Kulit & Perawatan Tubuh

Pilihan Obat Alergi Gatal dari yang Alami hingga Medis, Apa Saja?

August 25, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Merasakan gatal yang membuat kita terus menggaruk pasti sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini ada berbagai obat alergi gatal baik alami dan yang bisa kita dapatkan di apotek yang bisa jadi pilihan.

Baik obat alami atau apotek ini mengandung antinflamasi, yang dapat mengurangi rasa alergi gatal. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Alergi Udang Bisakah Dihilangkan? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Apa itu alergi

Alergi adalah respons sistem kekebalan tubuh kita terhadap bahan tertentu yang disebut alergen. Pada orang yang tidak memiliki alergi, alergen tidak akan memberikan reaksi.

Tapi, jika kamu menderita alergi, terkena alergen maka sistem kekebalan tubuh akan memberikan reaksi dengan mengeluarkan histamin.

Nah, histamin inilah yang membuat kamu merasakan gatal yang teramat sangat ketika alergi. Kulit gatal menimbulkan sensasi iritasi yang membuat kita terus ingin menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal. 

Cara mengatasi alergi

Ketika kamu mengalami alergi gatal, hal ini tentu membuat kamu merasa tidak nyaman. Menggaruk memang akan menghilangkan sensasi gatal, tapi jika kamu terus menerus menggaruk, kulit kamu juga akan terluka.

Untuk mengatasi rasa alergi gatal, ada beberapa obat alergi gatal baik itu alami atau juga yang bisa kamu temukan di apotek. Jika kamu belum tahu apa saja obat alergi gatal alami dan apotek yang bisa kamu pilih, berikut ini daftarnya untuk kamu:

Obat alergi gatal dengan bahan alami

Kamu bisa menghilangkan alergi gatal secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa didapatkan di rumah. Ada beberapa bahan rumahan alami yang terbukti bisa menjadi obat alergi gatal alami, yaitu:

1. Oatmeal

Oatmeal memiliki beragam sifat aktif biologis, termasuk komponen antioksidan dan antiinflamasi. Ini semua dapat membantu meredakan gatal akibat reaksi alergi pada kulit.

Cara populer untuk menggunakan oatmeal sebagai obat alergi gatal adalah dengan mandi bubuk oatmeal. Kamu bisa membuat bubuk oatmeal dengan cara menghaluskannya dengan blender.

Untuk mandi oatmeal, tambahkan 1 cangkir bubuk oatmeal ke dalam bak mandi yang sudah berisi air hangat. Campurkan secara menyeluruh oatmeal dalam bak mandi. Selanjutnya, berendamlah selama 15-20 menit. Setelah 20 menit, jangan lupa untuk bilas tubuh dengan air bersih.

2. Cuka apel

Jika kamu mengalami alergi gatal pada bagian kepala, cobalah untuk menggunakan cuka apel. Menurut National Psoriasis Foundation bisa meredakan rasa gatal pada kepala.

Cuka apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan orang selama ribuan tahun sebagai desinfektan dan antiseptik luka alami.

Cara menggunakannya, campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan rasio 1 banding 1. Oleskan larutan ke kulit kepala dan biarkan mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Tapi, ada hal yang perlu kamu perhatikan, cuka sari apel akan menimbulkan sensasi terbakar pada kulit dengan luka terbuka.

3. Peppermint

Kandungan menthol dalam peppermint dipercaya dapat meredakan alergi gatal terutama pada wanita hamil.

Hal ini berdasarkan penelitian pada 2012. Dalam penelitian ditemukan kesimpulan partisipan yang menggunakan minyak peppermint dengan kandungan menthol dua kali sehari selama 2 minggu, terbukti mengalami penurunan tingkat keparahan gatal.

Untuk menggunakan minyak peppermint, kamu bisa mencampurkannya dengan air sebelum dioleskan ke tubuh yang alergi gatal. 

4. Lidah buaya

Gel yang ada dalam lidah buaya telah banyak digunakan sebagai pengobatan alami karena mengandung antiinflamasi. Lidah buaya juga dapat mempercepat proses penyembuhan alergi dan menghilangkan rasa gatal. 

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengambil gel dari lidah buaya, oleskan pada bagian yang alergi, diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas. Kamu bisa menggunakan ini tiga kali sehari.

Baca Juga: Moms, Ini Beberapa Solusi untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Obat alergi gatal dari apotek

Selain pilihan obat alergi gatal alami, ada juga beberapa obat medis yang bisa kamu dapatkan di apotek, seperti berikut ini:

1. Antihistamin

Obat dengan antihistamin bisa menjadi pilihan kamu untuk mengatasi alergi gatal. Hal ini karena kandungan antihistamin dapat menghambat proses produksi histamin yang menjadi pemicu rasa gatal. 

Selain itu juga, antihistamin juga dapat meredakan reaksi alergi rhinitis dan juga konjungtivitis. 

Obat antihistamin tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan kapsul. Obat ini bisa menyebabkan kantuk, disarankan kamu meminum obat ini sebelum kamu tidur.

2. Kortikosteroid topikal 

Salah satu jenisnya adalah hydrocortisone. Obat ini tersedia dalam bentuk salep. Penggunaan salep yang mengandung hidrokortison dapat menghambat respons peradangan dalam tubuh dan dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan gatal. 

Sebelum menggunakan obat ini, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Obat ini juga tidak boleh digunakan untuk jangka waktu yang panjang, setelah alergi mereda hentikan pemakaian.

3. Antidepresan

Menurut beberapa penelitian, antidepresan mungkin bisa membantu mengatasi gatal juga. Beberapa obat ini menyebabkan pelepasan serotonin yang dapat mengendurkan reseptor di tubuh yang memicu gatal. Biasanya, penggunaan antidepresan pada alergi gatal yang kronis.

Itulah beberapa pilihan obat alergi gatal baik alami dan obat apotek. Untuk menghindari alergi gatal, kamu juga bisa mengoleskan pelembap untuk membuat kulit tidak kering, karena kulit kering bisa menyebabkan alergi gatal.

Biasanya alergi gatal akan membaik setelah tiga hari. Jika kamu masih mengalami alergi gatal setelah lebih dari tiga hari, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar obat alergi gatal? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. The 8 Best Remedies for Itching

Medical News Today (2020). Diakses pada 22 Agustus 2020. How to relieve itching

Verywell Health (2020). Diakses pada 22 Agustus 2020. How to Put a Stop to Itching

Web MD (2018). Diakses pada 22 Agustus 2020. Skin Allergies and Contact Dermatitis: The Basics

Medine Plus (2020). Diakses pada 22 Agustus 2020. Allergies

    register-docotr