Kulit & Perawatan Tubuh

Lidah Buaya Bisa Luruskan Rambut secara Alami? Ini Cara Pakainya!

February 5, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bagi sebagian orang, memiliki rambut bergelombang bisa mengganggu penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri. Alih-alih menggunakan treatment khusus, kamu dapat mengatasinya dengan bahan alami seperti lidah buaya.

Ya, lidah buaya bisa membantumu untuk meluruskan rambut yang bergelombang. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lidah buaya dan kandungannya

Lidah buaya adalah tanaman yang populer karena khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan sejak ratusan tahun lalu. Tanaman yang memiliki nama Latin Aloe barbadensis ini bertangkai pendek dan menyimpan air cukup banyak pada daun hijaunya yang runcing.

Industri kosmetik, farmasi, dan makanan memanfaatkan lidah buaya untuk banyak kegunaan. Bagian yang sering digunakan adalah lendir atau gel yang berada di dalam daun tanaman tersebut.

Bukan tanpa alasan, gel itu mengandung banyak senyawa bioaktif yang bermanfaat, termasuk vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan. Sama seperti kebanyakan tanaman lain, lidah buaya juga mempunyai antioksidan alami bernama polifenol.

Belum lagi, ada sifat antibakteri dan antivirus yang dibawanya. Tak heran jika tanaman ini sering digunakan dalam mengobati beberapa penyakit, selain untuk urusan kecantikan.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut: Cegah Kerontokan hingga Basmi Kutu

Lidah buaya untuk meluruskan rambut ?

Khasiat lidah buaya untuk kecantikan memang tak perlu diragukan lagi, salah satunya adalah untuk meluruskan rambut. Dikutip dari Health Shot, efek tersebut tak lepas dari sifat aloe vera yang melembapkan.

Gel lidah buaya dapat dengan mudah meresap ke dalam helai rambut dan memengaruhi tekstur serta kekuatannya. Ini akan memudahkanmu untuk membentuk rambut seperti yang diinginkan, termasuk meluruskannya.

Vitamin A, C, dan E pada aloe vera berkontribusi pada pergantian sel yang dapat menjaga kesehatan rambut. Belum lagi, vitamin B12 dan asam folat yang dimiliki dapat memperkuat setiap helainya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Dalam menggunakan lidah buaya untuk meluruskan rambut, kamu bisa langsung mengoleskannya pada tiap helai seperti saat sedang keramas. Namun, untuk hasil terbaik, kamu dapat menjadikan aloe vera sebagai masker rambut. Tanaman ini cocok untuk semua jenis rambut.

Agar memperoleh hasil maksimal, kombinasikan dengan bahan alami lain yang memang sudah terbukti dapat menjaga kesehatan rambut, misalnya, minyak kelapa.

Cara pemakaian

Dikutip dari Healthline, kombinasi lidah buaya dan minyak kelapa adalah gabungan sederhana yang cukup efektif untuk meluruskan dan mengurangi pembentukan rambut bergelombang atau keriting. Langkah-langkahnya meliputi:

  1. Persiapkan bahan-bahan: 2 sendok makan gel lidah buaya (bisa yang segar atau beli di toko) dan 1 sendok makan minyak kelapa murni (bersuhu ruang).
  2. Masukkan gel lidah buaya dan minyak kelapa ke dalam wadah kecil, lalu aduk hingga terbentuk seperti pasta.
  3. Oleskan pasta tersebut ke rambut menggunakan jari-jarimu. Memilah rambut menjadi beberapa bagian bisa mempermudah langkah ini.
  4. Mulailah mengoles pasta tersebut dari bagian tengah kepala, lalu berlanjut hingga ke ujung.
  5. Setelah selesai mengoleskan masker ke semua rambut, gunakan sisir bergigi renggang untuk meratakannya.
  6. Kemudian, tutupi rambut dengan plastik atau shower cap dan balut kepala dengan handuk agar masker tak menetes. Bekapan handuk bisa memberi efek panas yang melembapkan.
  7. Biarkan masker selama 30 menit hingga satu jam.
  8. Setelah itu, bilas masker sampai benar-benar tak ada yang tersisa. Ini karena gel lidah buaya biasanya meninggalkan residu di rambut.

Lakukan langkah-langkah di atas setidaknya seminggu sekali. Kamu juga bisa mengganti penggunaan kondisioner dengan masker rambut dari gel lidah buaya tersebut. Untuk rambut yang panjang dan tebal, kamu mungkin membutuhkan gel lidah buaya dan minyak kelapa lebih banyak.

Nah, itulah manfaat lidah buaya untuk meluruskan rambut dan cara menggunakannya. Selain minyak kelapa, kamu juga dapat menggunakan bahan tambahan lain seperti cuka apel dan yoghurt. Selamat mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 4 Februari 2021, The Benefits of an Aloe Vera Hair Mask and How to Make One.
  2. Healthline, diakses 4 Februari 2021, Aloe Vera for Your Hair: What Are the Benefits?
  3. Medical News Today, diakses 4 Februari 2021, What are the benefits of aloe vera?
  4. Health Shot, diakses 4 Februari 2021, Frizzy hair freaking you out? Try these 9 hacks to straighten hair naturally at home.

    register-docotr