Kulit & Perawatan Tubuh

Atasi Kulit Kering Bersisik dengan 8 Langkah Ini

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Debby K.A. Saputra
no-image

Mengatasi kulit kering bersisik bukan perkara mudah. Kondisi ini disebabkan karena kelembapan kulit yang berkurang. Penyebabnya bisa sangat beragam. Mulai dari kekurangan asupan cairan tubuh, salah memilih produk kecantikan, efek buruk sinar UV dll.

Kendati, kamu tidak perlu khawatir, berikut ada sejumlah cara untuk mengatasi kulit kering berisik.

1. Mandi air hangat

Jika merasa kulit begitu kering dan bersisik, coba gunakan air hangat untuk mandi. Air hangat membantu kulit melakukan relaksasi sehingga kelembapan kulit pun akan berproduksi.

Tapi, sebaiknya mandi air hangat jangan terlalu lama (tak lebih dari 5-10 menit). Selain mandi, kamu juga bisa mengompres kulit dengan air hangat lho.

2. Gunakan sabun pembersih

Beberapa sabun pembersih akan memberikan efek yang cukup keras, seperti kulit kering dan kencang pasca menggunakannya.

Gunakan sabun pembersih yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, sebab kandungan tersebut dapat menguras kelembapan kulit kamu. Pilih pula produk sabun yang bebas pewangi serta pewarna dan memiliki label moisturizing.

3. Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly dikenal sebagai pengunci kelembapan kulit. Untuk kulit kering, penggunaan bahan ini sangat direkomendasikan. Petroleum jelly akan bekerja sebagai humektan yang akan menyegel kelembapan ke dalam kulit.

Meskipun teksturnya lengket dan kental, namun kandungannya akan merasuk ke dalam kulit secara sempurna. Jika kamu kesulitan menemukan petroleum jelly, maka coba alternatif lain seperti minyak almon, zaitun, maupun minyak kelapa.

4. Berendam dengan susu

Susu murni mengandung beragam vitamin, lemak, dan asam laktat. Kandungan tersebut berfungsi sebagai pembersih wajah dan pengontrol kelembapan kulit. Jika kulit kering dan bersisik, cobalah rendam kulit dengan susu murni.

Kamu pun bisa menggunakan waslap untuk mengompres area kulit. Diamkan kulit yang telah diwaslap dengan susu selama 10 menit. Setelah itu, usap kulit dengan gerakan melingkar. Lakukan perawatan ini secara teratur agar kulit tidak kering lagi.

5. Gunakan masker wajah

Jika kamu mencoba perawatan dengan masker, sebaiknya hindari penggunaan peeling wajah yang teksturnya kasar. Pilih masker wajah yang bertekstur halus untuk mempertahankan kelembapan kulit.

cara mengatasi kulit wajah kusam
Dengan menggunakan masker alami. Foto: https://pixabay.com

Masker madu dapat dijadikan pilihan untuk mengatasi masalah kulit kering bersisik. Madu kaya akan vitamin E sehingga ampuh untuk merawat kelembapan wajah. Oleskan madu murni ke area wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

Setelah itu bilas dengan air bersih. Selain menggunakan madu. Kamu dapat menambahkan alpukat sebagai campuran. Alpukat sangat direkomendasikan untuk mengontrol kelembapan dan menghaluskan kulit.

6. Jangan lupakan tabir surya

Efek sinar UV juga salah satu penyebab kulit kering dan bersisik. Kamu dapat mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir surya. Tabir surya dengan SPF-30 akan sangat membantu kulit kamu dari bahaya sinar UV.

7. Lakukan pengobatan medis

Jika kondisi kulit kamu sangat kering, sebaiknya segera datang ke dokter spesialis kulit. Kamu akan mendapatkan resep berupa krim seperti modulator imun, kortikosteroid, dan sebagainya. Krim tersebut juga bekerja sebagai anti alergi.

Umumnya krim tersebut juga akan dikombinasikan dengan pelembab yang berfungsi menghilangkan gatal, kemerahan, serta pembengkakan akibat kulit kering.

8. Gunakan humidifier

Humidifier adalah alat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan ruangan. Udara dalam ruangan yang kelembapannya kurang bisa menyebabkan kulit kering. Menurut Harvard Medical School, kamu dapat mengatur kelembapan udara hingga 60 persen dengan alat ini.

Selain melakukan perawatan-perawatan di atas, pastikan asupan cairan tubuh tercukupi agar kelembapan kulit senantiasa terjaga.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD. Diakses 5 Oktober 2019. Dry Skin and What You Can Do About It

WebMD. Diakses 5 Oktober 2019. How Should You Take Care of Dry Skin?

    Berita Terkait
    register-docotr