Kulit & Perawatan Tubuh

Sering Gonta-Ganti Skincare, Apakah Berbahaya bagi Kulit?

October 17, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Merawat kulit wajah tentu sudah menjadi keharusan bagi setiap orang. Saat ini sudah banyak produk perawatan wajah atau skincare yang dijual di pasaran. Mulai dari buatan lokal hingga produk buatan luar negeri. Tidak heran sebagian orang seringkali membeli banyak skincare dan berganti produk.

Namun, seperti yang kita ketahui, setiap produk skincare punya kandungan tersendiri dan cara pemakaiannya dapat berbeda. Lantas jika sering berganti skincare, apakah kulit menjadi semakin bagus atau justru membahayakan? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini. 

Apakah sering gonta-ganti skincare berbahaya? 

Terlalu sering berganti skincare ternyata tidak baik untuk kulit. Hasil skincare yang maksimal biasanya dapat memakan waktu mingguan hingga bulanan. Terutama seperti produk retinol atau asam hidroksi.

Ketika kamu sering mengganti produk skincare, proses perawatannya justru bisa terhambat dan kamu akan sulit menemukan hasilnya. 

Beralih dari satu produk ke produk skincare lain dengan bahan aktif sejenis juga tidak disarankan. Bila kamu melakukannya, kamu akan kesulitan menemukan produk mana yang sebenarnya bekerja di kulitmu. 

Baca juga: 7 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kecantikan: Kencangkan Kulit hingga Samarkan Kerutan  

Apakah gonta-ganti skincare menyebabkan jerawat?

Beberapa orang mengalami iritasi atau jerawat saat sering berganti skincare, tetapi pergantian skincare ini tidak bisa 100 persen dijadikan alasan munculnya jerawat. Ketika kulit mengalami iritasi, risiko jerawat yang lebih parah bisa mengancam nantinya. 

Namun, produk skincare tertentu juga ada yang memberikan efek purging misalnya retinol atau asam hidroksi. Purging ini adalah cara kulit membersihkan diri dari komedo, jerawat maupun kotoran.

Sehingga bila kamu baru beralih menggunakan retinol atau asam hidroksi kamu mungkin mengalami jerawat terlebih dahulu. 

Baca juga:Baking Soda Bukan Cuma Pengembang Kue, Tapi Kaya Manfaat untuk Kecantikan 

Menemukan skincare yang tepat 

Ketika berbicara soal skincare, yang perlu kamu perhatikan adalah kebutuhan kulit. Cari tahu tipe kulit serta masalah kulit apa yang sedang kamu alami karena skincare dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebutuhan kulit. 

Misalnya, pada bulan tertentu kulitmu terasa lebih kering atau lebih berminyak dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menemukan produk mana yang dapat memenuhi kebutuhan kulit. 

Di samping itu, ada beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi kebutuhan kulit atas skincare, misalnya: 

  • Perubahan cuaca . Cuaca dalam lingkungan adalah faktor besar dalam kesehatan kulit. Sehingga ketika kamu mengunjungi suatu tempat dengan perubahan musim yang drastis atau tempat dengan iklim yang berbeda, produk skincare-mu kemungkinan perlu diganti juga. 
  • Perubahan usia. Seiring dengan perubahan usia, kebutuhan skincare juga akan berbeda. Di samping itu, bagi wanita masa menjelang menopause juga bisa mengubah kebutuhan kulit. 
  • Mengalami perubahan hormonal. Ketika sedang hamil atau mencoba untuk hamil, pastinya para wanita menaruh perhatian pada produk skincare yang dikhususkan bagi ibu hamil. 
  • Baru-baru ini melakukan rutinitas olahraga baru. Bila kamu secara rutin berolahraga, produk skincare juga perlu mengalami penyesuaian. Kegiatan seperti naik gunung, terpapar sinar matahari dan sebagainya membutuhkan perlindungan dari skincare yang tepat. 
  • Kulit bereaksi. Bila kulitmu termasuk sensitif kamu perlu waspada dengan produk yang digunakan. Bila ada reaksi alergi atau efek samping lainnya yang tidak nyaman, segeralah hentikan penggunaan skincare tersebut. 

Tips untuk mencoba skincare baru 

Bila kamu ingin menambahkan produk skincare lain dalam perawatanmu, lakukanlah secara perlahan.

Coba untuk gunakan satu produk terlebih dahulu dan lihat hasilnya setidaknya untuk satu minggu. Proses pergantian skincare harus dilakukan secara perlahan terutama bila kamu memiliki kulit sensitif.

Sebagian produk skincare mungkin menawarkan perubahan drastis, sedangkan sebagian lainnya tidak. Ketika kamu memiliki produk yang tidak terlalu memberikan efek yang cepat atau perubahan yang drastis, kamu tidak perlu langsung menghentikannya. 

Selagi produk skincare tidak menimbulkan masalah, kamu tetap bisa menggunakannya. Proses menemukan produk skincare yang tepat mungkin tidak akan instan, tapi kamu perlu berhati-hati agar masalah kulit tidak semakin bertambah parah. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr