Kanker Lain

Benarkah Kanker pada Anak Lebih Mudah Sembuh? Ini Penjelasannya

January 27, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selama ini kanker dikenal sebagai penyakit kronis yang sulit disembuhkan. Tak hanya orang dewasa, remaja dan anak-anak juga bisa terserang penyakit ini. Namun, kanker pada anak dan orang dewasa memiliki beberapa perbedaan.

Lantas, benarkah kasus kanker pada anak lebih mudah disembuhkan? Apa perbedaan kanker pada anak-anak dan orang dewasa? Berikut pembahasannya!

Kanker pada anak-anak

Kanker dimulai ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali dan menyebar ke area lain.

Melansir situs WHO, setidaknya ada 30 ribu anak usia 0 hingga 19 tahun yang didiagnosa terkena kanker setiap tahun.

Di negara maju, lebih dari 80 persen anak penderita kanker dapat disembuhkan dengan perawatan tertentu. Namun, di negara berpenghasilan rendah angka kesembuhan hanya mencapai 20 persen.

Baca Juga : Moms, Waspadai Penyebab dan Gejala Kanker Otak pada Anak Berikut

Apa perbedaan kanker pada anak dan orang dewasa?

Kanker anak tidak sama dengan kanker orang dewasa. Jenis kanker dan cara pengobatannya seringkali berbeda dengan kanker dewasa. Tubuh anak-anak dan cara mereka merespons perawatan juga unik.

Tidak seperti banyak kanker pada orang dewasa, kanker pada masa kanak-kanak tidak terkait erat dengan gaya hidup atau faktor risiko lingkungan.

Sementara, hanya ada sejumlah kecil kanker anak yang disebabkan oleh perubahan DNA (gen) yang diturunkan dari orang tua.

Jenis kanker yang banyak terjadi pada anak-anak

Jenis kanker yang berkembang pada anak-anak seringkali berbeda dengan jenis yang berkembang pada orang dewasa.

Kanker anak yang paling umum adalah:

  • Leukemia. Kanker yang paling umum pada anak-anak adalah leukemia limfositik akut (LLA).
  • Limfoma
  • Kanker otak
  • Pada remaja, osteosarcoma (kanker tulang

Meskipun kanker ini dapat terjadi pada orang dewasa, namun kasusnya jarang terjadi. Jenis kanker lain, seperti prostat, payudara, usus besar, dan paru-paru lebih mungkin terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak.

Baca Juga : Moms, Berikut Penyebab Kanker Darah pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Penyebab kanker pada anak

Penyebab pasti dari kanker anak lebih sulit untuk diketahui. Beberapa kanker terkait dengan perubahan gen (mutasi) tertentu yang diturunkan dari orang tua ke anak.

Pada beberapa anak, perubahan gen yang terjadi selama pertumbuhan awal dalam rahim meningkatkan risiko leukemia. Namun, tidak semua anak yang mengalami mutasi terkena kanker. Anak-anak yang lahir dengan down syndrome juga lebih mungkin terkena leukemia.

Tidak seperti kanker dewasa, kanker anak tidak terjadi karena pilihan gaya hidup, seperti pola makan dan merokok. Sulit untuk mempelajari kanker pada anak-anak karena kondisi-kondisi tersebut. 

Para ilmuwan telah melihat faktor risiko lain termasuk bahan kimia, racun, dan faktor dari ibu dan ayah. Namun, hasil penelitian ini masih belum jelas.

Benarkah kanker pada anak lebih mudah disembuhkan?

Melansir American Cancer Society, dengan beberapa pengecualian, kanker pada masa kanak-kanak cenderung merespons pengobatan tertentu dengan lebih baik.

Dalam banyak kasus, sel kanker pada anak-anak merespons pengobatan lebih baik dibandingkan dengan orang dewasa. Anak-anak seringkali dapat menangani obat kemo dosis tinggi untuk waktu yang lebih singkat sebelum efek samping terjadi.

Anak-anak tampaknya pulih lebih cepat dari perawatan dibandingkan dengan orang dewasa. Ini mungkin karena perbedaan kanker itu sendiri, dan juga karena anak-anak sering mendapatkan perawatan yang lebih intens.

Selain itu, anak-anak biasanya tidak memiliki banyak masalah kesehatan lain yang mungkin dialami orang dewasa penderita kanker, yang seringkali dapat menjadi lebih buruk dengan pengobatan.

Baca Juga : 7 Tips Mendampingi dan Merawat Anak dengan Kanker

Perawatan kanker anak

Anak-anak dengan kanker sebaiknya dirawat di rumah sakit atau pusat kesehatan yang secara khusus menangani kanker anak-anak.

Sebagian besar kanker pada masa kanak-kanak dapat disembuhkan dengan obat-obatan generik dan bentuk perawatan lain termasuk pembedahan serta radioterapi.

Perawatan untuk kanker anak-anak didasarkan pada jenis dan stadium (luasnya) kanker. Berikut beberapa jenis perawatan kanker untuk anak:

  • Operasi: mengangkat sel kanker atau tumor
  • Kemoterapi: menggunakan obat-obatan medis untuk membunuh sel kanker
  • Terapi radiasi: menggunakan energi radiasi untuk membunuh sel kanker
  • Transplantasi sumsum tulang (sel induk): menempatkan sel induk yang sehat ke dalam aliran darah sehingga mereka dapat membuat darah baru yang sehat, sumsum tulang, dan sel sistem kekebalan

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kanker anak? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WHO. Diakses pada 26 Januari 2021. Cancer in Children

Kids Health. Diakses pada 26 Januari 2021. Childhood Cancer

American Cancer Society. Diakses pada 26 Januari 2021. What Are the Differences Between Cancers in Adults and Children?

American Cancer Society. Diakses pada 26 Januari 2021. Treating Children with Cancer

Medline Plus. Diakses pada 26 Januari 2021. How childhood cancers are different from adult cancers

    register-docotr