Kehamilan

Moms, Ayo Pantau Perkembangan Janin 1 Bulan dalam Kandungan

June 21, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Meski usia kehamilan masih terbilang awal, ini bukan halangan bagi seorang calon ibu untuk mencari tahu seperti apa perkembangan janin 1 bulan di dalam kandungan.

Hal ini wajar sekali, mengingat adanya keinginan yang besar untuk bertemu sang buah hati sesegera mungkin. Perkembangan janin 1 bulan pun bisa dibilang sudah terjadi dengan cepat. Tak heran jika di masa-masa ini tubuh Moms akan mengalami banyak perubahan.

Lalu apa saja perkembangan janin 1 bulan yang perlu untuk diketahui? Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

Baca Juga: Sulit Melihat Jarak Dekat Pertanda Mata Minus, Yuk Coba Cara untuk Menyembuhkannya

Makna trimester dalam proses perkembangan janin

Ketika berada di dalam rahim, janin akan mengalami banyak proses pertumbuhan. Ini biasanya dibagi ke dalam rentang waktu yang disebut dengan istilah trimester.

Setiap satu trimester sendiri terdiri dari 3 bulan masa kehamilan. Jadi jika usia kandungan Moms saat ini berada di antara 1 sampai 3 bulan, maka itu artinya Moms sedang menjalani trimester pertama.

perkembangan janin 1 bulan
Perkembangan janin selama masa kehamilan awal. Foto: https://www.flickr.com

Perkembangan janin 1 bulan

Secara umum timester pertama dihitung sejak terjadinya proses pembuahan hingga 12 minggu setelah itu. Pada rentang waktu tersebut, perkembangan yang terjadi pada janin masih sangat sederhana namun sudah cukup beragam.

Salah satu yang paling terlihat adalah perubahan bentuk dari sekelompok sel-sel kecil menjadi janin yang mulai memiliki ciri-ciri seorang bayi. Untuk lebih jelasnya, Moms bisa membaca ulasan berikut ini:

Perkembangan awal sejak proses pembuahan

Dilansir dari clevelandclinic.org, ketika sel telur yang telah dibuahi mulai berkembang, sebuah kantong kedap air yang secara perlahan terisi dengan cairan akan terbentuk di sekelilingnya. Kantong tersebut disebut dengan kantong ketuban yang bertugas untuk melindungi pertumbuhan embrio.

Seiring dengan berjalannya waktu, plasenta juga akan tumbuh membersamai janin. Plasenta adalah organ berbentuk datar dan melingkar yang berfungsi menyalurkan nutrisi dari calon ibu kepada janin.

Selain itu plasenta juga merupakan sarana pembuangan kotoran janin selama di dalam rahim. Jadi bisa dikatakan di usia kehamilan sedini ini, janin sudah mulai berkembang memiliki organ fisik dan sistem penunjangnya sendiri.

Organ-organ yang mulai terbentuk

Pada minggu-minggu pertama masa kehamilan, perkembangan janin 1 bulan akan ditandai dengan proses pembentukan wajah. Akan tetapi ini baru berlangsung secara sederhana dan dicirikan dengan terbentuknya dua lingkaran besar berwarna hitam yang kelak akan menjadi mata.

Selain itu organ tubuh lain seperti mulut, rahang bawah, dan tenggorokan juga mulai mengalami proses pembentukannya masing-masing.

Perkembangan saat memasuki minggu keempat

Jika proses perubahan fisik yang terjadi di minggu-minggu pertama masih sangat sederhana, maka janin yang memasuki usia 4 minggu akan mulai mengalami perkembangan yang lebih kompleks.

Dilansir dari onhealth.com, hal tersebut pertama ditandai dengan perkembangan struktur dasar janin ke dalam area yang berbeda-beda. Mulai dari kepala, dada, perut, dan organ-organ lain yang kelak akan menyertai masing-masing area tersebut.

Dua kuncup kecil juga mulai muncul di permukaan janin. Kelak ini akan menjadi cikal bakal tumbuhnya lengan dan kaki. Pada saat ini satu buah telur yang telah dibuahi telah tumbuh 10.000 kali lebih besar daripada ukuran aslinya pada saat terjadi proses pembuahan.

Baca Juga: Penasaran Bagaimana Proses Terjadinya Bayi Kembar? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!

Perkembangan sistem janin 1 bulan

Selain pertumbuhan organ fisik, perkembangan janin 1 bulan juga ditandai dengan proses pembentukan sel-sel darah merah. Ini lah yang kemudian menjadi awal terjadinya proses peredaran darah pada janin.

Bahkan di minggu keempat, bakal jantung yang sangat kecil sudah mulai berdetak sebanyak 65 kali per menit. Ini menunjukkan janin telah bersiap untuk menyuplai oksigen ke dalam tubuhnya secara konsisten.

Meski di akhir bulan pertama ukuran janin diperkirakan hanya sekitar 0,635 cm, atau lebih kecil dari sebutir beras. Namun ia sudah mulai membangun sistem tubuh lainnya.

Mulai dari sistem pencernaan, tulang punggung, dan sumsum tulang belakang sebagai penunjang berjalannya proses kehidupan di masa yang akan datang.

Jika kamu merasa memiliki pertanyaan seputar perkembangan janin 1 bulan atau proses kehamilan lainnya, jangan ragu bertanya ke dokter melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Fetal Development: Stages of Growth, https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7247-fetal-development-stages-of-growth diakses pada 17 Juni 2020

First Trimester Fetal Development, https://www.sutterhealth.org/health/pregnancy/first-trimester-fetal-development diakses pada 17 Juni 2020

Your Baby’s Growth: Conception to Birth, https://www.onhealth.com/content/1/fetal_development_stages diakses pada 17 Juni 2020

    register-docotr