Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Menghilangkan Kaki Pecah-pecah dengan Cara Alami

December 13, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Salah satu masalah paling umum terjadi pada kaki adalah kulit pecah-pecah. Namun, kamu tak perlu panik, ada berbagai cara menghilangkan kaki pecah-pecah.

Nah, kamu bisa menggunakan madu hingga batu apung jika ingin menghilangkan kaki pecah-pecah dengan cara alami. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Daftar cara menghilangkan kaki pecah-pecah

Dilansir dari Healthline, bahwa 20 persen orang dewasa di Amerika Serikat sering mengalami kaki pecah-pecah. Dan biasanya lebih sering terjadi pada wanita. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan beberapa cara menghilangkan kaki pecah-pecah berikut ini.

1. Menggunakan pelembap kulit

Menggunakan pelembap dapat membantu melembutkan kulit sekaligus membuat kulit mati terkelupas. Ini akan membantu mengembalikan kulit halus di kakimu.

Cobalah cari pelembap kulit yang mengandung bahan-bahan seperti:

  • Urea
  • Asam salisilat
  • Asam alfa-hidroksi
  • Isomerat sakarida

Pelembap dengan bahan-bahan tersebut bisa di apotek atau toko obat. Sementara untuk menggunakannya, kamu perlu memerhatikan tips berikut ini:

  • Oleskan dua hingga tiga kali sehari.
  • Oleskan pada kulit yang pecah-pecah sebelum kamu beraktivitas.
  • Kenakan sepatu yang menutupi kulit kaki terutama tumit.

2. Rutin mengeksfoliasi dan merendam kaki

Kulit kaki yang pecah biasanya lebih tebal dari kulit bagian lain. Salah satu cara menghilangkan kaki pecah-pecah yang bisa dilakukan adalah merendamnya dalam air hangat lalu mengeksfoliasinya.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan di rumah:

  • Rendam kaki di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun selama sekitar 20 menit.
  • Gunakan scrubber atau batu apung untuk mengangkat kulit mati yang menebal dan keras.
  • Kemudian bilas kaki hingga bersih dan keringkan kaki
  • Selanjutnya oleskan pelembap di area kaki yang pecah-pecah.
  • Untuk menjaga kelembapan, oleskan lagi pelembap oklusif atau petroleum jelly dan ditutup menggunakan kaus kaki untuk mencegah petroleum menempel ke barang-barang di dekat kaki.

Perlu diingat, jangan menggosok kaki dalam keadaan kering, karena ini berisiko merusak kulit.

3. Menggunakan pelembap oklusif

Berbeda dari pelembap biasa, pelembap oklusif bekerja dengan cara mengunci kelembapan yang sudah ada di kulit. Kamu bisa menambahkan pelembap oklusif setelah pelembap biasa terserap oleh kulit.

Kamu bisa menambahkan pelembap ini sebelum tidur, agar kelembapan kulit terjaga sepanjang malam. Petroleum jelly adalah salah jenis pelembap oklusif yang dianggap paling efektif mencegah hilangnya kandungan air dari kulit luar dengan keampuhan 98 persen.

Namun penggunaannya dapat menyebabkan rasa berminyak dan juga lengket pada kulit. Juga bisa mengotori lantai dan juga benda di sekitar jangkauan kaki.

4. Menggunakan kaus kaki katun 100 persen

Kamu bisa memakai kaus kaki katun setiap kali akan tidur, setelah mengoles pelembap oklusif. Kaus kaki katun dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu kulit di kaki lebih lembut di kemudian hari, jika kamu melakukannya dengan teratur.

5. Cara menghilangkan kaki pecah-pecah dengan plester cair

Mengoleskan plester cair pada kaki yang pecah-pecah dapat mencegah kerusakan lebih parah. Serta dapat membantu menutup retakan pada kaki.

Kamu bisa mengoleskan perban cair pada kulit kaki yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Setidaknya membutuhkan waktu satu minggu untuk mengatasi kaki pecah-pecah dengan plester cair.

6. Cara menghilangkan kaki pecah-pecah dengan madu

Madu memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah. Cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan madu adalah, memakainya sebagai masker kaki sepanjang malam. Atau menggunakan madu sebagai bahan scrub setelah kaki direndam dalam air hangat.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Seperti psoriasis, eksim hingga kulit kering. Minyak kelapa juga dapat menjaga kelembapan kulit, sehingga baik untuk kaki pecah-pecah.

Minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah karena memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, seperti dilansir dari Healthline.com. Sifat-sifat tersebut dapat menjaga kulit karena berisiko akan terjadinya infeksi dan juga perdarahan.

8. Obat-obat alami lainnya

Selain yang sudah disebutkan di atas, cara menghilangkan kaki pecah-pecah lainnya bisa menggunakan bahan-bahan seperti berikut ini:

  • Cuka, digunakan untuk campuran merendam kaki
  • Minyak zaitun atau minyak sayur, dapat membantu melembapkan kulit
  • Shea butter, dapat melembapkan kulit
  • Pisang tumbuk, untuk melembapkan kulit
  • Lilin parafin, dapat menjaga kelembapan kulit
  • Oatmeal, saat dicampur dengan minyak dapat membantu eksfoliasi alias pengelupasan kulit mati

Kaki pecah-pecah terjadi karena kulit yang terlalu kering. Saat kulit kering harus menopang beban, maka kulit akan mengembang dan akhirnya pecah. Itu sebabnya kamu perlu menjaga kelembapan kulit kaki agar terhindar dari masalah ini.

Demikian ulasan cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan cara-cara alami. Semoga membantu!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayoclinic, diakses 2 Desember 2020
What’s the best way to treat cracked heels at home?
Healthline, diakses 2 Desember 2020How to Fix Cracked Heels at Home
Medical News Today, diakses 2 Desember 2020
Six fixes for cracked heels

    register-docotr