Kulit & Perawatan Tubuh

Sering Digunakan pada Produk Kecantikan, Apa Manfaat Niacinamide?

February 5, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mungkin kamu sering mendengar kandungan niacinamide dalam produk skin care, salah satunya serum niacinamide. Penggunaan serum niacinamide diklaim mampu memberikan banyak manfaat untuk kulit. Mulai dari meningkatkan hidrasi, mengurangi tanda-tanda penuaan, hingga menutup pori-pori besar

Sebenarnya apa sih niacinamide itu? Dan apa saja manfaat niacinamide yang bisa diberikan pada kulit? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Efektif Atasi Masalah Depresi dan Kecanduan Alkohol, Apa itu Hipnoterapi?

Apa itu niacinamide?

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian dan sayuran tertentu. Niacinamide juga bisa ditemukan dalam produk hewani seperti daging dan unggas. Produk biji-bijian yang sudah diolah seperti sereal juga diperkaya dengan niaciniamide. 

Karena niacinamide adalah bentuk vitamin B3, maka keberadaannya di dalam tubuh memiliki fungsi tersendiri. Walau dikenal sebagai kandungan yang baik untuk kulit, tetapi secara umum, vitamin B3 sendiri berperan penting dalam mengubah makanan menjadi energi yang digunakan. 

Sekaligus untuk membantu sel-sel tubuh melakukan reaksi kimia penting. Karena itu, memastikan tubuh cukup mendapat asupan vitamin B3 adalah hal penting. 

Karena jika kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan penyakit yang disebut pellagra. Ditandai dengan diare, dermatitis, demensia dan jika tidak diobati menyebabkan kematian.  

Mengenal serum niacinamide

Bentuk sintetis dari niacinamide paling sering digunakan dalam produk kecantikan berupa serum dan pelembap. Niacinamide bekerja dengan mendukung permukaan luar kulit untuk meningkatkan ketahanannya.

Selain itu, meningkatkan tekstur dengan membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Kandungan niacinamide juga membantu menyeimbangkan produksi minyak.

Niacinamide termasuk kandungan yang baik untuk semua jenis kulit. Karena kandungan ini banyak diolah dan dijadikan serum niacinamide. Serum niacinamide adalah salah satu produk perawatan kulit yang biasanya digunakan untuk serum wajah, yang dapat memberikan manfaat niacinamide untuk kulit.

Sepenting apa menggunakan serum niacinamide? 

Niacinamide bisa menjadi campuran berbagai jenis skincare, walau lebih banyak produk niacinamide topikal dalam bentuk serum niacinamide. 

Penggunaan serum niacinamide ini bisa menjadi salah satu produk yang membantu kamu mengatasi masalah kulit, di luar produk pembersih rutin dan pelembap. 

Tahapan penggunaan serum niacinamide ini juga tidak sembarangan. Dilansir dari Healthline, kamu sebaiknya mengaplikasikan serum niacinamide setelah toner dan sebelum pelembap. 

Jika tak ingin menggunakan serum niacinamide, tetapi ingin merasakan manfaatnya, kamu bisa menemukannya dalam produk perawatan kulit lainnya. 

Niacinamide terkandung dalam sabun wajah, krim atau bahkan beberapa masker wajah yang banyak dijual di pasaran.

Manfaat niacinamide untuk kulit

Dilansir dari Healthline, secara keseluruhan manfaat niacinamide dapat membantu membangun protein di kulit dan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan dari efek lingkungan.

Berikut beberapa manfaat niacinamide untuk perawatan kulit:

Manfaat serum niacinamide menjaga kekebalan kulit

Manfaat niacinamide membantu membangun keratin, sejenis protein yang menjaga kulit tetap kencang dan sehat.

Sebagai penghalang lemak

Niacinamide mampu membantu kulit kamu membangun lipid barrier yang hasilnya bisa meningkatkan kelembapan kulit. Ini bermanfaat untuk semua jenis kulit, terutama jika kamu memiliki eksim.

Manfaat serum niacinamide yakni meminimalkan kemerahan dan noda hitam

Manfaat niacinamide lainnya yakni mampu mengurangi peradangan baik efek eksim, jerawat, maupun kondisi peradangan kulit lainnya.

Mengecilkan pori-pori

Niacinamide yang digunakan dalam bentuk serum niacinamide atau produk lain, mampu mengunci kelembapan kulit dan menjaga teksturnya tetap halus dengan cara memperkecil ukuran pori.

Manfaat serum niacinamide untuk kulit berminyak

Niacinamide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous. 

Melindungi dari paparan sinar matahari

Niacinamide secara bersamaan dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sambil juga melindungi mereka dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Mengatasi hiperpigmentasi

Beberapa penelitian telah menemukan konsentrasi niacinamide 5 persen dapat membantu meringankan bintik hitam. Penggunaan niacinamide terlihat setelah empat minggu, tetapi tidak lebih dari dua bulan. Manfaat ini mungkin karena peningkatan produksi kolagen.

Serum niacinamide membantu kurangi garis halus dan kerutan

Penelitian juga menemukan bahwa konsentrasi yang sama sangat membantu dalam mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari yang disebabkan oleh penuaan. Ini termasuk garis-garis halus dan kerutan.

Serum niacinamide melindungi dari stres oksidatif

Manfaat serum niacinamide membantu membangun sel-sel di kulit dan juga melindungi mereka dari tekanan lingkungan sekaligus. Seperti efek sinar matahari dan polusi udara.

Kurangi produksi sebum

Sebuah penelitian menunjukkan kemampuan niacinamide dalam mengurangi produksi sebum pada jenis kulit berminyak. Seperti yang kita tahu, sebum merupakan salah satu penyebab masalah jerawat.

Manfaat serum niacinamide untuk meringankan jerawat

Manfaat niacinamide dapat membantu masalah jerawat yang parah, terutama bentuk peradangan jerawat jenis papula dan pustula. Seiring waktu, kamu mungkin melihat lebih sedikit lesi dan tekstur kulit yang lebih baik.

Kamu bisa mencoba dan menggunakan serum niacinamide atau produk perawatan kulit wajah lainnya dengan kandungan yang sama untuk mengatasi jerawat parah untuk mengembalikan kesehatan kulit.

Manfaat niacinamide lainnya

Serum niacinamide memang terkenal manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah, tapi niacinamide lainnya pun memiliki beberapa manfaat tertentu untuk kesehatan.

Manfaat niacinamide untuk penyakit ginjal kronis

Penelitian menunjukkan bahwa niacinamide dapat membantu menurunkan kadar fosfat orang dengan disfungsi ginjal. Fosfat adalah bahan kimia berbahaya bagi tubuh. 

Niacinamide juga membantu menghalangi ginjal menyerapnya. Sebab, orang dengan penyakit ginjal akan kesulitan untuk menyaring limbah dalam darah. 

Memperlambat perkembangan diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah kondisi saat tubuh menyerang dan menghancurkan sel yang memproduksi insulin. Sementara niacinamide dapat melindungi dan memelihara sel yang memproduksi insulin tersebut. 

Dengan begitu, dapat menunda timbulnya diabetes tipe 1, pada mereka yang berisiko. Namun, masih diperlukan banyak penelitian sebelum merekomendasikan niacinamide untuk pengendalian diabetes tipe 1. 

Mencegah melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit serius yang berkembang di sel-sel yang memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Dengan menggunakan niacinamide, dapat melindungi dari melanoma, terutama pada populasi berisiko tinggi, termasuk orang yang pernah menderita kankeri kulit selain melanoma.

Mengontrol pertumbuhan tumor

Dilansir dari WebMd, bahwa mengonsumsi niacinamide saat menjalani radioterapi dan pengobatan yang disebut karbogen dapat membantu pertumbuhan tumor. 

Ini juga disebut dapat meningkatkan kelangsungan hidup pada beberapa orang dengan kanker laring yang juga menderita anemia. 

Meningkatkan fleksibilitas sendi

Mengonsumsi niacinamide tampakna dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi rasa sakit dan bengkak pada pasien dengan osteoartritis. 

Selain itu, orang dengan osteoartritis yang mengonsumsi niacinamide, hanya minum sedikit obat pereda nyeri untuk mengelola rasa sakitnya. 

Niacinamide juga disebut-sebut dapat membantu mengatasi penyakit lain. Sayangnya masih belum terbukti dan perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk mendukung keampuhan niacinamide dalam mengatasi penyakit tersebut. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain:

  • Penyakit mata terkait usia
  • Attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD)
  • Limfona non-Hodgkin atau kanker yang dimulai di sel darah putih
  • Rosacea
  • Penyakit alzheimer
  • Depresi
  • Tekanan darah tinggi dan beberapa kondisi lainnya

Cara memilih produk niacinamide yang baik

Menilik manfaat niacinamide yang telah dijelaskan, tentu saja kamu dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar kebaikan niacinamide adalah untuk kesehatan kulit. Apakah setelah mengetahuinya, kamu mulai tertarik untuk menggunakan skin care dengan kandungan ini? Jika iya ada hal yang harus kamu tahu.

Coba cari produk dengan kandungan niacinamide 5 persen. Dilansir dari Healthline, beberapa laporan menunjukkan kandungan 5 persen ini efektif untuk bantu hiperpigmentasi dan kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Namun, jika kamu punya tipe kulit yang sensitif coba mulai dengan konsentrasi 2 persen. Kandungan niacinamide juga kerap ditulis dengan “niacin” dan “nicotinamide” pada label produk.

Apakah boleh memakai produk niacinamide dengan kandungan produk lain?

Niacinamide dapat digunakan bersama bahan aktif lainnya untuk hasil yang optimal. Niacinamide kompatibel dengan beberapa kandungan perawatan kulit lainnya. Salah satunya dengan retinol.

Penggunaan niacinamide yang digabung dengan retinol memberikan beberapa manfaat. Salah satunya, seperti yang diungkapkan oleh sebuah penelitian ada 2017 lalu. 

Penelitian itu menyebutkan bahwa krim retinol yang digabungkan dengan niacinamide, menyebabkan lebih sedikit iritasi, dibandingkan dengan krim yang hanya mengandung retinol. 

Selain itu, produk yang menggabungkan retinol dengan niacinamide dan kandungan lain seperti hexylresorcinol dan resveratol dapat memperbaiki warna kulit dan tanda-tanda penuaan. 

Meski memberikan hasil yang baik saat digabung dengan retinol, bukan berarti niacinamide bisa digabung dengan semua kandungan, ya. 

Niacinamide tidak boleh dicampur dengan vitamin C

Sudah banyak informasi yang menjelaskan jika niacinamide tidak boleh dicampur dengan vitamin C. Alasannya keduanya sama-sama antioksidan. 

Jika menggunakannya secara bersamaan akan mengurangi potensi manfaat satu sama lain. Kalau ingin memakai keduanya, setidaknya beri jeda 10 menit di antara penggunaan produk dengan dua kandungan tersebut. 

Sebenarnya ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa niacinamide tidak boleh dicampur dengan vitamin C adalah hal yang salah. Karena penggunaan vitamin C dan niacinamide justru dapat memberikan kebaikan.

Karena niacinamide dapat menstabilkan kandungan vitamin C. Hingga kini masih ada perdebatan antara dua anggapan tersebut.

Namun, kulit setiap orang berbeda-beda. Sehingga wajar ada kekhawatiran jika penggabungan keduanya justru akan mengubah manfaat yang bisa didapat dari vitamin c dan niacinamide. 

Baca Juga: 6 Manfaat Charcoal untuk Kesehatan, Bisa Atasi Sindrom Bau Ikan?

Adakah efek samping dari niacinamide?

Niacinamide topikal umumnya dianggap aman untuk digunakan. Kecuali jika kamu alergi terhadap kandungan ini. Reaksi alergi bisa saja muncul, karena niacinamide dapat menyebabkan tubuh melepaskan histamin.

Namun, kamu bisa menghindari reaksi alergi dengan cara melakukan tes sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Caranya:

  • Oleskan produk pada lengan, sedikit saja
  • Tunggu hingga 24 jam
  • Jika kamu mulai mengalami kemerahan, gatal, atau bengkak, cuci area tersebut dan hentikan penggunaan
  • Jika kamu tidak mengalami efek samping apapun, maka produk itu seharusnya aman untuk diaplikasikan di kulit kamu di bagian lain.

Manfaat niacinamide dari produk ini bisa kamu rasakan antara 4 sampai 8 minggu pasca penggunaan pertama. Efeknya mulai dari kulit yang lebih halus, kencang, dan terhidrasi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 29 Juni 2020. Everything You Should Know About Niacinamide

Self. Diakses pada 29 Juni 2020. Here’s What Niacinamide Can—and Can’t—Do for Your Skin

Elle. Diakses pada 29 Juni 2020. What Is Niacinamide, And Is It Really Worth The Hype?

    register-docotr