Kulit & Perawatan Tubuh

Laser untuk Menghilangkan Tahi Lalat: Prosedur hingga Biaya yang Dibutuhkan

January 30, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Laser untuk menghilangkan tahi lalat memang menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan dan paling aman. Tahi lalat sendiri merupakan sekumpulan sel kulit, biasanya berwarna cokelat atau hitam yang dapat muncul di bagian tubuh mana saja.

Sebagian besar tahi lalat besar bersifat jinak atau berarti tidak bersifat kanker. Namun, jika memiliki sel kanker maka bisa dihilangkan dengan prosedur dari dokter, seperti laser.

Nah, untuk mengetahui prosedur laser untuk menghilangkan tahi lalat yuk simak penjelasan berikut!

Baca juga: Suntik Filler Bibir: Prosedur, Efek Samping, dan Biaya yang Perlu Diketahui

Prosedur laser untuk menghilangkan tahi lalat

Dilansir Healthline, pengangkatan tahi lalat secara operasi akan menyebabkan bekas luka.

Bekas luka yang dihasilkan mungkin akan hilang dengan sendirinya tergantung pada beberapa faktor, seperti usia, jenis pembedahan, dan lokasi. Beberapa prosedur laser untuk menghilangkan tahi lalat, antara lain sebagai berikut:

Pemeriksaan fisik

Sebelum melakukan operasi pengangkatan tahi lalat, termasuk dengan laser biasanya dokter akan memeriksa terlebih dahulu. Ketika pemeriksaan dokter menganggap tahi lalat tidak normal, maka akan dilakukan pengambilan sampel jaringan atau membuang sepenuhnya.

Dokter kemudian mengirimkan sampel ke laboratorium untuk dilihat lebih dekat atau disebut juga dengan biopsi. Jika hasil dari pemeriksaan adalah positif atau menunjukkan adanya sel kanker, maka seluruh tahi lalat dan area di sekitarnya perlu dihilangkan untuk menyingkirkan sel-sel berbahaya.

Tahap persiapan

Prosedur untuk menghilangkan tahi lalat selanjutnya adalah persiapan penghapusan. Area yang akan dilaser perlu dirawat dan dibersihkan. Tergantung pada preferensi ahli bedah, pembersihan bisa dilakukan dengan alkohol, betadine, atau bahan lain yang sesuai.

Setelah itu, daerah tumbuhnya tahi lalat akan dibius dengan menggunakan anestesi seperti lidokain. Cara ini biasanya tidak membutuhkan banyak waktu dan banyak ahli bedah lebih suka menunggu setelah mati rasa agar aliran darah ke area tersebut berkurang.

Tahap pelaksanaan

Prosedur pencukuran sederhana tanpa jahitan akan dilakukan dengan menggunakan pisau bedah untuk mengeluarkan tahi lalat sedikit di bawah permukaan kulit. Kemudian, instrumen listrik akan membakar area tersebut untuk menghentikan perdarahan.

Dokter akan memberikan petunjuk tentang cara merawat luka bekas pengangkatan. Perawatan setelah pengangkatan dibutuhkan untuk menghindari risiko munculnya luka parah atau jaringan parut. 

Penyembuhan setelah menghilangkan tahi lalat

Waktu penyembuhan setelah pengangkatan tahi lalat tergantung pada masing-masing individu. Orang muda cenderung sembuh lebih cepat daripada orang dewasa yang lebih tua. Karena itu, tidak mengherankan jika sayatan yang besar membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama.

Secara umum, bekas luka pengangkatan tahi lalat membutuhkan waktu setidaknya 2-3 pekan untuk sembuh. Perawatan awal untuk luka sangat penting untuk mencegah infeksi sehingga pastikan untuk memperhatikan saran perawatan dari dokter dengan baik.

Efek samping prosedur laser untuk menghilangkan tahi lalat

Risiko dari pengangkatan tahi lalat bervariasi, mulai dari alergi anestesi dan kerusakan saraf meskipun sangat jarang terjadi. Tak hanya itu, risiko lain juga bisa muncul tergantung pada area yang dirawat dan prosedur operasinya.

Biasanya, dampak atau efek samping akibat melakukan laser untuk menghilangkan tahi lalat adalah meninggalkan bekas luka. Bekas luka yang tidak dirawat dengan baik bisa menimbulkan infeksi jangka panjang.

Karena itu, pastikan untuk mengikuti instruksi perawatan bekas luka dengan hati-hati agar kesembuhan maksimal bisa didapatkan. Selalu jaga area bekas luka untuk tetap bersih, lembap, dan tertutup.

Tahi lalat biasa tidak akan kembali setelah dibersihkan sepenuhnya, namun jika terdiagnosis memiliki sel kanker mungkin bisa muncul kembali. Sel kanker bisa menyebar jika tidak segera ditangani sehingga beritahu dokter jika melihat adanya perubahan tidak normal pada kulit bekas tahi lalat.

Kisaran biaya untuk prosedur mengangkat tahi lalat

Pada dasarnya, biaya laser untuk menghilangkan tahi lalat cukup bervariasi tergantung metode, lokasi, dan dokter yang menangani. Biasanya, biaya yang harus dikeluarkan sudah termasuk konsultasi dengan dokter, pemeriksaan, tindakan pengangkatan, dan obat.

Prosedur laser untuk menghilangkan tahi lalat umumnya membutuhkan biaya sekitar Rp1 juta hingga Rp5 juta tergantung masing-masing kebijakan klinik. Oleh karena itu, pastikan kamu menerima penanganan dari dokter dan klinik yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Selain Manfaat Hifu Wajah, Ketahui Pula Efek Samping serta Biayanya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd (2019), diakses 22 Januari 2021. What Happens When You Get a Mole or Skin Tag Removed?
  2. Emedicine Health (2019), diakses 22 Januari 2021. Mole Removal Procedure and After Care
  3. Healthline (2018), diakses 22 Januari 2021. Treatments and Info for Mole Removal Scars
  4. Lifepal.co.id (2020), diakses 22 Januari 2021. Pengin Operasi Tahi Lalat? Cek Prosedur dan Biayanya Dulu!
    register-docotr