Info Sehat

Obat Sariawan Alami yang Bisa Diracik Sendiri di Rumah, Ampuh Lho!

September 7, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Sariawan tak kunjung hilang dan bikin kamu tak nyaman? Kenapa nggak coba bikin sendiri obat sariawan alami di rumah? Keberadaan sariawan bisa membuat mulut terasa perih sehingga proses makan, minum, dan berbicara jadi tidak nyaman.

Nah, untuk segera menghilangkan sariawan dari mulut, berikut ada alternatif obat sariawan alami yang bisa kamu coba di rumah. Simak selengkapnya, ya!

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Sariawan Bisa Jadi Ciri-Ciri Kanker Lidah

Obat sariawan alami dengan bahan rumahan

1. Minyak kelapa

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki efek antimikroba. Sehingga minyak kelapa dapat menyembuhkan bibir sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mencegahnya menyebar.

Minyak kelapa juga memiliki efek anti inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi kemerahan serta nyeri pada spot sariawan. Sehingga efektif bekerja sebagai obat sariawan ampuh.

Cara menyembuhkan bibir sariawan menggunakan minyak kelapa adalah dengan mengoleskannya ke bagian yang sakit.

Kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa beberapa kali dalam sehari. Cara ini juga boleh digunakan untuk menghilangkan sariawan pada anak.

Ulangi langkah ini setiap hari hingga sariawan pada mulutmu hilang.

2. Kumur air garam

Salah satu cara menghilangkan sariawan yang paling mudah adalah dengan air garam. Air garam juga cocok untuk mengobati sariawan pada anak.

Cukup mencampurkan 1 sendok teh garam dalam 1/2 gelas air hangat. Kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut setidaknya 30 detik hingga satu menit. 

Meski terbilang mudah, langkah pengobatan ini akan sedikit lebih menyakitkan. Hal ini karena air garam berfungsi mengeringkan sariawan di dalam mulut.

Berkumur dengan air garam untuk mengobati sariawan lidah dapat kamu lakukan beberapa kali dalam sehari.

3. Es batu

Rasa sakit dan peradangan sariawan dapat membuat sulit untuk makan, minum, atau berbicara. Terutama bila yang terjadi adalah sariawan lidah.

Untuk meredakan rasa sakitnya, kamu bisa menggunakan es batu lho. Caranya pun sangat sederhana. Cukup dengan diamkan es batu tepat di tempat sariawan lidah berada. 

Es batu mampu mematikan rasa dan mengurangi peradangan di area sariawan yang sakit. Namun kamu mungkin akan merasa sedikit ngilu akibat dinginnya es batu. 

Sedangkan untuk mengatasi sariawan pada anak, kamu bisa mensiasatinya dengan memberikan minuman dingin atau es buah yang dibekukan.

4. Madu 

Madu dikenal dengan keunggulannya sebagai antibakteri dan anti-inflamasi.

Bahkan dalam sebuah penelitian madu terbukti efektif untuk mengurangi sakit, ukuran, dan kemerahan pada sariawan. Hal ini tentunya dapat mencegah infeksi yang lebih parah pada sariawan. 

Untuk mengobati sariawan dengan madu, cukup oleskan ke bagian yang sakit. Kamu bisa mengulangi langkah ini setidaknya empat kali dalam satu hari.

Sariawan pada anak juga dapat diatasi dengan madu. Namun kamu juga harus selektif dalam memilih madu yang digunakan.

Pasalnya sebagian besar madu yang dijual di pasaran sudah melewati banyak proses sehingga nutrisinya dapat rusak. Pilihlah madu murni agar efektif mengobati sariawan dalam mulutmu. 

5. Chamomile 

Chamomile dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit. Tanaman obat ini mengandung senyawa azulene dan levomenol yang mampu berperan sebagai antiinflamasi dan antiseptik pada luka.

Kalau kamu ingin mengobati sariawan dengan chamomile, kamu bisa gunakan kantong teh celup yang mengandung chamomile. Gunakanlah kantong teh yang sudah dipakai atau yang sudah dalam keadaan basah. 

Kompres bibir sariawan dengan kantong teh tersebut selama beberapa menit. Selain dengan teknik kompres, kamu juga bisa mengobati sariawan dengan berkumur menggunakan teh chamomile. 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, kamu bisa mengulangi langkah ini tiga hingga empat kali dalam sehari. 

6. Echinacea

Echinacea adalah tanaman herbal yang berbentuk bunga. Tanaman ini merupakan obat sariawan ampuh yang sekaligus mampu mencegah terbentuknya sariawan baru.

Biasanya echinacea dikemas dan dijual dalam bentuk cairan. Untuk menggunakan echinacea sebagai obat sariawan lidah, kamu cukup mencampurkan satu sendok teh echinacea  dengan segelas air hangat. 

Kumur larutan tersebut kurang lebih selama dua menit. Jika sudah, keluarkan air kumur dari dalam mulut. Kamu bisa mengulangi langkah ini tiga kali dalam satu hari. 

7. Watermelon frost

Tahukah kamu bahwa obat herbal bernama watermelon frost dianggap sebagai obat yang efektif untuk sariawan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Obat yang satu ini dijual dalam berbagai bentuk lho. Mulai dari bubuk, tablet, hingga semprotan. 

Kamu bisa memilih watermelon frost bubuk, tablet ataupun semprotan untuk menghilangkan sariawan. Obat tradisional ini bekerja efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan bibir sariawan. 

Untuk mendapatkan watermelon frost, kamu bisa mengunjungi toko obat herbal ataupun membelinya secara online

Baca juga: Rokok Elektrik Alias Vape Bikin Sariawan, Mitos atau Fakta?

8. Yoghurt

Sebenarnya penyebab pasti dari sariawan tidak dapat diketahui. Beberapa kasus sariawan mungkin disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) atau penyakit radang usus.

Untuk membantu mencegah atau mengobati sariawan cobalah konsumsi setidaknya satu cangkir yoghurt setiap hari.

9. Soda kue

Soda kue dianggap mampu mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan sehingga efektif untuk menyembuhkan bibir sariawan.

Cara menggunakan soda kue sebagai obat sariawan adalah dengan melarutkan satu sendok teh soda kue ke dalam ½ gelas air.

Kemudian berkumurlah menggunakan larutan ini selama 15 hingga 30 detik lalu keluarkan. Kamu bisa mengulangi tahap ini setiap jam dalam satu hari. 

Jangan panik jika kamu tidak sengaja menelan larutan soda kue. Hal ini tidak akan membahayakan tubuhmu sama sekali. Namun kamu akan merasakan sensasi yang sangat asin pada lidahmu. 

10. Tawas 

Siapa sangka kalau menggunakan bubuk tawas bisa jadi cara menyembuhkan sariawan?

Bubuk tawas biasanya digunakan untuk mengawetkan makanan dan acar sayuran. Pengawet yang satu ini terbuat dari kalium aluminium sulfat. 

Pada sariawan, tawas akan membantu mengecilkan jaringan dan mengeringkan sariawan. Hal ini terjadi karena tawas memiliki astringen. Astringen sangat berguna untuk kulit yang sedang luka. 

Mengobati sariawan dengan tawas juga mudah. Pertama kamu hanya butuh mencampurkan bubuk tawas dengan sedikit air hingga bentuknya berubah menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pasta tersebut tepat pada sariawan di mulutmu. Diamkan hingga satu menit dan bilas tawas dengan berkumur. Tahap ini dapat kamu ulangi setiap hari hingga sariawan menghilang dari mulut. 

11. Hidrogen peroksida

Cara lain untuk mengobati bibir sariawan adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. 

Kamu bisa mendapatkan hidrogen peroksida 3 persen  di apotek ya. Hidrogen peroksida ini mampu memaksimalkan penyembuhan luka pada sariawan dengan membersihkan luka dan mengurangi bakteri di mulut.

Cukup dengan melarutkan hidrogen peroksida 3 persen dengan air. Untuk takarannya, gunakan perbandingan 1:1.

Setelah itu, celupkan bola kapas ke dalam larutan. Kemudian tempelkan kapas tepat di bagian sariawan dan diamkan beberapa saat. Cara ini cocok untuk mengatasi bibir sariawan

Sedankan untuk sariawan lidah, kamu bisa menggunakan larutan hidrogen peroksida sebagai obat kumur. Berkumurlah setidaknya satu menit kemudian keluarkan dari mulut.

12. Susu magnesium 

Tahukah kamu susu memiliki berbagai jenis? Salah satunya adalah susu magnesium. Susu magnesium adalah penetral asam dan pencahar yang mengandung magnesium hidroksida.

Efeknya pada kondisi sariawan adalah susu magnesium akan mengubah pH di mulut sehingga luka tidak bisa berkembang.

Susu magnesium juga dapat melapisi luka pada spot sariawan untuk membantu mencegah iritasi dan mengurangi rasa sakit.

Cara menghilangkan sariawan pada anak dengan susu magnesium sangat mudah. Kamu tinggal oleskan susu magnesium di bagian sariawan, diamkan beberapa saat. Setelah selesai kumur dengan air putih. 

13. Cuka sari apel

Cuka sari apel  sering disebut-sebut sebagai obat untuk hampir semua hal, termasuk sariawan. Kandungan asam dalam cuka sari apel membantu membunuh bakteri yang mengiritasi luka. 

Meski begitu, pengobatan dengan cuka sari apel belum tentu cocok dengan semua orang. Karena pada orang tertentu hal yang asam, alih-alih mengobati malah dapat memperburuk sariawan. 

Cara menghilangkan sariawan lidah dengan cuka sari apel dimulai dengan mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel dan satu gelas air.

Aduk rata dan gunakan campuran tersebut sebagai kumur. Kamu disarankan untuk berkumur setidaknya 30 detik hingga satu menit. 

Setelah selesai, kumurlah kembali dengan air putih. Hal ini wajib dilakukan setelah menggunakan cuka sari apel pada mulut  agar mencegah kerusakan pada email gigi. 

14. Daun sage

Tanaman sage sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati radang mulut. Daun sage berperan sebagai antibakteri, anti-inflamasi, antiseptik, dan astringen pada luka sariawan. 

Untuk menghilangkan sariawan dengan sage, kamu bisa membeli obat kumur yang berbahan dasar sage di apotek dan gunakan sesuai petunjuk.

Campurkan 1-2 sendok makan daun sage dengan air panas ke dalam gelas. Kemudian diamkan daun sage dan air panas tersebut selama lima menit. Saring dan singkirkan daun sage yang ada dalam gelas. 

Kalau air rendaman sage sudah tidak panas, kamu bisa langsung menggunakannya sebagai obat kumur. Berkumurlah dengan daun sage setidaknya satu menit dan buang jika sudah selesai. 

Cara menyembuhkan sariawan dengan suplemen

Obat kumur DGL

DGL merupakan singkatan dari deglycyrrhizinated licorice yang berarti ekstrak herbal licorice. DGL ini memiliki berguna sebagai anti-inflamasi dan sering digunakan sebagai obat alami untuk luka pada lambung. 

Umumnya DGL tersedia dalam bentuk suplemen. Suplemen ini dapat kamu gunakan sebagai obat sariawan ampuh lho.Untuk membuatnya pun cukup mudah.

Campurkan satu kapsul DGL dengan satu cangkir air hangat. Kalau sudah tercampur, kamu bisa berkumur dengan larutan ini. Usahakan berkumur minimal 3 menit dan keluarkan saat sudah selesai. Cara ini cocok untuk menghilangkan sariawan lidah.

DGL juga tersedia dalam bentuk patch sehingga lebih praktis untuk mengecilkan luka pada bibir sariawan. Kamu tinggal menempelkan patch pada bagian bibir sariawan selama setidaknya 30 menit.

Obat sariawan ampuh dengan tablet hisap zinc 

Tahukah kamu, saat sistem kekebalan tubuh melemah, sariawan lidah maupun bibir dapat muncul dengan mudah?

Tetapi tenang, dengan mengonsumsi zinc, kamu dapat mengembalikan kekebalan tubuh. Terutama jika kamu mengonsumsi zinc dalam jangka waktu yang lama. 

Zinc mampu membantumu melawan bakteri yang menyebabkan bibir sariawan. Selain itu, zinc juga mampu mempercepat sembuhnya sariawan lidah.

Kamu bisa mendapatkan tablet zinc di apotek maupun secara online. Jangan lupa untuk membaca paduan konsumsi tablet zinc pada kemasan tablet yang kamu beli. 

Suplemen vitamin B complex

Menurut sebuah penelitian pada 2017, ditemukan bahwa mereka yang menggunakan 1.000 mikrogram vitamin B-12 setiap hari cenderung terhindar dari sariawan.

Sehingga vitamin B complex dianggap mampu mencegah dan menjadi obat sariawan ampuh.

Suplemen vitamin B kompleks mengandung delapan vitamin B, termasuk B-12. Namun konsumsi suplemen vitamin B kompleks dapat menyebabkan efek samping, jadi konsultasikan dengan dokter dulu ya sebelum kamu mengkonsumsinya. 

Bagaimana jika mengobati sariawan sendiri tidak kunjung sembuh? 

Ada banyak cara menyembuhkan sariawan yang bisa kamu coba. Namun jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam dua minggu atau kondisinya semakin buruk, segeralah konsultasi ke dokter.

Kamu mungkin akan diberi resep obat kumur khusus dari dokter yang sesuai dengan kondisi mulutmu. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    register-docotr