Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Ampuh Mencegah Rambut Rontok yang Bisa Kamu Terapkan

February 21, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Rambut rontok menjadi perhatian sebagian orang. Penuaan dan genetik sama-sama dapat menyebabkan kerontokan rambut. Agar rambut tetap sehat dan kuat, berikut ini beberapa cara mencegah rambut rontok. 

Cara mencegah rambut rontok 

Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein 

Sebuah studi pada 2017 seperti dilansir dari laman Medical News Today, menemukan bahwa beberapa partisipan penelitian yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah. 

Perlu kamu ketahui bahwa kekurangan nutrisi yang tepat jug dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Makanan yang kaya protein tersebut tersebut bisa diperoleh dari makanan tertentu, seperti telur, ikan, dan daging.

Konsumsi suplemen multivitamin

Vitamin juga ampuh dalam membantu mencegah kerontokan rambut. Sebuah tinjauan di Dermatology and Therapy telah meneliti peran berbagai vitamin dan mineral dalam mencegah kerontokan rambut. 

Kekurangan vitamin bisa menjadi faktor risiko rambut rontok. Beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut yaitu: 

  • Selenium
  • Vitamin B
  • Seng
  • Vitamin D
  • Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Bagi kamu yang ingin mengonsumsi suplemen multivitamin sangat dianjurkan untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu. Produk terbaik mengandung semua atau sebagian besar jumlah vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan dalam satu dosis.

Mencoba pijatan kulit kepala

Melakukan pijatan pada bagian kulit kepala seseorang selama 4 menit dalam setiap hari diakui dapat merangsang pertumbuhan rambut. Tentu saja cara itu dapat memperkuat helai rambut dan mengurangi terjadinya kerontokan. 

Menggunakan minyak kelapa untuk rambut rusak

Minyak kelapa dapat membantu mencegah kerontokan rambut akibat kerusakan sinar ultraviolet atau kebiasaan menggunakan perawatan rambut yang terbuat dari bahan-bahan kimia. 

Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala bisa memperkuat rambut dan menghindari kerontokan akibat kerusakan.

Gunakan sampo yang lembut dan cocok untuk rambut 

Tujuan adanya sampo untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Tetapi banyak sampo komersial mengandung bahan-bahan yang keras. 

Hanya setelah satu kali penggunaan, produk ini dapat menghilangkan minyak alami dan asam lemak alami rambut yang membuatnya kuat dan kenyal. Oleh sebab itu bacalah bahan-bahan sampo yang kamu pakai dan pilih yang lebih banyak mengandung bahan alami.

Gunakan sisir yang lembut

Menggunakan sisir lembut dengan serat alami akan meningkatkan kadar sebum atau minyak yang sehat pada rambut. 

Protein keratin pada rambut ditumpuk, jadi menyikatnya dengan lembut ke satu arah, mulai dari atas dan terus sampai ke ujung. Cara tersebut akan membantu menghaluskan dan mengondisikan kutikula rambut pada tingkat molekuler. 

Hindari stres

Seringkali diabaikan, ketika kamu mengalami stres hal itu bisa menjadi salah satu faktor risiko terjadinya rambut rontok.

Saat kamu mengalami stres berat, hormon-hormon di dalam tubuh akan mengalami perubahan sehingga dapat menimbulkan kerontokan rambut. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari dari stres berat yang akan memengaruhi kerontokan rambut. 

Baca juga: Jenis-jenis Makanan untuk Cegah Pertumbuhan Uban dan Jaga Kilau Rambut, Apa Saja?

Penyebab rambut rontok

Umumnya memang ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang sering terjadi: 

Kurangnya asupan gizi 

Kurangnya konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang baik dapat membuat helai rambut tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok. 

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet sebaiknya berhati-hati, karena diet yang ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kamu mungkin saja kekurangan zat zink dan protein yang dibutuhkan rambut.  

Perubahan hormon

Apabila sedang dalam masa kehamilan, persalinan, menopause dan gangguan tiroid bisa tentu saja hal itu akan menyebab adanya perubahan hormon di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kerontokan.

Efek samping konsumsi obat 

Bagi kamu yang sedang mengonsumsi beberapa obat-obatan hal itu bisa juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Contohnya, obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Pengaruh psikologis 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa stres dapat membuat rambut rontok. Oleh sebab itu kondisi psikologis seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat, akan menyebabkan rambut rontok. 

Namun, kerontokan karena kondisi psikologis tidak akan sampai membuat orang yang mengalaminya botak, dan bisa berkurang dengan sendirinya tanpa penanganan medis. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2020) diaskes pada 15 Februari 2021. How to treat hair loss
  2. Healthline.com (2018) diakses pada 15 Februari 2021. 10 Strategies to Prevent Hair Loss: In Men and Women, After Pregnancy, and During Chemo 
    register-docotr