Kulit & Perawatan Tubuh

Manfaat Masker Mugwort untuk Kulit yang Tak Boleh Dilewatkan, Apa Saja?

January 27, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kulit sehat adalah impian dari banyak wanita. Nah, salah satu kandungan skincare yang tengah naik daun saat ini adalah mugwort. Ini dikarenakan manfaat masker mugwort untuk kulit tebukti sangat berlimpah.

Nah, agar kamu mengetahui apa saja manfaat masker mugwort untuk kesehatan kulit, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Selain Manfaat Hifu Wajah, Ketahui Pula Efek Samping serta Biayanya!

Apa itu mugwort?

Mugwort (Artemisia vulgaris L.) merupakan tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Tanaman ini berasal dari Eropa Utara dan Asia. Tanaman ini tumbuh setinggi 4 kaki, tetapi juga dapat tumbuh mencapai 6 kaki.

Karakteristik dari tanaman mugwort yakni batangnya yang berwarna cokelat kemerahan, serta memiliki aroma yang hampir mirip dengan tanaman sage. Mugwort sendiri telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.  

Meskipun demikian, mugwort juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan, di Korea mugwort dianggap sebagai tanaman herbal yang dapat membantu dalam penyembuhan karena sifat antibakteri, antijamur, serta komponenpelindung kulitnya.

Manfaat masker mugwort untuk kesehatan kulit

Menjadi primadona dalam kandungan skincare, tak ayal manfaat masker mugwort untuk kulit pun sangat beragam. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat masker mugwort untuk kulit yang perlu wajib untuk ketahui:

1. Mengurangi peradangan pada kulit

Bekat sifat menenangkan serta antiinflamasi yang dimilikinya, manfaat masker mugwort dapat membantu dalam menangani kulit kering serta iritasi pada kulit secara efektif. Di sisi lain, mugwort juga dapat meredakan kemerahan pada kulit.

Mugwort membantu mengatur aktivitas sel kekebalan dengan menargetkan sitokin dan makrofag pada jaringan. Sitokin sendiri diketahui berperan dalam mengaktifkan laju pertumbuhan sel kulit.

Ekstrak mugwort dapat mengurangi sitokin pro-inflamasi tertentu, sehingga dapat membantu menangani peradangan. Sedangkan, makrofag berperan penting dalam respons imun.

2. Melembapkan kulit

Manfaat masker mugwort lainnya adalah dapat melembapkan kulit. Ini berkat kandungan vitamin E di dalam mugwort. Vitamin E sendiri  merupakan nutrisi penting yang memiliki sifat antiinflamasi.

Vitamin E dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, fungsi sel, sekaligus menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu, vitamin E juga merupakan antioksidan, yang mana ini dapat membantu melawan radikal bebas.

Vitamin E dapat membantu kulit mempertahankan kelembapannya. Sebagai tambahan, mugwort juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan.

3. Membantu mencegah datangnya jerawat

Mugwort juga memiliki sifat antimikroba, sehingga ini dapat membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, virus, serta jamur.

Seperti diketahui, masalah kulit tertentu dapat disebabkan oleh bakteri, misalnya saja jerawat yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes penyebab peradangan. Infeksi bakteri juga dapat menghambat proses penyembuhan luka akibat jerawat.

Nah, mugwort bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan mikroorganisme tertentu, sehingga proses penyembuhan luka tidak terhambat dan proses regenerasi kulit pun dapat terjadi.

Pendapat ahli tentang manfaat mugwort pada jerawat

Uji klinis mugwort pada jerawat memang belum dilakukan. Akan tetapi, manfaat mugwort terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dan juga dapat membunuh bakteri.

Rachel Nazarian, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa kedua kombinasi manfaat mugwort tersebut berpotensi untuk mengobati jerawat. Demikian dikutip dari Allure.

Baca juga: Agar Kulit Sehat, Ini Ragam Penyebab Jerawat Batu yang Perlu Diperhatikan

4. Membantu menangani eksim

Nazarian juga mengatakan bahwa mugwort merupakan pengobatan yang efektif untuk kondisi kulit tertentu, seperti eksim (dermatitis atopik) dan psoriasis.

Perlu diketahui bahwa produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak mugwort dapat membantu mengurangi gejala kulit kering akibat dermatitis atopik. Penurunan produksi protein pelindung kulit, seperti filaggrin dan loricrin dikaitkan dengan kulit kering akibat dermatitis atopik.

Antioksidan pada mugwort merupakan ekstrak nabati kuat yang dapat membantu pengaturan filaggrin dan loricrin. Ini dapat membantu menangani kulit kering akibat eksim.  

5. Meningkatkan fungsi lapisan pelindung kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit kering dikaitkan dengan penurunan produksi protein pelindung kulit, yakni filaggrin dan loricrin.

Satu penelitian menunjukkan bahwa ekstrak mugwort dapat membantu mengatur filaggrin dan loricrin, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit.

Manfaat tanaman mugwort untuk kesehatan tubuh

Manfaat masker mugwort memang berlimpah. Tapi tak kalah dari masker mugwort, manfaat tanaman mugwort untuk kesehatan tubuh pun tenyata sangat banyak, lho!

Mengutip dari Very Well Health, berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman mugwort untuk kesehatan tubuh:

  • Mengatur siklus menstruasi
  • Menenangkan saraf
  • Bermanfaat untuk sistem pencernaan

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat masker mugwort, banyak sekali bukan? Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika kamu menggunakan skincare jangan lupa untuk selalu memerhatikan kandungan lain yang terdapat di dalamnya, ya.

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan kulit? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk bekronsultasi, ya!

Reference

Allure (2018). Diakses pada 19 Januari 2021. Why Mugwort Is the Trendy New Ingredient in Korean Skin Care 

Globinmed. Diakses pada 19 Januari 2021. Artemisia vulgaris 

Healthline (2018). Diakses pada 19 Januari 2021. Vitamin E and Your Skin, Friends Through Food 

Very Well Health (2020). Diakses pada 19 Januari 2021. The Health Benefits of Mugwort

Hirano, Akiko, Masashi Goto (2017). Antioxidant Artemisia princeps Extract Enhances the Expression of Filaggrin and Loricrin via the AHR/OVOL1 Pathway. NCBI (diakses pada 19 Januari 2021)

    register-docotr