Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Minder Punya Kulit Sawo Matang! Ini Daftar Keuntungannya bagi Kesehatan

May 23, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Kamu minder memiliki kulit sawo matang? Mulai sekarang kamu tidak perlu merasa tidak percaya diri, karena ternyata kulit yang terlihat lebih gelap, lebih sehat dari kulit berwarna cerah, lho. 

Kamu justru perlu merasa bersyukur, karena jenis kulit ini mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat bagi kamu yang memiliki kulit sawo matang? Yuk, simak penjelasannya.

Berbagai keuntungan memiliki kulit sawo matang

Lebih jarang terbakar sinar matahari

Kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak perlindungan sinar matahari karena kadar melanin (pigmen pemberi warna kulit) yang lebih tinggi. Pigmen pada orang berkulit lebih gelap juga melindungi sel dari beberapa bentuk kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari. 

Ini membuat orang dengan kulit lebih gelap lebih kecil kemungkinannya mengalami kulit terbakar matahari atau sunburn. Sementara pada mereka yang berkulit terang, melanin tidak bisa sepenuhnya melindungi kulit sehingga mudah untuk mengalami sunburn.

Namun, bukan berarti kamu tidak merawatnya ya. Kamu yang memiliki kulit sawo matang juga perlu menggunakan tabir surya saat akan beraktivitas di luar ruang demi menjaga kesehatan kulit.

Risiko terkena kanker kulit lebih kecil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kulit yang lebih gelap memiliki perlindungan lebih terhadap paparan sinar matahari. Dampak sinar matahari yang terpapar pada kulit bisa merusak DNA pada sel kulit sehingga memicu terjadinya kanker kulit. 

Kulit sawo matang meski terpapar sinar matahari, maka risiko terkena kanker kulit lebih rendah. Terutama untuk jenis kanker kulit sel basal dan skuamosa.

Menurut artikel Healthline, selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit lebih gelap lebih jarang terkena kanker. Begitu juga dengan keturunan bukan Kaukasia yang cenderung memiliki lebih banyak melanin. 

Menjaga tubuh dari radikal bebas

Manusia bisa bersentuhan langsung dengan radikal bebas melalui paparan sinar matahari, polusi serta bahan kimia yang ada di sekitar. 

Radikal bebas dalam jumlah besar dapat mengakibatkan masalah di dalam tubuh. Karena itu, keberadaan pigmen pada kulit yang lebih gelap atau sawo matang bisa membantu tubuh untuk melindungi diri dari radikal bebas. 

Lebih cenderung awet muda

Tahukah kamu jika sinar matahari mengakibatkan penuaan, yang dikenal dengan istilah photoaging dalam dunia medis. Photoaging ini dapat mengakibatkan kerutan, penurunan elastisitas kulit, kasarnya tekstur kulit dan beberapa masalah kulit lainnya. 

Lagi-lagi, pada orang dengan kulit sawo matang memiliki perlindungan lebih karena stok melanin banyak. Sehingga memberikan perlindungan ekstra agar kulit terhindar dari penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Terhindar dari kulit kasar dan bersisik

Keratosis aktinik adalah masalah pada kulit berupa bercak kasar atau rasa bersisik pada kulit. Ini bisa terjadi di kulit wajah, bibir, telinga, punggung tangan kulit kepala ataupun leher seseorang.

Gangguan kesehatan ini juga dikenal dengan sebutan keratosis matahari. Alasan penyebutan ini karena gangguan pada kulit ini terjadi akibat paparan sinar matahari terus menerus selama bertahun-tahun.

Pada kasus tertentu, gangguan ini bisa berkembang menjadi kanker kulit. Dan untuk menghindarinya, tentu saja kamu perlu meminimalkan paparan sinar matahari. 

Bagi orang yang memiliki kulit sawo matang, melanin atau pigmen pemberi warna ikut serta membantu menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Itu tadi beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari kamu yang memiliki kulit sawo matang. Jadi, kamu tidak perlu minder dengan warna kulitmu, ya.

Karena khasiat atau keuntungan kulit gelap atau sawo matang, tak heran banyak orang Barat yang berlomba-lomba untuk mengubah warna kulit mereka menjadi lebih gelap. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini! 

Reference
  1. Ncbi.nlm.nih.gov diakses 20 Mei 2020 Aging Differences in Ethnic Skin 
  2. Mayoclinic.org diakses 20 Mei 2020 Actinic keratosis 
  3. Medicalnewstoday.com diakses 20 Mei 2020 How does sunburn affect dark skin? 
    Berita Terkait
    register-docotr