Kulit & Perawatan Tubuh

Ampuh Angkat Sel Kulit Mati, Ini Manfaat Scrub Wajah dan Cara Pakainya

December 20, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pemakaian scrub tentu sudah tidak asing lagi bukan? Selain digunakan untuk kulit badan, ada juga scrub untuk wajah. Lalu apa saja sih manfaat scrub wajah?

Apa itu scrub wajah?

Dilansir dari Be Beautiful In, lulur yang dipakai untuk wajah yang berbeda dengan scrub untuk badan. Lulur untuk wajah memiliki kandungan bahan yang lebih lembut. Butiran scrub lebih halus dan tidak terasa sakit saat dipakai.

Oleh sebab itu, jangan pernah memakai scrub badan untuk wajah ya. Kemudian inilah beberapa manfaat scrub wajah seperti dilansir dari laman Healthline

Apa manfaat scrub wajah?

Jika dilakukan dengan benar, pengelupasan kulit Anda dengan scrub wajah mungkin menawarkan manfaat berikut:

Peningkatan sirkulasi

Merangsang permukaan kulit dapat meningkatkan aliran darah yang pada gilirannya juga dapat membantu membuat kulit lebih sehat.

Membuat kulit bersih 

Mencari cara mudah untuk menghilangkan semua kotoran dan minyak di wajah? Saat kamu menggosok wajah, scrub membantu membersihkan kulit secara mendalam dan membuka pori-pori yang tersumbat agar kulit terasa bersih dan segar. 

Melakukan scrub wajah dapat menghilangkan sel kulit mati dan minyak yang selama ini menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Mengangkat kulit mati 

Fungsi utama kulit adalah memberikan perlindungan, itulah sebabnya kulit terus-menerus terkena banyak faktor lingkungan. Ini menyebabkan penumpukan kulit mati. Scrubbing membantu mengangkat sel kulit mati untuk menampilkan kulit yang lebih sehat dan merata.

Dengan menghilangkan penumpukan sel kulit mati dan kotoran lainnya, kulit kamu dapat menyerap produk lain kecantikan dan perawatan dengan lebih efektif.

Membuat kulit  bersinar

Apabila kamu sering merias wajah secara rutin, kemungkinan besar kulit menjadi bersisik dan bahkan pada titik tertentu. Bagaimana kamu menghilangkannya?

Jawabannya cukup sederhana untuk ini adalah dengan melakukan scrub wajah. Pengelupasan kulit dengan lembut akan membuat kulit terlihat bersih dan segar. 

Seberapa sering harus menggunakan scrub wajah?

Meskipun ada banyak manfaat dari scrub wajah, tentu saja kamu tidak ingin membuat kulit terkelupas secara berlebihan bukan?

Jika kamu memiliki kulit berminyak, mungkin aman untuk melakukan eksfoliasi hingga tiga kali seminggu. Jika memiliki kulit sensitif, mudah berjerawat, atau kering, satu atau dua kali seminggu sudah cukup.

Cara menggunakan scrub wajah 

Perlu kamu ketahui bahwa pemakain scrub wajah juga tidak asal digosok ya, ada beberapa cara tepat yang aman apabila kamu ingin menggunakannya:

Gunakan produk scrub yang tepat 

Pastikan kamu memilih jenis produk dengan butiran halus demi kenyamanan kulit. Di sisi lain, kamu harus mencari scrub wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

Apabila kulit kering, maka kamu lebih cocok dengan scrub yang terbuat dari butiran madu, alfa hidroksi, atau beta hidroksi. Selain itu, bisa juga memilih berbahan aktif beras atau kopi yang memiliki antioksidan.

Basuh wajah dengan air hangat 

Sebaiknya kamu membersihkan wajah dengan air hangat terlebih dahulu sebelum melakukan scrub pada wajah. Fungsinya agar pori-pori wajah terbuka dan dapat mengeluarkan kotoran dari dalam kulit.

Jadi pada waktu eksfoliasi, kotoran, minyak berlebih dan sel kulit mati jadi lebih mudah terangkat. Selain membasuh dengan air hangat, pilihan lainnya kamu bisa mencoba dengan menguapi wajah menggunakan uap panas.

Pijat wajah 

Kemudian kamu ambil sedikit scrub dan usap ke seluruh wajah hingga bagian lehermu. Lalu gosokkan scrub dengan lembut dan gerakan memutar, yaitu gerakkan tangan memutar dari bawah ke atas searah jarum jam dan mengarah ke jantung yang tidak lebih dari 60 detik.

Dengan cara itu maka dapat mengencangkan kulit wajahmu lho. Sebaiknya pijat perlahan dan fokus pada bagian dahi maupun hidung yang biasanya muncul jerawat.

Bilas dengan air dingin

Perlu kamu ketahui jika tadi diawali dengan membasuh menggunakan air hangat, pastikan saat mengangkat sisa scrub yang ada di wajah kamu menggunakan air dingin ya. Hal itu agar lebih optimal, yaitu menutup kembali pori-pori dan kulit wajah terasa lebih menenangkan.

Tak hanya itu saja, mencuci wajah dengan air dingin akan memperlambat proses penuaan kulit dan membantu untuk mengatasi masalah kerutan di wajahmu.

Baca juga: Scrub dengan Gula atau Garam: Mana yang Lebih Efektif Membersihkan Wajah?

Lembapkan wajah

Sehabis membersihkan wajah dengan scrub, maka keringkan kulit wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih dan melanjutkannya dengan mengaplikasikan moisturizer. Penggunaan produk skincare tersebut bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit wajahmu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2020) diakses pada 8 Desember 2020. 4 Easy-to-Make Homemade Facial Scrubs
  2. Bebeautiful.in (2019) diakses pada 8 Desember 2020. SCRUBBING YOUR FACE HAS UMPTEEN BENEFITS, FIND OUT WHAT THEY ARE… 
    register-docotr