Info Sehat

3 Dampak Buruk akibat Saling Meminjam Earphone, Apa Saja?

March 3, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bagi sebagian orang, earphone adalah benda wajib yang harus dibawa ke mana pun pergi. Namun, tak sedikit yang mempunyai kebiasaan saling meminjam benda kecil itu. Sayangnya, menggunakan earphone yang sama secara bergantian ternyata bisa memberi dampak buruk, lho.

Lantas, apa saja efek yang bisa ditimbulkan akibat saling meminjam earphone? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: 6 Gejala Awal Gangguan Pendengaran akibat Sering Memakai Headset

Bahaya saling meminjam earphone

Earphone bisa menjadi medium penularan berbagai penyakit, terutama infeksi yang dari bakteri, jamur, bahkan virus. Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan saling meminjam earphone:

1. Infeksi bakteri

Kotoran telinga atau yang disebut dengan serumen tidak hanya lengket dan berbau tak sedap, tapi juga dipenuhi oleh bakteri. Menurut sebuah studi yang terbit di Journal of Health and Allied Sciences, penggunaan earphone dapat meningkatkan jumlah bakteri di liang telinga.

Bakteri itu tidak hanya berada di telinga, tapi juga bisa menempel pada benda di sekitarnya, dalam hal ini adalah earphone. Bakteri dapat bermigrasi ke telinga orang lain saat earphone itu digunakan secara bergantian.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan, setidaknya ada dua jenis bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi di telinga bagian tengah, yaitu Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae.

Berdasarkan penjelasan Dr. Abbas Anwar, ahli telinga hidung tenggorok (THT) asal California, seperti dikutip dari The Healthy, infeksi juga bisa menyebabkan lecet di telinga bagian luar, terutama jika dipakai dalam waktu yang sangat lama atau ketika sedang tidur.

Lecet yang kemudian berkembang menjadi luka terbuka dapat mengundang lebih banyak bakteri untuk masuk ke telinga. Hal tersebut bisa meningkatkan infeksi telinga yang menyakitkan, seperti otitis eksterna.

2. Penyebaran jamur

Selain bakteri, jamur juga bisa hidup di telinga dan berkembang biak menjadi banyak. Seperti diketahui, jamur sangat menyukai tempat yang gelap dan lembap, termasuk liang telinga. Penggunaan earphone secara bergantian bisa membuat jamur itu berpindah ke orang lain.

Ada banyak penyakit pada telinga yang disebabkan oleh jamur, salah satunya adalah swimmer’s ear, diawali dengan gatal-gatal, lau berkembang menjadi nyeri hingga adanya cairan yang keluar.

Menurut Dr. Julia Richards dari Novant Health Amerika Serikat, swimmer’s ear dapat bertahan hingga tiga minggu dan bisa berdampak pada seluruh bagian telinga. Kondisi itu bisa menyebabkan pembengkakan, kemerahan, hingga rasa sakit tak tertahankan di telinga bagian luar.

Baca juga: 10 Warna Kotoran Telinga dan Artinya bagi Kesehatan

3. Penularan virus

Penggunaan earphone yang sama oleh lebih dari satu orang secara bergantian ternyata bisa meningkatkan risiko penularan virus, lho. Menurut sebuah penelitian, seperti dikutip dari Express, headphone bisa menjadi medium penyebaran virus Corona yang jarang disadari.

Studi lain pada 2020 juga menyebutkan, SARS-CoV-2 bisa menempel di permukaan benda selama beberapa hari. Rentang waktunya berbeda-beda, tergantung dari jenis benda dan terbuat dari bahan apa.

Tips membersihkan earphone

Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan earphone dan tidak menggunakannya secara bergantian dengan orang lain. Berikut tips membersihkan earphone yang bisa kamu lakukan:

  • Bersihkan bantalan telinga dan ujung earphone secara teratur menggunakan kain yang telah dibasahi air dan sabun. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu.
  • Selain sabun, kamu juga bisa menggunakan disinfektan seperti produk yang mengandung alkohol.
  • Gunakan sikat kecil dengan bulu halus untuk membersihkan bagian dalam earphone. Tujuannya, agar semua kotoran yang menumpuk di dalamnya hilang.
  • Jika digunakan saat berolahraga, bersihkan langsung keringat yang menempel dengan kain bersih.
  • Simpan earphone di dalam tas atau wadah khusus saat tidak digunakan.
  • Bersihkan wadah yang dipakai untuk menyimpan earphone agar kuman hilang dan tak mengontaminasi sebelum dipakai kembali.
  • Jangan simpan earphone dalam keadaan basah, baik karena keringat maupun setelah dicuci. Bersihkan lebih dulu, lalu biarkan mengering dengan sendirinya sebelum disimpan.

Nah, itulah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan saling meminjam earphone. Selain tidak menggunakan secara bergantian, jangan lupa untuk selalu membersihkan earphone agar tak menjadi medium penularan bakteri, virus, dan jamur, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1.  The Healthy, diakses 2 Maret 2021, Here’s Why You Should Never, Ever Share Earbuds with Anyone.
  2. Research Gate, diakses 2 Maret 2021, A Comparative Analysis of Bacterial Growth with Earphone Use.
  3. Research Gate, diakses 2 Maret 2021, Aerosol and surface stability of HCoV-19 (SARS-CoV-2) compared to SARS-CoV-1.
  4. Express, diakses 2 Maret 2021, Coronavirus shock warning: Your headphones can transmit COVID-19.
  5. Novant Health, diakses 2 Maret 2021, Why earbuds can increase the chances of swimmer’s ear.
  6. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diakses 2 Maret 2021, Ear infection.
    register-docotr