Kulit & Perawatan Tubuh

Jika Mencukur Membuat Ketiak Hitam, Bagaimana dengan Krim Perontok dan Waxing?

February 18, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image


Kulit ketiak kamu terlihat hitam? Mungkin kamu mengalami yang namanya acanthosis nigricans (AN) atau penggelapan pada bagian lipatan tubuh dan menyebabkan kulit juga menebal. 

Biasanya kondisi ini terjadi di area belakang leher, lipatan paha, siku, lutut dan salah satu yang paling umum adalah kulit ketiak. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Kulit ketiak menghitam dan kebiasaan mencukur? 

Kondisi AN sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ras, riwayat keluarga dan juga kondisi kesehatan. Tapi mencukur ketiak juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya penggelapan kulit di ketiak. 

Umumnya, kondisi ini karena sel pigmen di kulit berkembang lebih cepat dari biasanya. 

Hal ini memang tidak menyebabkan masalah yang serius, tetapi akan membuat kamu tidak percaya diri. Kamu tidak lagi nyaman memakai baju tanpa lengan.

Apakah krim perontok rambut bisa menjadi pilihan lain? 

Jika mencukur adalah salah satu penyebab menghitamnya kulit ketiak, pastinya kamu ingin mencari pilihan lain untuk menghilangkan rambut di ketiak. Salah satunya adalah menggunakan krim perontok rambut. 

Faktor keamanan menggunakan krim perontok

Dari penggunaan tentu saja krim perontok rambut lebih menarik, karena hanya tinggal mengoleskannya ke kulit dan menunggu sekitar 3 hingga 10 menit. Rambut di sekitar kulit ketiak akan rontok dengan sendirinya. 

Tapi, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Pertama karena menggunakan bahan kimia, biasanya krim perontok rambut ini berbau tidak sedap. 

Krim perontok rambut umumnya akan berfungsi efektif untuk menghilangkan rambut yang cukup panjang. Jika terlalu pendek, kemungkinan tidak akan bekerja dengan baik. 

Selain itu, bahan kimianya mungkin dapat menyebabkan beberapa efek samping salah satunya perubahan warna, karena kulit terbakar. Bisa juga menimbulkan ruam, reaksi alergi dan kulit mengelupas. 

Waxing untuk menghilangkan bulu ketiak 

Dibandingkan dengan menggunakan krim perontok bulu, waxing bisa dijadikan alternatif jika ingin mengurangi kulit ketiak yang menghitam. 

Kulit menghitam karena terlalu sering mencukur. Sementara dengan waxing, kamu bisa melakukannya lebih jarang, dengan jangka waktu beberapa pekan. 

Selain itu, menurut Healthline, waxing juga dapat membuat kulit terlihat lebih halus. Karena waxing dapat mengangkat rambut tanpa meninggalkan akar rambut, seperti yang terlihat jika kamu mencukurnya.

Beberapa orang juga mengatakan rambut di ketiak akan tumbuh lebih tipis dan lebih lambat. Walaupun, waxing tetap memiliki efek sampingnya tersendiri. 

Efek samping waxing

Walau bisa dijadikan pilihan untuk menghilangkan rambut di ketiak, waxing adalah salah satu pilihan yang menimbulkan rasa sakit pada kulit. 

Selain itu, kamu mungkin akan merasakan efek samping seperti kemerahan dan gatal-gatal. Ada yang merasakan efek selama beberapa jam, ada yang berlangsung hingga 1 atau 2 hari. 

Dalam kasus yang lebih serius, waxing dapat menyebabkan luka bakar, perdarahan ataupun infeksi. Jadi, apapun caranya, semua tergantung keinginan kamu untuk menghilangkan rambut di ketiak.

Cara menghilangkan bulu ketiak tanpa membuat kulit menghitam

Cobalah untuk perawatan alami, seperti menggunakan masker ketiak dari bahan-bahan seperti:

  • Kentang
  • Timun
  • Lemin
  • Kulit jeruk
  • Kunyit
  • Minyak kelapa
  • Tea tree oil

Kamu juga bisa menggunakan perawatan medis untuk mencerahkan kulit, dengan cara:

  • Menggunakan krim atau losion yang mengandung tretinoin, kortikosteroid, azelaic acid, atau kojic acid
  • Melakukan terapi laser untuk menghilangkan pigmen
  • Melakukan eksfoliasi kimiawi dengan asam alfa hidroksida dan asam beta hidroksida
  • Serta melakukan dermabrasi atau mikrodermabrasi untuk kulit yang cerah dan bersih

Meski cara-cara tersebut dapat membantu mencerahkan kulit ketiak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai penyebab kulit ketiak menghitam. Karena selain karena mencukur atau faktor ras dan keturunan, bisa saja karena faktor lain seperti:

  • Kegemukan
  • Diabetes
  • Sindrom hormon
  • Efek pengobatan tertentu

Demikian penjelasan tentang alasan mencukur bisa membuat kulit ketiak menghitam. Semoga bisa membantu kamu memilih perawatan kulit ketiakmu, ya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 18 Februari 2021
What Causes Dark Underarms, and How Are They Treated?
Healthline, diakses 18 Februari 2021
13 Things to Know Before Getting an Underarm Wax
Healthline, diakses 18 Februari 2021
What You Need to Know About Nair Hair Depilatory
Medical News Today, diakses 18 Februari 2021
Ways to get rid of dark underarms

    register-docotr