Kulit & Perawatan Tubuh

Tak Cuma Bikin Bugar, Ini Ragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

September 4, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Selain membuat tubuh tetap sehat bugar berolahraga juga bisa memberi manfaat positif pada kecantikan dan kesehatan kulit, lho.

Ya, berkeringat dapat memberi efek positif pada kesehatan dan kesejahteraan kamu secara keseluruhan dalam banyak hal. Jadi tidak terlalu mengherankan jika olahraga juga dapat memengaruhi kondisi kulit kamu.

Manfaat dari rutin berolahraga

Mengapa bisa olahraga pengaruhi kesehatan kulit? Pelajari bagaimana dampak olahraga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit di bawah ini, ya.

1. Peredaran darah lancar

Dengan meningkatkan aliran darah, olahraga membantu memelihara sel-sel kulit dan menjaganya tetap sehat.

Dokter kulit sekaligus penulis buku “Simple Skin Beauty: Every Woman’s Guide to a Lifetime of Healthy, Gorgeous Skin”, Ellen Marmur, mengonfirmasikan hal ini. Darah berperan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk kulit.

Meningkatnya detak jantung dan sirkulasi darah, dapat membantu mengirimkan oksigen dan nutrisi yang menjaga kesehatan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mempromosikan sel-sel kulit baru yang membuat kulit tampak bercahaya.

Selain menyediakan oksigen, aliran darah juga membantu membuang produk limbah, termasuk radikal bebas, dari sel-sel yang bekerja.

Baca Juga : Habis Olahraga kok Badan Malah Pegal-Pegal? Yuk Cari Tahu Apa Penyebabnya

2. Memberi efek penghilang stres

Olahraga teratur dikenal dapat meredakan stres dan memengaruhi kesehatan mental seseorang. Kondisi yang bisa membaik saat stres berkurang termasuk jerawat dan eksim.

Meskipun para peneliti masih menyelidiki hubungan antara stres dan kulit, penelitian menunjukkan bahwa kelenjar sebaceous, yang menghasilkan minyak di kulit, dipengaruhi oleh hormon stres.

Tentu saja olahraga teratur bisa membantu mengencangkan otot. Itu memang tidak berdampak langsung pada kulit. Tetapi otot yang lebih kencang pasti membantu kamu terlihat lebih baik secara keseluruhan.

3. Membuka pori-pori

Melansir Shape, Dr. Hale menyebut berkeringat saat berolahraga dan berkeringat maka pori-pori kulit akan terbuka dan melepaskan kotoran. Keringat ini ternyata berperan pada sistem kekebalan tubuh.

Keringat mengandung peptida antimikroba yang disebut dermcidin yang bertindak sebagai pertahanan pertama melawan bakteri berbahaya seperti E. coli dan Staphylococcus yang menempel di permukaan kulit, menunggu jalan masuk.

Namun setelah olahraga, kamu disarankan segera membersihkan diri dengan mandi dan cuci muka. Jika kamu berkeliaran dengan pakaian olahraga yang ketat dan berkeringat, bakteri alami dan jamur pada kulit justru dapat mulai berfermentasi.

Faktor penting yang harus diperhatikan

Berolahraga bisa berdampak positif dan juga sebaliknya pada kesehatan kulit. Maka ada baiknya kamu memperhatikan beberapa faktor di bawah ini agar mendapat manfaat positif olahraga terhadap kulit secara maksimal.

1. Jangan lupa gunakan sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya wajib hukumnya jika kamu berolahraga di luar ruangan. Begitu pula jika kamu berolahraga di dalam ruangan namun terkena paparan sinar matahari langsung.

Hindari kerusakan akibat sinar matahari dengan menggunakan tabir surya tahan keringat yang sempurna untuk berolahraga. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan gunakan kembali setelah 2 jam.

Untuk wajah, gunakan tabir surya yang berlabel ‘bebas minyak dan tahan air’ untuk mencegah tabir surya menyumbat pori-pori.

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Sunscreen Agar Kulit Sehat?

2. Jangan gunakan kosmetik saat berolahraga

Jika kamu berolahraga dengan riasan menempel di wajah, riasan tersebut justru bisa dapat menyumbat pori-pori dan mencegah pelepasan keringat yang pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat dan noda.

Sebelum berolahraga, hapus semua lapisan kosmetik dan bersihkan wajah untuk membantu mencegah berjerawat muncul pasca berolahraga.

Kamu bisa menggunakan sabun pembersih khusus wajah yang lembut atau micellar water.

3. Langsung mandi setelah olahraga

Meski kamu merasa tidak terlalu berkeringat setelah olahraga, kamu tetap disarankan untuk segera mandi dan ganti baju.

Saat keringat terlalu lama mengendap di tubuh, ia dapat menarik bakteri dan menyumbat pori-pori sehingga jika tidak dibilas dengan benar, dapat membuat seseorang lebih mudah berjerawat.

Demikian informasi tentang manfaat olahraga untuk kesehatan kulit. Ingat, tetap utamakan kebersihan kulit guna mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, ya!


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Insider. Diakses pada 1 September 2020. 10 ways working out can help — and hurt — your skin

WebMD. Diakses pada 1 September 2020. Exercise for Healthy Skin

Shape. Diakses pada 1 September 2020. The Benefits of Exercise for Your Skin

Eveyday Health. Diakses pada 1 September 2020. The Beauty Benefits of Exercise

    Berita Terkait
    register-docotr