Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Sembarangan Pakai! Berikut Ciri-ciri Tidak Cocok dengan Cream Wajah

June 21, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Produk skincare semakin beragam di pasaran dan bikin kamu ingin mencoba mana yang cocok untuk kulit wajah. Nah, tetapi jangan sembarangan menggunakan ya! Agar tidak keliru, berikut ciri-ciri tidak cocok dengan cream wajah!

Ciri-ciri tidak cocok dengan cream wajah

Setiap orang khususnya wanita pasti mendambakan kulit wajah yang bersih dan sehat. Banyak yang menggunakan produk skincare untuk mendapatkan kulit yang cantik. Namun, tidak semua skincare memberikan hasil yang sama pada setiap orang.

Banyak produk skincare yang tidak cocok dan menimbulkan masalah kulit yang serius. Berikut ciri-ciri tidak cocok dengan cream wajah, antara lain:

Rasa terbakar saat pertama kali menggunakan

Saat memakai produk kecantikan, seperti pembersih, losion, atau masker menimbulkan rasa terbakar pada kulit, bisa jadi ini tanda kulit kamu mengalami alergi. 

Reaksi ini merupakan mekanisme perlindungan kulit dari bahan-bahan yang dianggap tak cocok dengan kulitmu. Biasanya, karena ada kandungan fragrance, pengawet, dan zat adiktif lainnya.

Wajah tampak kemerahan

Kemerahan yang timbul pada wajah biasanya timbul karena bahan pengawet, wewangian, dan asam akrilat yang ada pada kosmetik. 

Jika kamu mengalami hal ini sebaiknya konsultasikan pada dokter, karena jika didiamkan terlalu lama, hal ini bisa mengakibatkan alergi yang akan lebih sulit disembuhkan lho.

Kulit kering dan mengelupas

Biasanya kamu akan mengalami kulit kering berlebih hingga mengelupas terutama di sekitar hidung dan di sudut mulut, mungkin karena kamu menggunakan produk jerawat secara berlebihan, seperti retinoid atau benzoil peroksida.

Sebaiknya pilihlah produk yang memiliki label fragrance-free yang lebih aman digunakan, terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Muncul jerawat

Jika kamu mengalami jerawat yang semakin banyak dan tidak hilang-hilang, segera hentikan pemakaian skincare-mu. Ini artinya kamu mengalami breakout dan produk yang kamu pakai tidak sesuai untuk kulit wajahmu.

Kamu bisa mencoba mengganti dengan produk yang non-comedogenic atau water base.

Mengalami gatal-gatal

Biasanya kamu akan mengalami rasa gatal yang luar biasa di wajah. Jika hal ini terjadi kemungkinan kamu alergi dengan produk perawatan kulit yang sedang kamu gunakan.

Sebaiknya kamu menghentikan pemakaian agar tidak mengalami gatal-gatal dan reaksi alergi yang semakin parah.

Kulit lebih berminyak

Jika kulit kamu lebih licin daripada biasanya, bisa jadi itu merupakan tanda terkikisnya minyak alami wajah. Kulit kita secara alami akan bereaksi sebagai tameng untuk menghalau kotoran dan radikal bebas yang datang dari lingkungan sekitar.

Hal ini dikarenakan jika kamu menggunakan produk yang tidak cocok di wajah kamu, maka kulit akan memproduksi minyak lebih banyak dibanding biasanya.

Bahan alami untuk mengatasi alergi akibat produk kecantikan

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan alergi akibat tidak cocok dengan produk kecantikan, antara lain:

Minyak zaitun

Sudah tak diragukan lagi bahwa minyak zaitun benar-benar ampuh untuk meredakan alergi di wajah. Minyak zaitun mengandung lemak baik, vitamin A dan E yang mampu melembabkan kulit. 

Hal ini tentu membantu penyembuhan alergi kulit wajah yang sedang meradang. Coba oleskan minyak zaitun ke wajah saat malam hari, lalu bilas keesokan harinya. 

Es batu

Es batu juga dapat meredakan alergi di wajah kamu. Kulit yang kering dan tipis pasti lebih mudah terkena alergi kosmetik dan akan timbul pembengkakan di wajah.

Selain itu, es batu dapat mengontraksi pembuluh darah, maka pembengkakan akan segera mereda jika kamu rutin mengoleskan es batu ke wajah.

Lidah buaya atau aloe vera

Kandungan yang ada dalam lidah buaya sangat memiliki banyak manfaat, khususnya untuk wajah. Aloe vera memiliki sifat sebagai antiradang, sehingga mampu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berhubungan dengan alergi wajah. 

Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan lidah buaya yang sudah didinginkan ke wajah kamu, kemudian bilas hingga bersih.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr