Kulit & Perawatan Tubuh

Tak Boleh Asal Pilih, Ini Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

July 13, 2022 | Arianti Khairina
feature image

Ketika berbicara tentang pemakaian sunscreen, ternyata masih banyak orang yang menganggapnya sepele. Padahal sunscreen dapat melindungi dari kerusakan kulit ketika terpapar sinar matahari. Hanya saja pemakaiannya perlu disesuaikan dengan jenis kulit. Berikut ini penjelasan tentang sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Pentingnya pemakaian sunscreen 

sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat
Source: freepik.com/rawpixel.com

Melansir dari Times of India, sinar matahari adalah penyebab utama timbulnya kerutan pada kulit. Sehingga, apapun warna kulitmu, pemakaian sunscreen atau tabir surya itu adalah penting. Tujuannya tentu untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, dan meminimalkan risiko kanker serta penuaan dini.

Sunscreen ini sendiri mampu memberikan perlindungan pada kulit dengan cara menyerap atau memantulkan sinar matahari. Lalu, sunscreen yang bagus akan dinilai berdasarkan efektivitasnya oleh Sun Protection Factor atau yang lebih dikenal dengan sebutan SPF.

Nomor SPF suatu sunscreen dapat membantu menentukan berapa lama produk bisa melindungi kulit dan bertahan di bawah sinar matahari tanpa terbakar. 

Selain itu, kenali juga kondisi kulitmu sendiri. Pasalnya, setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, ada yang berminyak, berjerawat atau normal. Jika kamu mengetahuinya dengan pasti, maka pemakaian sunscreen pun dapat lebih maksimal dalam melindungi kulit.  

Lalu, seperti apa sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat? 

Pastikan kamu menggunakan produk sunscreen yang telah diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Bagi yang masih bingung dalam memilihnya, berikut ini sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat: 

  • Sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan.
  • Berlabel non-comedogenic, berarti sunscreen tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya noda pada kulit. 
  • Dapat secara aktif membantu mengatasi masalah kulit serta menawarkan perlindungan dari sinar matahari.
  • Telah diformulasikan secara khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat serta terbukti secara klinis dan dermatologis. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kemudian, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa beberapa kerusakan kulit dapat timbul akibat paparan sinar matahari, namun bagaimana jika berada di dalam rumah? Apakah pemakaian sunscreen masih dibutuhkan?

Pemakaian sunscreen saat berada di dalam rumah

sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat
Source: freepik.com

Umumnya, saat berada di dalam rumah kamu akan terlindungi dari paparan sinar matahari karena adanya kaca. Di mana kaca secara efektif dapat memblokir sebagian besar sinar ultraviolet (UV). Namun sayangnya, kaca ternyata tidak menghalangi seluruh sinar secara merata. 

Sinar UVA umumnya terkait dengan penuaan sel-sel kulit dan cenderung menjadi penyebab keriput, bintik matahari, serta tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya.

Kemudian sinar UVB, lebih kuat dan secara langsung dapat merusak DNA dalam sel-sel kulit. Sinar UVB juga menjadi penyebab utama kulit terbakar dan kanker.

Sedangkan, beberapa kaca yang  digunakan di jendela mobil, rumah dan kantor dirancang hanya untuk memblokir sinar UVB, tapi tidak mampu memberikan perlindungan dari sinar UVA. Sehingga, meskipun kamu berada di dalam ruangan, tetap berisiko terkena sinar UVA yang juga dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Jadi, sunscreen memang harus dipakai setiap hari pada kulit, meskipun kamu tidak sedang berada di bawah sinar matahari. Dalam kegiatan sehari-hari ketika berada di dalam ruangan pun, ada baiknya oleskan sunscreen pada area yang tidak tertutup pakaian, seperti wajah dan tangan.

Lalu, bagi kamu yang suka merias wajah, sunscreen tetap bisa diaplikasikan. Caranya cukup dengan memakai sunscreen di bawah riasan, ya. 

Baca juga: Kapan Pakai Sunscreen Agar Kulit Terlindung dari Sinar Matahari?

Pemakaian sunscreen saat pagi dan sore hari

Hingga saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa pemakaian sunscreen hanya dibutuhkan ketika pagi sampai siang hari saat paparan sinar matahari sangat menyengat. Namun kenyataannya, sinar ultraviolet matahari justru paling kuat antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. 

Jadi, pastikan kamu menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan selama waktu tersebut. Apabila ada kegiatan di luar ruangan, ada baiknya memakai sunscreen baik itu di pagi atau sore hari. Tentu tujuannya untuk melindungi dari efek buruk sinar matahari yang dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui info dan tips seputar pemakaian sunscreen lebih lengkap bisa langsung tonton Instagram Live kolaborasi Good Doctor dan Cetaphil di #GoodTalkSeries. Acaranya akan berlangsung pada hari Jumat, 15 Juli 2022 pukul 19.00-20.00 WIB atau kamu bisa langsung klik di sini. Pastikan kamu tidak ketinggalan, ya! 

sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat
Source: Good Doctor
Reference

Ehe.health (2020) diakses pada 13 Juli 2022. TOP 5 IMPORTANT REASONS YOU SHOULD ALWAYS WEAR SUNSCREEN

Fldscc.com (2021) diakses pada 13 Juli 2022. Do You Still Need to Wear Sunscreen When the Sun Isn’t Out?

Timesofindia.indiatimes.com (2021) diakses pada 13 Juli 2022. How often should you apply sunscreen when you’re at home?

Americanskin.org (2020) diakses pada 13 Juli 2022. Sun Safety

int.eucerin.com (2022) diakses pada 13 Juli 2022. Oily and acne-prone skin – Why does it need special sun protection?

    register-docotr