Kulit & Perawatan Tubuh

Siap-siap Glowing! Ini Tips Pemakaian Overnight Mask untuk Hasil Maksimal

January 30, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ketika seseorang mulai merasa stres akibat kulit wajah terlalu kering, maka yang dibutuhkan adalah masker. Salah satu masker wajah yang bisa digunakan adalah overnight mask karena terdapat kandungan terbaik di dalamnya.

Untuk memaksimalkan manfaat overnight mask, maka tips pemakaiannya perlu diketahui. Berikut ulasannya!

Baca juga: Bintik-bintik Putih di Wajah: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa fungsi overnight mask?

Dilansir Healthline, overnight mask dirancang untuk membantu bahan-bahan meresap lebih dalam saat tidur sehingga berfungsi sebagai penghalang dan penyegel nutrisi kulit.

Ahli bedah dermatologi di New York, Dendy Engelman, mengatakan bahwa masker dirancang untuk bertahan lebih lama dan memberikan hasil lebih baik.

Beberapa manfaat yang mungkin didapatkan adalah hidrasi intens, mencerahkan, dan menenangkan kulit.

Waktu tepat untuk menggunakan overnight mask

Secara ilmiah, ada juga beberapa alasan mengapa overnight mask bekerja dengan sangat baik. 

Pertama, penelitian telah menunjukkan bahwa sel-sel kulit mereplikasi dan mereproduksi pada malam hari. Menggunakan overnight mask akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak, metabolisme kulit meningkat, dan pergantian sel meningkat. 

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa hasil pemakaian overnight mask akan lebih maksimal jika digunakan antara pukul 10 malam hingga 2 pagi. Karena itu, kamu perlu menerapkannya dengan rutin agar kulit bisa beregenerasi dengan baik.

Kedua, overnight mask berfungsi sebagai pengunci kelembapan di atas kulit dibanding langsung diserap. Engelman mengatakan jika saat tidur, hidrasi tubuh akan kembali seimbang sehingga mampu memulihkan kelembaban sementara kelebihan air diproses untuk dihilangkan.

Hidrasi merupakan faktor yang sangat penting dalam proses penuaan, khususnya perkembangan kerutan pada wajah. Seiring bertambahnya usia, tingkat hidrasi kulit akan turun yang berarti orang dewasa memerlukan pemakaian overnight mask lebih sering.

Tips pemakaian overnight mask yang perlu diketahui

Manfaat utama masker wajah adalah pelembap dan anti-aging. Banyak overnight mask yang mengandung vitamin A dan C di mana keduanya memiliki manfaat perawatan kulit yang signifikan.

Vitamin A telah lama digunakan sebagai perawatan untuk mengatasi penuaan kulit, sedangkan vitamin C menghasilkan kolagen dan membantu mencerahkan warna kulit. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari masker wajah adalah mengaplikasikannya sekitar 30 menit pada wajah sebelum tidur.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Kulit Kombinasi: Mudah Berjerawat dan Kering di Waktu Bersamaan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 29 Januari 2021.  A Beauty Mask So Easy, It Works While You Sleep
  2. Stylecaster.com (2016), diakses 29 Januari 2021. What Do Overnight Masks Really Do for Your Skin?
    register-docotr