Kehamilan

Terbukti Secara Medis, Inilah 6 Cara Cepat untuk Hamil

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Fahri Trisnaryan Pratama
no-image

Ingin konsultasi dengan dokter tentang program hamil? Silakan chat langsung dengan dokter kami di fitur Kesehatan di aplikasi Grab. Atau langsung klik di sini untuk chat dengan dokter.

Impian setiap pasangan muda adalah segera mendapatkan momongan. Hamil setelah menikah tentu akan menjadi kebahagiaan yang tak terkira, bukan? Untuk itu, mengetahui cara cepat hamil adalah langkah tepat yang perlu kamu tahu.

Nah, berikut adalah cara cepat hamil bagi pasangan muda untuk cepat mendapatkan momongan.

1. Berhubungan tepat waktu

Jika ingin segera hamil, maka kamu dan pasangan harus berhubungan intim di masa subur. Masa subur seorang wanita adalah sekitar 14 hari setelah hari pertama haid.

Pada waktu inilah, sebaiknya kamu dan pasangan melakukan hubungan intim sesering mungkin. Namun jangan pula melakukan beberapa kali hubungan intim dalam sehari karena dapat menyebabkan rasa sakit.

2. Menjaga gaya hidup sehat

Tak hanya sekedar untuk menjaga kesehatan saja, menjaga gaya hidup sehat juga sangat membantu untuk mempercepat proses kehamilan. Adapun beberapa aktivitas dalam gaya hidup sehat yang harus kamu terapkan adalah sebagai berikut:

  • Olahraga secara teratur.
  • Menjaga berat badan.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi.
  • Menghindari makanan cepat saji.

Dengan tubuh yang sehat, sel telur akan lebih mudah diproduksi karena seluruh hormon dapat bekerja dengan baik. Rahim juga akan lebih sehat dan kuat dalam menopang janin nantinya.

Namun tak hanya wanita, pria juga harus menjaga gaya hidup sehat agar kualitas spermanya juga terjaga dengan baik. Khusus untuk pria, sebaiknya jangan berendam di air panas dalam waktu yang lama karena suhu yang panas justru dapat membunuh sperma.

3. Perbanyak konsumsi asam folat

Selama melakukan perencanaan kehamilan, sebaiknya konsumsi asam folat sebanyak mungkin. Asam folat sangat baik untuk persiapan rahim dalam menyambut bayi dan meningkatkan perkembangan janin nantinya.

Asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, sereal, kacang hijau, dan lain-lain. Bagi kamu yang ingin segera hamil disarankan mengonsumsi setidaknya 400 mcg (mikrogram) asam folat setiap harinya.

4. Hindari kebiasaan buruk

Jika kamu dan pasangan serius untuk merencanakan kehamilan secepat mungkin, maka hindari seluruh kebiasaan buruk sebelum menikah. Misalnya saja merokok, minum minuman keras, begadang, serta kafein yang berlebihan.

Selain itu, sebaiknya perhatikan pula kebiasaan makan yang tidak baik untuk wanita hamil seperti makanan yang setengah matang karena berpotensi mengandung bakteri yang masih hidup di dalamnya.

5. Atur stres

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah mengatur stres. Seorang wanita memang sangat mudah stres. Namun jika kamu telah merencanakan kehamilan, aturlah emosi agar tidak mudah stres.

Lakukan beberapa kegiatan positif yang akan mengalihkan perhatian kamu dari sebuah masalah. Kamu juga bisa mengobrol dan berbagi cerita dengan sahabat terdekat kamu untuk meringankan beban pikiran.

Mengapa manajemen stres sangat penting? Hal ini dikarenakan beberapa hormon tidak dapat bekerja dengan baik ketika seseorang mengalami stres.

Kurangnya hormon dapat menyebabkan sulitnya menghasilkan sel telur dan sel sperma sehingga sangat penting untuk menjaga pikiran yang sehat selain tubuh yang sehat pula.

6. Cek kesehatan

Selalu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memantau kesehatan reproduksi. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan lebih mudah mengetahui cara terbaik agar cepat hamil. Kemungkinan adanya penyakit juga dapat dicegah dengan cepat.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

NHS UK (2018) diakses pada 25 September 2019. Trying to get pregnant.

American Pregnancy Association diakses pada 25 September 2019. How To Get Pregnant Naturally.

    Berita Terkait
    register-docotr