga kelembapan

Memiliki jenis kulit berminyak bukan berarti kamu tidak harus menjaga kelembapan kulit loh. Justru, kulit berminyak membutuhkan hyaluronic acid. Tujuannya agar dapat menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan kulit dengan baik.

Witch Hazel, kandungan penting dalam toner untuk kulit berminyak

Penting untuk kamu ketahui bahwa witch hazel adalah kandungan paling penting dalam toner untuk kulit berminyak. Kandungan ini mampu membersihkan wajah dari debu dan polusi.

Tak hanya itu saja, memiliki wajah berminyak tentu membuat lapisan kulit lebih tebal tetap bersih. Kandungan ini mampu memberikan deep cleansing yang akan membersihkan sampai ke pori-pori terdalam.

Mengandung zink

Beberapa produk kecantikan memang biasanya menggunakan kandungan zink, salah satunya seperti toner. Begitu juga dengan produk-produk yang dikhususkan bagi jenis kulit berminyak dan berjerawat biasanya akan mengandung zink.

Menjaga kesehatan kulit. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Fungsi utama dari kandungan zink ialah membantu mengontrol produksi minyak atau sebum pada wajah. Oleh karena itu ketika toner yang kamu gunakan mengandung zink, kulitmu akan lebih lembap.

Baca Juga: Jangan Ditunda, Cara Mencegah Diabetes Ini Perlu Dicatat Anak Muda

Memilih toner untuk kulit berminyak, perhatikan kandungan alkoholnya

Fungsi utama toner digunakan memang untuk membersihkan sisa kotoran yang belum terangkat pada kulit wajah. Tak hanya itu saja, toner juga mampu menjaga kelembapan kulit dengan baik.

Namun tak banyak yang tahu bahwa toner yang mengandung alkohol justru harus dihindari apalagi bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.

pelembab wajah
Toner untuk kulit wajah berminyak. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Hal tersebut disebabkan karena toner yang mengandung alkohol bersifat mengeringkan kulit. Ini akan mengurangi kelembapan kulit pada saat proses pembersihan. Efeknya malah akan mengganggu keseimbangan produksi minyak pada kulit.

Tak hanya alkohol dalam pemilihan toner untuk kulit berminyak, ada beberapa bahan alami yang juga harus kamu hindari, misalnya kelapa dan mineral oil.

Bahan-bahan ini biasanya digunakan untuk merawat kulit kering. Sehingga, jika kamu tidak teliti dalam memilih toner dan menggunakannya, justru akan memperburuk kulit berminyak loh. Jadi harus tetap teliti ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. wellinsiders.com (2017) diakses 19 Mei 2020. How to Pick the Best Toner for Your Skin Type
  2. dermcollective.com (2019) diakses 19 Mei 2020. How to Choose the Best Toners for Oily Skin (And Use Them Efficiently)
  3. dermstore.com (2017) diakses 19 Mei 2020. What Is a Toner Used For? Plus, the Best Pick for Your Skin Type
  4. dermstore.com (2017) diakses 19 Mei 2020. These Are the 10 Best Toners for Oily and Combination Skin (and Why)
  5. aad.org (2020) diakses 19 Mei 2020. HOW TO CONTROL OILY SKIN
    register-docotr