Kulit & Perawatan Tubuh

Bye-bye Jerawat! Begini Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

May 23, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak kadang bikin enggak nyaman dan enggak percaya diri. Ada beberapa orang yang memilih menghindari menggunakan sunscreen, karena bikin lengket di kulit. Nah, berikut ada beberapa tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak, simak yuk!

Tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak

Terkadang beberapa kandungan sunscreen bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan breakout bagi sebagian orang. Berikut cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak.

Berbahan dasar air

Sunscreen untuk kulit berminyak yang paling direkomendasikan dengan bahan dasar air. Suncreeen ini dapat memberikan efek matte yang tidak akan membuat kulit kamu tampak semakin berminyak. 

Selain itu, efek dari sunscreen yang berbahan dasar air ini dapat memberikan efek nyaman pada kulit dan jerawat yang meradang di muka.

Oil free dan non-comedogenic

Pilihlah sunscreen yang bersifat oil-free dan non-comedogenic. Sebab, kandungan minyak yang terlalu banyak serta bahan-bahan yang memicu timbulnya komedo akan sulit diserap oleh kulit kamu. 

Selain itu, dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat memicu munculnya jerawat. Sebaiknya kamu juga tidak memilih sunscreen yang mengandung banyak minyak atau parfum.

Baca juga: Agar Tak Iritasi, Begini 7 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

Tekstur ringan dan encer

Sebaiknya kamu hindari menggunakan sunscreen yang bertekstur kental seperti krim atau lotion kental. Carilah sunscreen yang tidak kental dan mudah dioleskan pada kulit.

Pilihlah sunscreen yang lebih encer dalam bentuk cairan, gel, atau semprotan. Jenis sunscreen ini sesuai untuk kulit berminyak karena mudah terserap tanpa harus menutup pori-pori.

Memiliki kandungan SPF 30-50

Paparan sinar UVA dapat merusak kulit yang menyebabkan penuaan dini bahkan pemicu kanker, sedangkan sinar UVB dapat membuat kulit kamu menjadi gelap dan kusam.

Pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30-50 agar dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB yang tidak baik untuk kulit kamu.

Tanpa wewangian (fragrance-free)

Pilihlah produk sunscreen yang tidak mengandung wewangian. Kandungan wewangian dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi kulit kamu. Apalagi bagi kulit berminyak dan berjerawat.

Kandungan tersebut dapat menimbulkan kemerahan, gatal-gatal, berjerawat, dan iritasi pada kulit.

Baca juga: Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami

Bahan alami pengganti sunscreen

Sunscreen sangat dibutuhkan untuk kulit kamu agar tetap sehat dan terhindarkan dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sunscreen.

Aloe vera

Lidah buaya dalam bentuk gel merupakan gel yang memiliki segudang manfaat, salah satunya sunscreen. Kandungan yang ada pada lidah buaya dapat melindungi kulit kamu dari sinat UV yang berbahaya, lho.

Caranya mudah, kamu tinggal mencampur gel lidah buaya sebanyak 10 sendok dan dicampurkan dengan 4 tetes minyak cengkeh, 7 tetes minyak peppermint.

Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga sangat baik untuk kulit kamu loh, termasuk dapat dijadikan sunscreen untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV.

Caranya mudah, campurkanlah 1 buah wortel yang telah dihaluskan dengan 5 sendok minyak zaitun, 2 sendok air lemon, dan 3 sendok madu. Aduk hingga rata dan bisa digunakan selama 30 menit.

Alpukat dan minyak kelapa

Kedua bahan ini dapat dijadikan sunblock karena kandungan yang ada di dalamnya mampu melindungi kulit dari sinar UV. 

Caranya, masukkanlah 3 sendok makan minyak alpukat murni dan 4 sendok minyak kelapa ke dalam wadah. Aduk hingga rata dan simpanlah ke dalam kulkas dan gunakanlah secara rutin.

Minyak zaitun

Minyak yang memiliki segudang manfaat ini bisa kamu jadikan pengganti sunscreen. Minyak ini sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar UV. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan juga bisa mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jadi, sekarang kamu jangan sampai salah dan sembarangan lagi menggunakan sunscreen untuk kulit yang berminyak ya. Jangan sampai kulit kamu menjadi rusak karena kamu tidak mengetahui cara menggunakannya.

Sebaiknya sebelum kamu membeli produk sunscreen, kamu harus memperhatikan kandungan-kandungan yang ada di dalamnya.

Sesuaikanlah dengan jenis kulit kamu agar penggunaannya dapat memberikan manfaat yang maksimal. Sayangilah kulitmu agar tetap sehat dan cantik!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. dermaessentia.com (2019) diakses 19 Mei 2020. How To Choose Sunscreen According To Your Skin Type?. 19 Mei 2020 pukul 22.00.
  2. hindustiantimes.com (2018) diakses 19 Mei 2020. Go natural: Try these homemade sunscreens that give you an extra layer of sun protection. 19 Mei 2020 pukul 22.15.
  3. healthline.com (2019) diakses 19 Mei 2020. Is It Possible to Make a Safe and Effective Sunscreen from Scratch?. 19 Mei 2020 pukul 22.30.
    Berita Terkait
    register-docotr