Kulit & Perawatan Tubuh

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah agar Tetap Cantik dan Sehat

September 7, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Salah satunya untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan cantik.

Mungkin akhir-akhir ini kamu sering mendengar banyak produk yang berbahan dasar dari aloe vera. Banyak produk yang berasal dari Korea menggunakan lidah buaya untuk kesehatan kulit.

Nah, berikut ulasan lengkap tentang manfaat lidah buaya untuk wajah yang perlu kamu tahu!

Apa saja manfaat lidah buaya untuk wajah?

Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah kamu agar tetap sehat dan cantik:

1. Melembapkan kulit

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami untuk melembapkan kulit. Tumbuhan ini dipercaya mampun untuk meningkatkan kadar air di dalam kulit sehingga membuat kulit terdehidrasi dan terasa lebih lembap.

2. Mengobati jerawat

Mungkin hal ini sudah banyak diketahui oleh orang yang memiliki masalah kulit berjerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi sehingga sangat baik untuk mengatasi jerawat yang meradang.

Jika jerawat yang kamu alami di tahap ringan maupun sedang, tak ada salahnya kamu mencoba menggunakan lidah buaya untuk jerawat.

Untuk memperoleh manfaatnya, lidah buaya untuk jerawat dapat digunakan dalam bentuk produk yang mengandung lidah buaya atau kamu juga dapat membuat sendiri masker lidah buaya dengan mencampur bahan alami lain.

Menggunakan lidah buaya untuk jerawat juga dapat membantu memudarkan bintik hitam serta bekas jerawat, lho. Hal ini dikarenakan lidah buaya membantu merangsang produksi kolagen di kulit, yang mana dapat mengurangi munculnya jaringan parut.

3. Mencegah penuaan dini

Para peneliti sudah membuktikan bahwa lidah buaya dipercaya mampu dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini bermanfaat untuk mencegah adanya tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, lidah buaya juga terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit kamu tetap kencang.

4. Mencerahkan wajah

Lidah buaya mengandung vitamin A dan E yang berfungsi untuk membuat kulit wajah kamu tampak lebih cerah. Lidah buaya juga memiliki kandungan seperti auksin, gibelerin, dan polisakarida yang membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

5. Mengurangi gatal dan radang di wajah

Lidah buaya juga mampu meredakan gatal dan radang pada wajah kamu. Kandungan zat di dalam lidah buaya memiliki khasiat antiradang dan juga antimikroba yang ada pada bagian daun lidah buaya. 

6. Menangkal radikal bebas

Kandungan beta karoten dan vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang ada di dalam lidah buaya merupakan antioksidan yang dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang berasal dari polusi udara dan paparan asap.

7. Menghaluskan kulit wajah

Lidah buaya dipercaya mampu untuk menghaluskan kulit wajah. Nutrisi yang terkandung di dalam lidah buaya dapat membuat kulit kamu semakin bersih.

Manfaat masker lidah buaya untuk kesehatan kulit

Lidah buaya untuk wajah memang memiliki banyak sekali manfaat. Mungkin kamu seringkali mendengar banyak produk kecantikan bahkan masker wajah yang berbahan dasar lidah buaya ini.

Ya, untuk memperoleh manfaatnya kamu juga dapat membuat masker lidah buaya sendiri di rumah.

Cara termudah untuk memperoleh gel lidah buaya segar adalah dengan memelihara tanaman lidah buaya di rumah. Untuk membuat masker lidah buaya, kamu dapat mengikuti cara di bawah ini:

  • Potonglah lidah buaya sedekat mungkin dengan akar
  • Cuci daun kemudian keringkan
  • Letakkan potongan lidah buaya di dalam mangkuk dan biarkan selama sekitar 15 menit agar lateks lidah buaya yang berwarna kuning mengalir keluar
  • Kemudian potonglah ujung runcing pada bagian atas daun
  • Potong duri yang terdapat pada kedua sisi tanaman
  • Kemudian potonglah daun lidah buaya dan keluarkan gel secara hati-hati dengan menggunakan sendok atau pisau
  • Cucilah gel secara hati-hati untuk membersihkannya dari residu
  • Tempatkan gel lidah buaya untuk wajah di dalam wadah tertutup. Dinginkan sebelum digunakan

Sebelum mengoleskan masker lidah buaya untuk wajah, sebaiknya selalu lakukanlah tes terlebih dahulu ya untuk mengetahui apakah kamu alergi terhadap lidah buaya atau tidak.

Caranya adalah oleskanlah sedikit gel lidah buaya ke pergelangan tangan untuk memeriksa reaksinya. Jika kulit mulai gatal, bengkak, atau berubah warna, jangan lanjutkan penggunaannya.

Cara membuat masker lidah buaya dengan bahan campuran lain

Selain menggunakan gel lidah buaya secara utuh, kamu juga dapat membuat masker lidah buaya dengan mencampur bahan-bahan alami lainnya.

Berikut cara membuat masker lidah buaya dengan campuran bahan alami lain yang bisa kamu coba di rumah:

Masker lidah buaya dan madu

Masker dengan campuran kedua bahan ini dipercaya dapat mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis pada wajah kamu dan membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit. 

Caranya kamu hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dan madu dan aduk hingga rata. Lalu oleskan campuran bahan tersebut ke wajah, diamkan kurang lebih selama 20 menit, lalu bilas dengan air biasa hingga bersih.

Agar hasilnya optimal kamu bisa menggunakan cara ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Masker lidah buaya dan lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit kamu. Hal ini berguna untuk membantu membangun kolagen di kulit, sehingga mampu untuk mencegah penuaan dini dan memudarkan garis halus.

Caranya dengan mencampurkan gel lidah buaya dan lemon, lalu aduk rata. Setelah itu oleskan campuran bahan tersebut ke wajah kamu, terutama pada wajah yang berkerut. Jika ingin optimal, lakukan hal ini sebanyak 1 minggu sekali.

Masker lidah buaya dan kunyit

Kunyit dipercaya memiliki kandungan yang mampu membantu kulit kamu terlindung dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tanda penuaan dini. 

Caranya campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Lalu oleskan bahan tersebut ke wajah dan bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Ragam manfaat lidah buaya untuk rambut

Selain memiliki manfaat yang berlimpah untuk kulit, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk rambut, lho! Dilansir Healthline, berikut adalah manfaat lidah buaya untuk rambut:

Menenangkan kulit kepala yang gatal

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah lidah buaya mampu untuk menenangkan kulit kepala gatal akibat ketombe.

Demartitis seboroik adalah istilah klinis yang digunakan untuk menyebut ketombe. Kulit kepala yang gatal dan mengelupas yang dapat disebabkan oleh ketombe dapat diobati dengan lidah buaya.

Membersihkan rambut berminyak

Lidah buaya mampu untuk membersihkan rambut secara efisien, dengan cara menghilangkan kelebihan sebum dan residu yang dari produk rambut lainnya.

Memperbaiki helai rambut yang rusak

Lidah buaya dapat membantu untuk memperkuat rambut dan memperbaiki helai rambut yang rusak.

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiganya berkontribusi dalam pergantian sel, yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel sehat yang dapat membuat rambut berkilau.

Vitamin B-12 dan asam folat yang juga terkandung dalam gel lidah buaya dapat mencegah kerontokan.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang terakhir adalah lidah buaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta memperlambat laju kerusakan rambut.

Lidah buaya memiliki kemampuan luar biasa untuk meningkatkan sirkulasi darah. Maka dari itu, jika kamu menggunakan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, aliran darah ke kulit kepala akan meningkat.

Jadi, sekarang sudah tahu kan manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit kamu? Sayangilah kulit kamu sedari dini agar tetap cantik dan sehat dengan bahan-bahan alami di sekitar kamu, salah satunya dengan lidah buaya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019) diakses 5 Mei 2020.  10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face. 5 Mei 2020 pukul 17.00.

Bebeautiful.in (2019) diakses 5 Mei 2020. SAY HELLO TO ALOE! REASONS WHY ALOE VERA GEL IS A SKINCARE MUST-HAVE. 5 Mei 2020 pukul 17.30.

Greatist (2020) diakses 7 September 2020. Why Aloe Vera Deserves a Place in Your Skin Care Routine

Healthline (2020) diakses 7 September 2020. Aloe Vera for Your Hair: What Are the Benefits?

Healthline (2019) diakses 7 September 2020. How to Use Aloe Vera for Acne

Medical News Today (2020) diakses 7 September 2020. How to Use Aloe Vera on The Face 

    Berita Terkait
    register-docotr