Info Sehat

Bahaya Memakai Earphone saat Berolahraga, Ini Alasan dan Fakta Pentingnya!

March 3, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Berolahraga sambil mendengarkan musik lewat earphone sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang hingga saat ini. Namun, berhati-hatilah ketika kamu memutuskan untuk berolahraga menggunakan earphone.

Ternyata hal tersebut tidak baik bagi kesehatan serta kebersihan telinga. Simak penjelasannya yuk. 

Bahaya memakai earphone saat berolahraga

Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan semangat kamu selama berolahraga, penggunaan earphone dapat mengganggu pendengaran dan keselamatan diri kamu sendiri. 

Berikut ini beberapa dampak apabila kamu memakai earphone sambil berolahraga: 

Mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran 

Pada saat awal-awal memakai earphone ketika berolahraga memang tidak akan memengaruhi keseimbangan, tetapi seiring waktu, musik yang keras dapat menyebabkan masalah dengan sistem vestibular di telinga bagian dalam, hal tersebut pun akan mempengaruhi keseimbangan.

Apabila keseimbangan yang terganggu, olahraga seperti berlari atau bersepeda bisa menjadi berbahaya, terutama jika kamu berolahraga di area yang padat lalu lintas. 

Hal tersebut menjadi berbahaya karena dengan adanya gangguan keseimbangan dapat membuat tubuh jatuh dan melukai diri sendiri. Selain itu, kamu juga dapat merusak pendengaran apabila rutin mendengarkan musik melalui earphone apalagi dalam waktu lama.

Membuat tidak peka dengan suara di sekitar saat berolahraga

Berolahraga dengan memakai earphone dapat menenggelamkan suara kendaraan atau pejalan kaki yang melaju dan membuat kamu berisiko mengalami kecelakaan. 

Alternatif lain apabila kamu benar-benar tidak dapat berlari tanpa musik, pertahankan volumenya rendah dan waspadai lingkungan sekitar. Terutama saat melintasi jalan yang padat lalu lintas atau berlari di trotoar yang padat.

Membatasi gerakan saat berolahraga

Ketika kamu ingin berolahraga dengan earphone, tetapi panjang kabel tidak sesuai hal itu justru akan menimbulkan gerakan yang tidak nyaman.

Pertimbangkan untuk membeli earphone nirkabel atau pastikan panjang kabelnya pas jika kamu tidak dapat berolahraga tanpa musik.

Meningkatkan risiko infeksi pada telinga

Earphone bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Malaysian Journal of Medical Science, penggunaan earphone ketika berolahraga dapat menimbulkan masalah kebersihan telinga. Sebab, kotoran telinga yang menumpuk dan bakteri dapat menyebabkan infeksi.

Ketika berolahraga kamu akan mengeluarkan banyak keringat dan tanpa sadar ketika earphone yang kamu gunakan bercampur dengan keringat. Hal itu bisa menyebabkan infeksi atau bakteri semakin menyebar pada bagian telinga. 

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membersihkan earphone sesering mungkin, simpan dalam wadahnya sendiri, agar bakteri-bakteri dari benda lain tidak menyebar. 

Seberapa keras suara earphone yang aman untuk telinga? 

Perlu kamu ketahui bahwa saat menggunakan earphone, suara akan masuk langsung ke dalam telinga. Suara yang aman untuk didengar oleh telinga adalah suara di bawah 85dB, sedangkan sebagian besar earphone menghasilkan suara sampai 115 dB yang mana dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Untuk itu expert menyarankan untuk memastikan mendengarkan dengan aman, mendengarkan bunyi tidak lebih dari 85 dB dan tidak lebih dari 8 jam sehari.

Baca juga: olahragaAktivitas Fisik untuk Lansia 65 Tahun, Tidak Boleh Asal, Bisa Berakibat Fatal

Cara aman menggunakan earphone

Seringnya pengguna earphone tidak mengukur keluaran suara perangkat dengan pengukur desibel, jadi sebagai gantinya, aturan 60/60 adalah pedoman yang baik: Dengarkan musik yang kamu inginkan tidak lebih dari 60 menit sekaligus tanpa lebih dari 60 persen volume maksimum perangkat yang kamu miliki.

Selain itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan earphone yang kamu gunakan sehari hari. Jika, dalam penggunaannya kamu merasakan pusing, nyeri pada telinga, keluar cairan dari telinga dan kehilangan pendengaran dari satu atau kedua telinga, segera hubungi dokter ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthyhearing.com (2019) diakses pada 3 Maret 2021. How to prevent hearing loss from headphones or earbuds
  2. News24.com (2018) diakses pada 2 Maret 2021. 5 reasons you should not exercise with headphones
  3. Headphonesaddict.com (2020) diakses pada 3 Maret 2021. How To Prevent Hearing Loss From Headphones
    register-docotr