Kulit & Perawatan Tubuh

9 Penyebab Kelopak Mata Hitam yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

April 18, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang bisa memengaruhi penampilan. Perubahan warna menjadi gelap di area kelopak mungkin dapat menurunkan rasa percaya diri. Penting untuk mengetahui penyebab kelopak mata hitam agar kamu mudah mengatasinya.

Lantas, apa saja hal yang bisa membuat kelopak mata terlihat menjadi lebih gelap? Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: 5 Penyebab Benjolan di Kelopak Mata & Cara Mengatasinya

Penyebab kelopak mata hitam

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kelopak mata hitam. Mulai dari pola hidup tidak sehat, faktor genetik, hingga gejala dari gangguan di sekitar mata. Berikut sembilan penyebab penggelapan pada kelopak mata yang perlu kamu tahu:

1. Pola hidup dan faktor lingkungan

Menurut sebuah studi klinis, kelopak mata menghitam bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Mulai dari kualitas tidur yang buruk, tekanan pikiran, penyalahgunaan alkohol, hingga kebiasaan merokok. Paparan atau radiasi ultraviolet juga dipercaya bisa memicu kondisi serupa.

2. Faktor kehamilan

Selama kehamilan, wanita lebih mungkin untuk mengalami perubahan warna pada kulit di beberapa bagian tubuh, termasuk kelopak mata. Melasma adalah kondisi yang paling umum, yaitu keadaan saat kulit mengalami hiperpigmentasi menjadi cokelat atau abu-abu.

Bercak akan muncul di kelopak, menyebabkan area tersebut tampak lebih gelap. Terjadi peningkatan melanin, zat pigmen yang diproduksi sel kulit. Beberapa kalangan berpendapat bahwa melasma mungkin muncul selama kehamilan karena perubahan kadar hormonal.

3. Faktor genetik

Menurut sebuah penelitian yang terbit di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, faktor genetik bisa menjadi penyebab kelopak mata hitam. Kondisinya mungkin memengaruhi beberapa anggota dalam satu keluarga.

Kelopak mata biasanya sudah mengalami perubahan warna menjadi gelap saat masa kanak-kanak, dan berlanjut makin menghitam seiring bertambahnya usia. Keadaan tersebut terkadang bisa memburuk ketika sedang stres.

4. Efek peradangan

Peradangan bisa menjadi penyebab kelopak mata hitam. Eksim kronis dan reaksi alergi misalnya, dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi hingga membuat area di sekitar mata menjadi lebih gelap.

Kondisi itu mungkin bisa bertambah buruk ketika kamu mencoba menggosok dan menggaruknya. Di waktu yang sama, penumpukan cairan akibat reaksi alergi juga bisa semakin membuat kelopak mata menghitam.

5. Melanositosis dermal

Melanosit merupakan sel pada kulit yang bisa memproduksi melanin, yaitu zat pigmen pemberi warna. Orang dengan kondisi melanositosis dermal mungkin mengalami peningkatan kadar melanosit di lapisan kulit bernama dermis, hingga akhirnya kelopak menjadi tampak lebih gelap.

Secara umum, seseorang dengan melanositosis dermal mempunyai bercak abu-abu atau kebiruan di kelopak. Keadaan itu bisa disebabkan oleh faktor bawaan atau pemicu lain seperti paparan sinar matahari, perubahan hormonal saat hamil, dan eksim kronis.

6. Faktor pembuluh darah

Penipisan kulit dan adanya pembuluh darah di sekitar organ penglihatan bisa menjadi penyebab kelopak mata menghitam. Kondisi itu disebut dengan peningkatan vaskularisasi.

Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan dengan meregangkan kulit kelopak secara manual, melihat apakah ada peningkatan jumlah pembuluh darah. Jika pemicunya adalah hal tersebut, maka warna kulit tidak akan pudar atau memucat saat kulit diregangkan.

7. Efek samping obat

Beberapa obat ternyata bisa menjadi penyebab kelopak mata hitam, lho. Dikutip dari Medical News Today, penggelapan kelopak dapat terjadi akibat efek samping dari prostaglandin analog (latanoprost dan bimatoprost), obat yang biasa dipakai untuk mengatasi glaukoma.

Obat tersebut bisa menyebabkan perubahan warna kelopak menjadi lebih gelap setelah tiga hingga enam bulan pemakaian. Tak perlu khawatir, kondisinya akan berangsur membaik saat kamu berhenti menggunakannya.

8. Faktor usia

Kelopak mata gelap bisa disebabkan oleh faktor usia. Seiring bertambahnya umur, seseorang dapat memiliki palung air mata (tear troughs), yaitu cekungan di area bawah mata dekat hidung. Tear troughs bisa muncul akibat hilangnya lemak dan penipisan kulit di area itu.

Baca juga: Mengenal 10 Penyakit pada Mata, Katarak hingga Degenerasi Makula

9. Bengkak di sekitar mata

Pembengkakan bisa menjadi penyebab kelopak mata hitam. Dikutip dari WebMD, pembengkakan kelopak atau area di sekitarnya dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti:

  • Alergi
  • Peradangan (blefaritis)
  • Konjungtivitis
  • Herpes zoster
  • Penyumbatan kelenjar minyak (chalazion)
  • Bintitan
  • Infeksi di sekitar rongga mata (selulitis orbital)
  • Gangguan tiroid

Nah, itulah sembilan penyebab kelopak mata hitam yang perlu kamu ketahui. Meski pada umumnya tidak membahayakan, penggelapan kelopak bisa memengaruhi penampilan. Jadi, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Medical News Today, diakses 9 April 2021, 9 causes of dark eyelids.
  2. WebMD, diakses 9 April 2021, Swollen Eyelid.
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 9 April 2021, Periorbital Hyperpigmentation: A Comprehensive Review.

    register-docotr