Kulit & Perawatan Tubuh

Tips-tips Ampuh Kencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun

March 3, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Setelah berhasil menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, banyak orang mengkhawatirkan hal lain yaitu kendurnya kulit pada bagian-bagian tertentu.

Namun jangan panik, ikuti beberapa tips ini yuk untuk mengencangkan kulit kendur setelah berat badan turun!

Tips mengencangkan kulit kendur akibat berat badan turun

Kehilangan banyak berat badan adalah pencapaian mengesankan yang secara signifikan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit.

Namun, orang yang mengalami penurunan berat badan yang besar sering kali mengalami banyak kulit kendur. Kondisi ini bahkan dapat berdampak negatif pada penampilan serta kualitas hidup kualitas hidup.

Melansir penjelasan laman Healthline terdapat dua cara mengencangkan kulit kendur akibat berat badan turun yaitu dengan cara alami dan perawatan medis: 

Cara alami mengencangkan kulit kendur akibat berat badan turun

Apa saja cara-cara alami dan rumahan yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit kendur?

Lakukan latihan resistensi

Latihan resistensi ini adalah salah satu gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot dengan cara melakukan pergerakan melawan gaya yang berasal dari tubuh sendiri.

Melakukan latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otot menjadi salah satu cara paling efektif untuk membangun massa otot, baik pada orang dewasa muda maupun yang lebih tua.

Selain membantu membakar lebih banyak kalori, peningkatan massa otot juga dapat membantu memperbaiki tampilan kulit yang kendur.

Konsumsi kolagen

Kolagen hidrolisat sangat mirip dengan gelatin. Kandungan ini adalah bentuk olahan dari kolagen yang ditemukan di jaringan ikat hewan. 

Meskipun belum diuji pada orang dengan kulit kendur terkait dengan penurunan berat badan, namun dalam sebuah penelitian yang dilansir Healthline menunjukkan bahwa hidrolisat kolagen memiliki efek perlindungan pada kolagen kulit.

Konsumsi nutrisi agar kulit tetap sehat

Nutrisi tertentu yang penting untuk produksi kolagen dan komponen lain dari kulit yang sehat yaitu: 

  • Protein, sangat penting untuk kesehatan kulit, dan asam amino lisin serta prolin berperan langsung dalam produksi kolagen
  • Vitamin C, dibutuhkan untuk sintesis kolagen dan juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari
  • Asam lemak omega-3, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit
  • Air, menjaga terhidrasi dengan baik dapat meningkatkan penampilan kulit

Gunakan krim pengencang kulit

Banyak krim pengencang kulit yang sudah dijual bebas serta aman untuk digunakan, krim ini juga menjadi bagian penting dalam perawatan kulit kendur karena mengandung kolagen dan elastin.

Perawatan medis untuk mengencangkan kulit kendur

Selain cara rumahan, ada juga beberapa perawatan medis yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit kendur. Berikut ulasannya:

Melakukan operasi

Mereka yang telah kehilangan sejumlah besar berat badan, baik melalui operasi bariatrik atau metode penurunan berat badan lainnya, sering kali meminta operasi. Ini terutama untuk menghilangkan kulit berlebih yang membuat terlihat kendur. 

Dalam operasi pembentukan tubuh, sayatan besar dibuat, kulit serta lemak berlebih akan dibuang. Sayatan dijahit dengan jahitan halus untuk meminimalkan jaringan parut pada kulit. 

Operasi pembentukan tubuh khusus meliputi:

  • Abdominoplasty (tummy tuck): Pengangkatan kulit dari perut
  • Pengencangan tubuh bagian bawah: Pengangkatan kulit dari perut, bokong, pinggul, dan paha
  • Pengencangan tubuh bagian atas: Pengangkatan kulit dari payudara dan punggung
  • Pengencangan paha medial: Pengangkatan kulit dari paha bagian dalam dan luar
  • Brachioplasty (pengencangan lengan): Pengangkatan kulit dari lengan atas

Beberapa operasi biasanya dilakukan pada bagian tubuh yang berbeda selama rentang satu hingga dua tahun setelah penurunan berat badan yang besar.

Operasi pembentukan tubuh biasanya membutuhkan rawat inap di rumah sakit selama satu hingga empat hari, dengan masa pemulihan di rumah sekitar dua hingga empat pekan.

Meskipun demikian, sebagian besar penelitian telah menemukan bahwa operasi pembentukan tubuh meningkatkan kualitas hidup pada orang yang sebelumnya mengalami obesitas. 

Baca juga: Sering Tumbuh di Lipatan Kulit, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Skin Tag

Apa penyebab kulit kendur setelah berat badan turun?

Kulit adalah organ terbesar di tubuh dan membentuk pelindung terhadap lingkungan. Lapisan paling dalam dari kulit terdiri dari protein, termasuk kolagen dan elastin. 

Kolagen, yang membentuk 80 persen struktur kulit, memberikan kekencangan dan kekuatan. Sementara elastin memberikan elastisitas dan membantu kulit tetap kencang.

Selama penambahan berat badan, kulit mengembang untuk memberi ruang bagi peningkatan pertumbuhan di perut dan bagian tubuh lainnya. 

Ketika kulit telah meregang secara signifikan dan tetap seperti itu untuk jangka waktu yang lama, serat kolagen dan elastin menjadi rusak. Akibatnya, mereka kehilangan sebagian kemampuannya untuk menarik kembali. 

Nah, saat seseorang kehilangan banyak berat badan, kulit berlebih menggantung dari tubuh. Secara umum, semakin besar penurunan berat badan, semakin jelas efek kulit kendurnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2016) diakses pada 2 Maret 2021. How to Tighten Loose Skin After Losing Weight 
  2. Menshealth.com (2020) diakses pada 2 Maret 2021. Here’s How to Tighten Loose Skin After Weight Loss, According to Doctors 
    register-docotr